Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Bahan-Bahan Yang Menhgantarkan Arus Listrik?

Hambatan yang dimiliki oleh suatu materi penghantar ternyata sanggup mempengaruhi berpengaruh arus yang mengalir pada penghantar tersebut. Hambatan yang besar pada suatu materi menyebabkan materi tersebut sukar mengalirkan arus listrik, sedangkan materi yang hambatannya kecil akan lebih simpel mengalirkan arus listrik. Berdasarkan kemampuannya dalam menghantarkan arus listrik, materi dibedakan menjadi konduktor, isolator, semi konduktor, dan super konduktor.

a. Konduktor
Bahan konduktor ialah materi yang simpel mengalirkan arus alasannya elektron-elektron di setiap atomnya tidak terikat berpengaruh oleh inti atom sehingga simpel bergerak atau berpindah. melaluiataubersamaini kata lain, materi konduktor ialah materi yang mempunyai kendala kecil. Bahan yang termasuk konduktor di antaranya ialah besi, baja, dan tembaga.

b. Isolator
Bahan isolator mempunyai sifat yang berlawanan dengan materi konduktor. Bahan yang termasuk isolator sangat susah, bahkan tidak bisa mengalirkan arus listrik. Pada materi isolator, elektron-elektron di setiap atom pada materi isolator terikat berpengaruh oleh inti atom sehingga sangat sukar untuk
bergerak dan berpindah. melaluiataubersamaini demikian, sanggup dikatakan bahwa materi isolator mempunyai kendala yang sangat besar. Namun, pada kondisi tertentu materi isolator sanggup berkembang menjadi materi konduktor. Kondisi tersebut ialah saat materi isolator menerima tegangan yang sangat tinggi.
Tegangan tinggi ini akan melepaskan elektron dari ikatan dengan inti atom sehingga elektron pada materi isolator tersebut akan menjadi simpel bergerak dan berpindah. Bahan yang tergolong isolator ialah kayu dan plastik.

c. Semi Konduktor
Bahan semi konduktor ialah bahan-bahan yang kadang bersifat isolator dan kadang bersifat konduktor. Yang termasuk materi ini ialah karbon, silikon, dan germanium.

d. Super Konduktor
Bahan super konduktor ialah materi yang sangat berpengaruh mengalirkan arus. Ilmuwan yang pertama kali menemukan materi ini ialah tokoh yang berasal dari Belanda yang berjulukan Kamerlingh Onnes pada 1991. Bahan yang ia temukan ialah raksa dan timah.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Bahan-Bahan Yang Menhgantarkan Arus Listrik?"