Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Mengenai Perilaku Nasionalisme Dan Patriotisme?

1. Nasionalisme
Nasionalisme yaitu suatu paham yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan kepada negara kebangsaan atau nation state. Nasionalisme menjadi dasar pembentukan negara. Nasionalisme mempunyai korelasi yang sangat erat. Hal itu dikarenakan pembentukan suatu negara didasarkan pada semangat ke-bangsaan atau nasionalisme. Artinya bahwa masyarakat mempunyai tekad untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara, meskipun masyarakat tidak sama-beda agama, ras, etnik, atau golongannya. Nasionalisme ialah semangat kebangsaan. Nasionalisme menjadi syarat mutlak bagi hidupnya sebuah negara, alasannya yaitu nasionalisme membentuk kesadaran rakyat bahwa loyalitas ditujukan kepada negara. Nasionalisme yang ada pada diri seseorang tidak hadir dengan sendiri, tetapi dipengaruhi oleh unsur-unsur sebagai diberikut
a. perasaan nasional;
b. budbahasa nasional;
c. batas nasional;
d. bahasa nasional;
e. peralatan nasional;
f. agama.

Munculnya nasionalisme pada masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh faktor dari dalam (intern) dan faktor dari luar (ekstern). Faktor intern yang memengaruhi munculnya nasionalisme Indonesia yaitu sebagai diberikut.
a. Timbulnya kembali golongan pertengahan, kaum terpelajar.
b. Adanya penderitaan dan kesengsaraan yang dialami oleh seluruh rakyat dalam berbagai
    bidang kehidupan
c. Pengaruh golongan peranakan
d. Adanya harapan untuk melepaskan diri dari imperialisme


Faktor ekstern yang mempengaruhi munculnya nasionalisme Indonesia yaitu sebagai diberikut.
a. Paham-faham modern dari Eropa (liberalisme, humanisme, nasionalisme, dan komunisme)
b. Gerakan pan-islamisme.
c. Pergerakan bangsa terjajah di Asia.
d. Kemenangan Rusia atas Jepang.

2. Patriotisme
Patriotisme berasal dari kata patria, artinya tanah air. Kata patria menjelma kata patriot yang berarti seorang yang menyayangi tanah air. Jadi, patriotisme berarti paham wacana kecintaan pada tanah air. Oleh alasannya yaitu itu, semangat patriotisme berarti semangat untuk menyayangi tanah air. Semangat patriotisme muncul setelah terbentuknya negara. Semangat patriotisme juga dilandasi oleh nasionalisme. melaluiataubersamaini demikian, patriotisme lahir alasannya yaitu dilandasi oleh semangat kebangsaan atau nasionalisme. Sikap patriotisme sanggup diwujudkan dalam semangat cinta tanah air dengan beberapa cara sebagai diberikut.

a. Sikap Rela Berkorban Mempertahankan Negara
Sikap rela berkorban mempertahankan negara diwujudkan dalam bentuk kesediaan berjuang untuk mengatasi bahaya bangsa lain yang akan menjajah negara, bahaya dari dalam negeri, acara yang sanggup merugikan negara, dan musibah yang sanggup menyebabkan kerusakan dan kehancuran negara.

b. Bersikap untuk Mengisi Kelangsungan Hidup Negara
Sikap untuk mengisi kelangsungan hidup diwujudkan dengan kesediaan bekerja sesuai dengan bidangnya, sehingga sanggup meningkatkan harkat dan martabat, tujuan bangsa. Pembentukan jiwa patriotisme harus dilandasi olehsemangat kebangsaan atau nasionalisme. Sebaliknya, jiwa nasionalisme dalam setiap pribadi masyarakat negara perlu dilanjutkan dengan semangat patriotik untuk menyayangi dan rela berkorban demi kemajuan bangsa.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Mengenai Perilaku Nasionalisme Dan Patriotisme?"