Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebaikan Dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

penjelasan Kelebihan dan belum sempurnanya pasar persaingan tepat KEBAIKAN DAN KEBURUKAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pada pembahasan sebelumnya sudah dijelaskan tentang definisi dan ciri-ciri pasar persaingan sempurna secara detail. Diharapkan saudara sudah memahami artikel tersebut sebelum memahami artikel ini yaitu tentang kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan tepat mempunyai kebaikan dan keburukan. Adapun kebaikan pasar persaingan tepat ialah sebagai diberikut.
a. Mampu mendorong efisiensi dalam produksi
Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan produsen berjumlah banyak, sehingga antarpenjual atau produsen akan berusaha membuat produk dengan mutu yang baik dengan biaya sehemat mungkin. Lain halnya jikalau jumlah produsen spesialuntuk satu menyerupai pada pasar monopoli, produsen cenderung akan kurang efisien dalam berproduksi alasannya ialah tidak ada saingan.

b. Tidak memerlukan iklan
Karena barang dan jasa bersifat homogen (serba sama) maka para produsen atau penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasangan iklan. Percuma diberiklan, alasannya ialah memang barang dan jasa yang dijual serba sama.

c. Pembeli dan penjual bebas bertindak
Pasar persaingan tepat mempersembahkan keleluasaan bagi penjual untuk keluar masuk pasar kapan saja. Siapa saja yang mempunyai modal bisa segera masuk sebagai penjual atau produsen, dan siapa saja yang merasa rugi bisa segera keluar dari pasar. Demikian juga dengan pembeli, kapan saja pembeli bisa berbelanja kebutuhannya tanpa ada yang menghalangi.

d. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli
Pada pasar persaingan tepat harga yang terbentuk benar-benar ialah hasil tarik-menarikdanunik seluruh seruan dan seluruh penawaran. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual yang bisa merugikan para pembeli. Harga juga tidak dikendalikan oleh satu pembeli yang bisa merugikan para penjual.


Selain mempunyai kebaikan, pasar persaingan tepat juga mempunyai keburukan, sebagai diberikut.
a.Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan produk
Karena keuntungan yang diperoleh produsen atau penjual dalam pasar ini bersifat normal (secukupnya) maka produsen atau penjual tidak bisa menyisihkan dana untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan produk. melaluiataubersamaini demikian, penemuan (penemuan baru) akan lambat diperoleh dalampasar ini.

b. Terbatasnya kebebasan menentukan bagi pembeli
Karena barang dan jasa yang diperjualbelikan bersifat homogen (serba sama) maka konsumen tidak bisa menentukan sesuai selera dan tingkat pendapatannya.

c. Pekerja mendapatkan upah atau penghasilan rendah 
Demi efisiensi  biaya produksi, kadang-kadang produsen atau penjual mempersembahkan upah atau penghasilan yang terlalu rendah bagi pekerjanya.

Demikianlah pembahasan tentang kebaikan dan kebutukan pasar persaingan sempurna. Sesudah menguasai bahan ini maka dimasukankan kepada anda untuk memahami proses terbentuknya harga dalam pasar persaingan sempurna.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Kebaikan Dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna"