Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Mengenai Jaringan Ikat Dan Jaringan Tulang Rawan?

Jaenteng ikat menyerupai tulang, tulang rawan, tendon, ligamen, jaenteng ikat fibrosa dan jaenteng lemak berfungsi menyangga dan menyatukan jaenteng dan organ-organ lain. Sel-sel jaenteng ikat secara khas membuat suatu materi mati yang disebut matriks. Sifat dan fungsi tiap jaenteng ikat ditentukan oleh sifat matriks interseluler.
a. Jaenteng ikat longgar
Jaenteng ikat longgar mempunyai serabut kolagen berwarna putih, serabut elastis, dan serabut retikulum. misal sel jaenteng ini yaitu sel fibroblas, sel plasma, dan sel makrofag. Fungsi jaenteng pengikat longgar yaitu membungkus organ-organ tubuh, pembuluh darah, dan saraf.

b. Jaenteng ikat padat
Jaenteng ikat padat disebut juga jaenteng ikat serabut putih. Jaenteng ikat padat mengandung serabut kolagen yang berwarna putih. Di antara serat kolagen terdapat sel fibroblas. Jaenteng
ini bersifat fleksibel, tetapi tidak elastis. Jaenteng ikat padat terdapat pada selaput pembungkus otot
(fascia), tendon, dan ligamen. Ligamen yaitu jaenteng penghubung antartulang. Tendon yaitu ujung otot yang menempel pada tulang. Jaenteng ikat padat mempunyai fungsi mempersembahkan sokongan
dan perlindungan terhadap organ tubuh. Selain itu, jaenteng ini menghubungkan aneka macam organ tubuh, menyerupai tulang dengan tulang dan otot dengan tulang.

c. Jaenteng tulang rawan (kartilago)
Jaenteng tulang rawan disusun oleh sel-sel tulang rawan (kondrosit) yang dilindungi fibrosa dalam matriks. Matriks tulang rawan mengandung serabut kolagen, serabut elastis, dan serabut fibrosa. Kandungan serabut kolagen yang tinggi makin menguatkan tulang rawan tersebut. Tulang rawan tidak mempunyai kapiler darah sehingga menerima makanan dari jaenteng ikat di sekitarnya. Pada belum dewasa jaenteng tulang rawan berasal dari jaenteng pengikat embrional (mesenkim). Sedangkan, tulang rawan pada orang cukup umur dibuat oleh selaput tulang rawan (perikardium). Jaenteng tulang rawan dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan fibrosa, dan tulang rawan elastis.

1) Tulang rawan hialin
Matriks tulang hialin mengandung serabut lentur lebih banyak daripada serabut kolagen. Pada embrio, sebagian besar rangkanya yaitu tulang rawan hialin. Sedangkan, pada orang dewasa, tulang rawan hialin terdapat pada ujung tulang rusuk, persendian, dan pada akses pernapasan. Dalam badan manusia, tulang rawan hialin banyak ditemukan berwarna putih kebiru-biruan dan tembus cahaya.

2) Tulang rawan elastis
Tulang rawan ini terdapat pada epiglotis, laring, akses eustachius, akses indera pendengaran luar dan daun telinga. Tulang rawan elastis, matriksnya berwarna keruh kekuning-kuningan dan mengandung banyak serabut kolagen. Fungsi tulang rawan lentur ialah mempersembahkan fleksibilitas dan sokongan

3) Tulang rawan fibrosa
Matrik tulang rawan fibrosa berwarna petang dan keruh serta mengandung serabut kolagen kasar. Tulang rawan ini terdapat pada korelasi antartulang. Tulang rawan fibrosa berfungsi mempersembahkan sokongan dan proteksi.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Mengenai Jaringan Ikat Dan Jaringan Tulang Rawan?"