Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Arti Penting Hubungan Internasional?

Arti Penting Hubungan Internasional
Pada dasarnya, bentuk kekerabatan internasional timbul lantaran adanya harapan antarnegara untuk bekerja sama dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka dari itu, tidak ada satu negara pun di dunia ini sanggup membebaskan diri dari keterlibatan dengan negara lain. Menurut Mochtar
Kusumaatmadja, kekerabatan dan kolaborasi tersebut timbul lantaran adanya kebutuhan yang disebabkan antara lain oleh proteksi kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak
merata di dunia. Jadi, ada saling ketergantungan dan membutuhkan antarnegara.

Ketergantungan tersebut terjadi di pelbagai bidang kehidupan, baik perdagangan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, keagamaan, sosial, maupun olah raga. Hal itu menjadikan timbulnya kekerabatan yang tetap dan terus-menerus antarnegara, yang menumbuhkan kesadaran untuk memelihara dan mengatur kekerabatan tersebut. Karena sifatnya yang timbal balik, maka ada kepentingan bersama untuk mengatur dan memelihara kekerabatan yang bermanfaa tersebut.



Pengaturan tersebut dimaksudkan biar tumbuh rasa perteman dekatan dan saling pengertian antarnegara di dunia. Di samping itu, kekerabatan dan kolaborasi internasional juga penting untuk hal-hal diberikut.

a. Memelihara dan membuat hidup berdampingan secara tenang dan adil dengan negara lain.

b. Mencegah dan menuntaskan konflik, perselisihan, permusuhan, atau persengketaan yang mengancam perdamaian dunia sebagai jawaban adanya kepentingan nasional yang tidak sama di antara negara-negara di dunia.

c. Mengembangkan cara penyelesaian problem secara tenang melalui negosiasi dan diplomasi yang lazim ditempuh negara-negara beradab, cinta damai, dan berpegang pada nilai-nilai etik dalam pergaulan antarnegara.

d. Membangun solidaritas dan perilaku saling menghormati antarnegara.

e. Memmenolong bangsa lain yang terancam keberadaannya sebagai jawaban pelanggaran atas hak-hak  kemerdekaan yang dimiliki.

f. Berpartisipasi dalam rangka ikut melakukan ketertiban dunia menurut kemerdekaan, perdamaian awet, dan keadilan sosial.

g. Menjamin kelangsungan hidup suatu negara, kelangsungan keberadaan dan kehadirannya di tengah-tengah negara lain.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Arti Penting Hubungan Internasional?"