Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Identifikasi Senyawa Asam Dan Senyawa Basa


Menurut engkau, bagaimana sih cara yang paling sempurna untuk mengetahui apakah senyawa itu yaitu senyawa asam atau senyawa basa ? Apakah dengan mencobanya eksklusif ? Eitsss tidakboleh ya teman bersahabat alasannya senyawa kimia itu sangat berbahaya buat badan kita, jadi cara ibarat itu sangat tidak efektif ! Kaprikornus bagaimana dong kak cara yang paling sempurna ? Nah, salah satu cara yang efektif untuk mengenali apakah senyawa itu yaitu senyawa asam atau senyawa basa ialah dengan cara memakai indikator, indikator yang saya maksud disini yaitu suatu benda yang mempunyai kemampuan untuk berubah warna dikala ditetesi larutan asam atau larutan basa.

Kita bisa memakai indikator alami ibarat ekstrak kunyit,ekstrak bunga kembang sepatu atau ekstrak bunga mawar, dan kita juga bisa memakai indikator buatan ibarat kertas lakmus,larutan fenolftaelin,metil merah dan metil jingga. Jika kita memakai indikator buatan ibarat larutan fenolftaelin,metil merah dan metil jingga,maka untuk mengidentifikasi sifat dari senyawa yang akan kita cari ialah dengan cara menetesi salah satu dari indikator buatan tersebut ke dalam larutan senyawa yang akan kita identifikasi,lalu amati perubahan warna yang terjadi ketika salah satu indikator buatan tersebut di teteskan ke dalam larutan senyawa tersebut.

Untuk memperjelas pemahaman engkau, silahkan dibaca analogi dongeng sederhana di bawah ini !

" Andi yang ialah seorang kimiawan asal pekanbaru ditugaskan oleh pemerintah untuk mereview sifat dari limbah pabrik yang dimembuang oleh salah satu perusahaaan pabrik kertas di siak. Setibanya di areal pabrik tersebut,andi eksklusif mengambil sampel limbah yang berupa cairan kemudian menyimpanya untuk diteliti di laboratorium."

"Sesudah hingga di laboratorium,andi segera mengidentifikasi sifat dari sampel limbah pabrik tersebut dengan cara memakai indikator larutan fenolftaelin. Sebelum beliau meneteskan larutan fenolftaelin tersebut ke dalam sampel limbah, terlebih lampau ia memperhatikan petunjuk penerapan larutan fenolftaelin tersebut,disitu dikatakan bahwa jika warna larutan fenolftaelin menjelma merah dadu dikala diteteskan ke dalam larutan sampel, berarti larutan sampel tersebut mempunyai sifat basa dan jika warna larutan fenolftaelin tidak berubah dikala diteteskan ke dalam larutan sampel, berarti larutan sampel tersebut mempunyai sifat asam atau netral."

"Sesudah membaca petunjuk tersebut, andi kemudian meneteskan larutan fenolftaelin secara perlahan ke dalam larutan sampel yang sudah bebas dari pengotor makro.Dan ternyata larutan fenolftaelin tersebut berubah warna dari bening menjadi merah dadu. Dari sini ia menyimpulkan bahwa sampel limbah tersebut mempunyai sifat basa dan limbah pabrik tersebut sudah mencemari lingkungan di sekitar pemukiman masyarakat."

The End

Nah bagaimana teman bersahabat ? Saya harap analogi dongeng di atas sanggup membuat teman bersahabat paham dan mengerti terkena cara mengidentifikasi sifat dari suatu senyawa kimia, sebagai bonusnya saya akan diberikan contoh-contoh indikator beserta perubahan warna yang terjadi ketika indikator tersebut diteteskan ke dalam larutan asam,basa dan netral.
Baiklah, itulah klarifikasi terkena identifikasi senyawa asam,basa dan netral. supaya sanggup bermanfaa bagi teman bersahabat tiruana, Terima kasih dan Salam CHEMISTRY !!


Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Identifikasi Senyawa Asam Dan Senyawa Basa"