Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Mengenai Efek Tyndall

Pernakah sobat erat melihat berkas sinar matahari yang merambat lurus melalui celah-celah lubang atap rumah sobat erat ? Jika cahaya matahari menembus melewati celah-celah lubang atap rumah kita maka akan tampak bahwa sinar matahari dihamburkan oleh partikel-partikel debu. Partikel abu tersebut ukuranya sangat kecil dan spesialuntuk terlihat sebagai sebuah titik-titik terang dalam suatu berkas cahaya. Karena abu tersebut berukuran koloid,maka partikelnya tidak sanggup dilihat dengan terang oleh mata telanjang, dan yang tampak spesialuntuklah cahaya yang dihamburkan oleh debu. Hamburan cahaya tersebut kemudian dikenal dengan nama Efek Tyndall.

melaluiataubersamaini memanfaatkan efek tyndall, kita sanggup membedakan antara larutan sejati dengan larutan nyata. Bila cahaya dilewatkan pada larutan sejati,maka cahaya spesialuntuk akan melewati larutan tersebut dan tidak dihamburkan oleh larutan tersebut. Hal ini terjadi alasannya ialah larutan sejati spesialuntuk mempunyai partikel molekul-molekul yang berukuran sangat kecil sehingga cahaya-cahaya tidak sanggup dihamburkan. Sedangkan pada larutan koloid, cahaya akan dihamburkan oleh partikel-partikel koloid tersebut. Hal ini terjadi alasannya ialah ukuran partikel pada larutan koloid lebih besar daripada ukuran partikel larutan sejati.

Banyak rujukan kejadian efek tyndall dalam kehidupan kita contohnya sorot lampu kendaraan beroda empat yang terlihat terang ketika meleawati lingkungan berdebu,sorot cahaya proyetor di bioskop,sorot cahaya matahari yang melewati jendela rumah, langit bewarna biru dan masih banyak lagi.

Sumber http://www.panduankimia.net

Post a Comment for "Penjelasan Mengenai Efek Tyndall"