Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Akrab Sistem Ekonomi Kapitalisme

Sistem ekonomi kapitalis yakni sebuah sistem yang mengatur setiap hukum yang ada di masyarakat, termasuk di dalamnya yakni bidang ekonomi, yang mana sistem itu bukan berdasarkan atas agama namun tiruananya diserahkan atas dasar evaluasi manusia, yang berdasarkan insan tersebut dirasa akan mempersembahkan sebuah kemanfaatan. Azas manfaat yang dimaksudkan di sini yakni kemanfaatan berdasarkan sisi material yang sebesar-besarnya. Sehingga sebuah kebahagiaan itu didefinisikan sebagai terpenuhinya tiruana kebutuhannya akan materi, baik itu barang ataupun jasa.


Ekonomi kapitalisme mempunyai beberapa ciri-ciri khusus diantaranya yakni adanya sebuah ratifikasi yang seluas-luasnya terhadap hak langsung atas sebuah kepemilikan alat-alat produksi, yang mana membuat masing-masing individu mempunyai kebebasan untuk menentukan sebuah pekerjaan atau perjuangan yang menurutnya yakni baik untuk dirinya sendiri.

 yakni sebuah sistem yang mengatur setiap hukum yang ada di masyarakat MENGENAL LEBIH DEKAT SISTEM EKONOMI KAPITALISME
Selain itu, prosedur pasar berperan dalam mengatur sistem perekonomian yang ada dengan cara mempersembahkan sebuah signal baik kepada produsen maupun konsumen berupa harga-harga, sehingga adanya campur tangan dari pemeritah sangatlah kecil. Satu-satunya yang menggerakkan sistem perekonomian yakni persaingan mencari laba. Sehingga insan menjadi homo-ecomomicus yang egois lantaran spesialuntuk mementingkan dan mengejar kepentingan dirinya sendiri, menyerupai paham yang diwariskan dari masa Yunani Kuno atau yang populer dengan istilah hedonisme.

Sebuah sistem kapitalisme menyerupai ini, mempunyai beberapa kelebihan diantaranya akan membuat lebih efeisien di dalam memanfaatkan banyak sekali sumber daya yang ada dan juga distribusi dari barang-barang. Kreativitas yang tinggi juga menjadi sebuah motivasi lantaran memang setiap individu bebas melaksanakan segala sesuatu yang berdasarkan dirinya baik. Selain itu, pengawasan di bidang sosial dan juga politik menjadi minimal, alasannya yakni kebutuhan waktu, tenaga, dan juga biaya yang relatif lebih kecil.

Namun dengan sisitem kapitalis menyerupai ini akan menjadikan efek sisi negatif pula yang diantaranya yakni terjadinya sebuah persaingan yang tidak sempurna, dan menyuburkan persaingan yang bersifat monopolistik lantaran setiap orang bebas melaksanakan sesuka hatinya. Selain itu sistem harga yang diberlakukan menjadi gagal lantaran tidak dapat mengalokasikan banyak sekali sumber yang ada secara efisien.

Kesimpulan
Sistem ekonomi kapitalis yakni sebuah sistem yang bersumber pada rasionalisme insan dengan berdasarkan asas manfaat yang diyakininya yakni sebuah kebaikan bagi dirinya sendiri. Dalam ekonomi kita mengenal beberapa sistem ekonomi, jadi bukan spesialuntuk sistem ekonomi kapitalis saja, kemudian apa saja sistem ekonomi yang diterapkan didunia?? untuk mengetahuinya silahkan pahami dalam artikel mengenal sistem ekonomi yang diterapkan di dunia.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Mengenal Lebih Akrab Sistem Ekonomi Kapitalisme"