Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Yang Dihasilkan Dari Elektrolisis Larutan Nacl ? Berikut Ini Penjelasanya

 Pada peluang kali ini kita akan mengulas terkena proses terjadinya dan juga hasil dar Apa Saja Yang Dihasilkan Dari Elektrolisis Larutan NaCl ? Berikut ini Penjelasanya

Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada peluang kali ini kita akan mengulas terkena proses terjadinya dan juga hasil dari elektrolisis larutan NaCl.

Salah satu proses elektrolisis yang cukup kita kenal dalam ilmu kimia yakni proses elektrolisis larutan NaCl. Garam ini begitu terkenal dan sering dipakai untuk didemonstrasikan baik di sekolah maupun di kampus sebagai materi didik terkena materi elektrolisis. Selain simpel didapat, garam NaCl juga tidak terlalu berbahaya bagi insan sehingga masuk akal saja garam ini sangat banyak dipakai sebagai alat ilustrasi. Terlepas dari tiruana itu, teman erat dan adik-adik tahu gak apa saja yang dihasilkan dari elektrolisis larutan NaCl ? Nah, kalau engkau tiruana belum tahu, maka kini kita cari tahu apa saja yang dihasilkan dari elektrolisis larutan NaCl. Baik kini mari kita ulas dan ulik secara mendalam bagaimana proses elektrolisis larutan NaCl dan senyawa apa saja yang dihasilkan dari elektrolisis larutan ini. Lets Study !

Ketika larutan NaCl dilarutkan ke dalam air, maka akan terbentuk ion Na+ dan ion Cl- serta juga terdapat beberapa spesi lain yaitu H2O, ion H+ dan ion OH-. Sebelum saya lanjutkan, saya diberitahu dulu bahwa hasil dari elektrolisis larutan NaCl pekat dan larutan NaCl encer itu sangat tidak sama. oleh alasannya itu mari kita bagi dulu menjadi dua bahasan, pertama elektrolisis larutan NaCl encer dan elektrolisis larutan NaCl pekat. Ok kini kita bahas dulu elektrolisis larutan NaCl encer.


Dalam proses elektrolisis larutan NaCl encer, maka akan terjadi beberapa proses reaksi. Pertama proses reaksi reduksi dan kedua proses reaksi oksidasi. Di katoda akan terjadi proses reduksi yang mana spesi yang berada di katoda yakni H2O dan ion Na+, kemudian spesi manakah yang akan memenangkan persaingan biar sanggup di reduksi di katoda ? Jawabanya yakni H2O, hal ini diakibatkan alasannya potensial reduksi standar yang dimiliki oleh H2O lebih besar dibandingkan dengan ion Na+ sehingga yang direduksi yakni molekul-molekul air. Hal ini sanggup kita amati dengan adanya gelembung-gelembung gas di katoda yang mana itu yakni gas Hidrogen ( H2) . Berikut ini reaksi reduksi dari H2O :

H2O + 2e → H2 + 2OH-

Lalu apa yang terjadi di anoda ? di anoda akan terjadi proses reaksi oksidasi, dalam hal ini di anoda terdapat spesi H2O dan ion Cl-, manakah yang akan memenangkan persaingan biar sanggup direduksi di anoda ? lagi-lagi jawabananya H2O dan juga dengan alasan yang sama yaitu potensial reduksi standar yang dimiliki oleh H2O lebih besar dariapada ion Cl-, sehingga  yang direduksi yakni molekul-molekul air. Hal ini sanggup juga kita amati dengan adanya gelembung gas di anoda yang mana itu yakni gas oksigen ( O2 ). diberikut ini reaksi oksidasi dari H2O :

2H2O  → O2 + 4H+ + 4e

Ion-ion H+ dan OH- hasil proses reaksi reduksi dan oksidasi sanggup bereaksi kembali membentuk molekul air sehingga hasil membersihkan dari elektrolisis larutan NaCl encer yakni gas H2, gas O2 dan air.

Jika tadi kita sudah melihat proses dan juga hasil dari elektrolisis larutan NaCl encer, maka kita kini akan mengulik proses dan juga hasil dari elektrolisis larutan NaCl pekat. Proses reaksi yang terjadi juga sama yaitu proses reaksi reduksi dan proses reaksi oksidasi. Di katoda akan terjadi proses reduksi yang mana spesi yang berada di katoda yakni H2O dan ion Na+, dan spesi yang direduksi yakni H2O, alasanya sama ibarat diatas alasannya potensial reduksi standar H2O lebih besar daripada ion Na+. sehingga di katoda juga akan dihasilkan gas H2. Berikut ini reaksi reduksi H2O :

H2O + 2e → H2 + 2OH-

Lalu apakah H2O masih dioksidasi di anoda ? Mohon maaf ya H2O, kali ini ion Cl- cukup perkasa untuk mengalahkan H2O hehehe,, (  Kidding Mode ON - OFF ). Ok kini kita fokus, Di anoda H2O tidak dioksidasi melainkan ion Cl- lah yang akan dioksidasi, Mengapa demikian ? Jika dilihat dari data potensial reduksi standar memang H2O masih lebih aktual nilainya dibandingkan dengan ion Cl-, tetapi perbedaan nilainya ini tidak terlalu jauh sehingga oksidasi ion-ion Cl- masih sanggup juga terjadi. Hal ini juga bergantung pada potensial listrik yang dialirkan selama elektrolisis dan juga serius garam NaCl di dalam larutan.  sepertiyang diketahui bahwa potensial sel dipengaruhi juga oleh serius larutan. Jika larutan relatif pekat, maka ion-ion Cl- sanggup dioksidasi di anoda membentuk gas Cl2.

Perlu diketahui bahwa dalam larutan NaCl yang sangat encer, potensial reduksi yang dimiliki oleh Cl- itu nilainya sangat negatif, sehingga H2O yang memenangkan persaingan untuk dioksidasi. Tetapi lain kisah kalau serius NaCl diperbesar, maka nilai potensial reduksi ion Cl- akan meningkat menjadi lebih aktual sehingga ion Cl- turut teroksidasi bahkan memenangkan persaingan dengan H2O. Akibatnya di anoda yang terjadi yakni pembentukan gas Cl2 bukan gas O2. Berikut reaksi oksidasinya :

2Cl- → Cl2 + 2e

Karena dikatoda masih terdapat ion Na+, maka ion tersebut akan bereaksi dengan ion OH- membentuk senyawa NaOH. Makara di katoda akan dihasilkan larutan NaOH yang bersifat basa dan di anoda dihasilkan gas Cl2. Makara hasil membersihkan dari elektrolisis larutan NaCl pekat yakni gas H2, gas Cl2 dan NaOH.

Baiklah itulah klarifikasi saya terkena proses dan juga hasil dari elektrolisis larutan NaCl encer dan larutan NaCl pekat. Kesimpulanya, produk yang dihasilkan diantara elektrolisis kedua larutan tersebut tidak sama yang mana pada elektrolisis larutan NaCl encer dihasilkan gas H2 dan O2, sedangkan pada elektrolisis larutan NaCl pekat dihasilkan gas H2, Cl2 dan larutan NaOH. Baik sekian klarifikasi mas dennis kali ini, semoga postingan yang renyah dan gurih ini sanggup bermanfaa bagi teman erat dan adik-adik tiruana, Terima kasih dan Salam CHEMISTRY !!


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Apa Saja Yang Dihasilkan Dari Elektrolisis Larutan Nacl ? Berikut Ini Penjelasanya"