Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tindakan, Prinsip Dan Motif Ekonomi

 Kita sering mendengar tiga istilah ekonomi wacana  PENGERTIAN TINDAKAN, PRINSIP DAN MOTIF EKONOMI
Kita sering mendengar tiga istilah ekonomi wacana tindakan,prinsip dan motif ekonomi. Sebenarnya apa perbedaan dari ketiga istilah tersebut? Untuk mengetahui jawabanan pertanyaan tersebut maka silahkan pahami artikel ini dengan baik. Pertama kita pahami dulu istilah yang pertama dari ketiga istilah di atas yaitu istilah tindakan ekonomi. Segala tingkah laris atau aktivitas insan dalam menentukan penerapan barang maupun jasa dari beberapa kemungkinan yang dihadapi dinamakan tindakan ekonomi. Sebagai insan yang memiliki kebutuhan yang tak terbatas, maka setiap insan diperlukan sanggup melaksanakan tindakan ekonomi yang tepat. Dalam melaksanakan tindakan ekonomi saat menentukan barang maupun jasa, maka insan semagai mahluk ekonomi harus mempertimbangkan skala prioritas. Skala prioritas yang dimaksud disini yaitu pemilihan barang atau jasa yang memiliki tingkat keungtungan atau kepentingan yang paling tinggi diantara beberapa pilihan lainnya.

Bagaimana caranya biar kita sanggup menentukan barang atau jasa yang paling menguntungkan? Untuk menentukan barang dan jasa yang sempurna atau paling menguntungkan maka, saat melaksanakan tindakan ekonomi kita harus dilandasi dengan prinsip-prinsip tertentu. Prinsip yang dimaksud disini yaitu prinsip ekonomi.


Prinsip ekonomi menurut ilmu ekonomi diartikan sebagai segala bentuk perjuangan dengan memanfaatkan sumber daya atau masukana yang terbatas  untuk memperoleh hasil yang terbaik atau sanggup juga dimaknai sebagai perjuangan untuk mencapai tujuan tertentu dengan memakai sumber daya atau masukana yang relatif kecil.

Prinsip ekonomi ialah sebuah prinsip yang wajib dipahami dan diterapkan dalam melaksanakan aktivitas ekonomi, mengapa? Hal ini alasannya barang dan jasa yang tersedia dibumi ini bersifat langka.

Kelangkaan yang terjadi pada barang dan jasa menyebabkan insan harus mengeluarkan pengorbanan dalam memenuhi kebutuhannya, pengorbanan yang dikeluarkan insan untuk mendapat barang dan jasa yang diinginkan atau dalam rangkan memanfaatkan peluang yang ada diusahakan dalam jumlah yang kecil atau seminim mungkin sehingga sanggup mencapai keuntungan yang diharapkan.

Sesudah anda paham dengan tindakan ekonomi dan prinsip ekonomi, kini kita pahami motif ekonomi. Ayah anda atau ibu anda atau mungkin anda sendiri bekerja setiap hari kecuali hari libur.

Pertanyaan saya mengapa ayah anda bekerja? Bukannya bekerja itu melelahkan? Jawabnya yaitu karna ayah anda memiliki suatu motif, dalam ilmu ekonomi disebut motif ekonomi.

Motif ekonomi yaitu adalah alasan yang menjadi faktor pendorong seseorang melaksanakan tindakan ekonomi. Misalnya ayah anda bekerja hal ini didorong oleh alasan yang berpengaruh untuk mencukupi kebutuhan hidup dan kesejahteraan keluarga.

melaluiataubersamaini demikian impian untuk mencukupi kebutuhan hidup ialah salah satu motif ekonomi. Motif ekonomi memiliki beberapa cakupan diantaranya, motif pemenuhan kebutuhan,motif meraih kemakmuran, motif memperoleh kekuasaan ekonomi, motif meraih keuntungan dalam segi ekonomi (laba).

Sedangkan motif non ekonomi diantaranya terdiri dari motif memperoleh penghargaan dan motif melaksanakan aktivitas sosial. Dimikianlah pembahasan wacana pengertian tindakan, prinsip dan motif Ekonomi dalam blog ekonomi kontekstual, semoga bermanfaa.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Pengertian Tindakan, Prinsip Dan Motif Ekonomi"