Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Empat Bidang Penting Dalam Pembangunan Demokrasi?

Dalam pembangunan demokrasi, paling tidak ada empat bidang yang hendaknya menerima perhatian, yaitu sebagai diberikut.
 
1) Lembaga-lembaga negara, termasuk birokrasi pemerintah di dalamnya
Lembaga-lembaga negara harus dibangun supaya menjadi forum \pelaksana kedaulatan rakyat. Teknik pengisian jabatan lembaga-lembaga negara harus demokratis, melalui pemilu atau pemilihan oleh wakil rakyat. Semua pejabat negara harus mempertanggungjawabankan penerapan kekuasaannya kepada rakyat. Aparat birokrasi harus bisa mewujudkan pemerintahan yang membersihkan dan baik. Mereka harus menerapkan asas keterbukaan/transparan, akuntabel/dapat dipertanggungjawabankan, dan partisipasif. Lebih dari itu, birokrasi pemerintahan harus bisa bekerja secara efektif dan efisien.

Termasuk dalam pembangunan lembaga-lembaga negara ini ialah pembangunan pegawanegeri penegak hukum. Mental dan keahlian pegawanegeri penegak aturan harus dibangun sehingga benar-benar mampu
menerapkan prinsip rule of law yang sangat diharapkan dalam negara demokrasi. Jika pada pemerintahan adikara aturan dibentuk dan ditegakkan untuk mengabdi kepada kepentingan penguasa, dalam proses demokratisasi, aturan harus dikembalikan ke fungsi dasarnya sebagai pelindung dan pengayom rakyat, dan masukana mewujudkan keadilan dan kedamaian dalam kehidupan bersama.

2) Partai-partai politik
Partai-partai politik harus dibangun supaya benar-benar bisa berperan sebagai perumus dan pemadu aspirasi rakyat untuk kemudian memperjuangkannya melalui wakil-wakil rakyat di forum pemerintahan. Partai politik mana pun harus bisa melaksanakan kaderisasi sehingga bisa memasok calon-calon pemimpin bangsa yang benarbenar mewujudkan aspirasi rakyat berdaulat.

3) Pelaku ekonomi
Para pelaku ekonomi harus juga membangun dirinya supaya bisa melaksanakan aktivitas ekonomi dalam suasana kehidupan demokrasi. Perilaku ekonomi yang merusak, ibarat suap, korupsi, kolusi, dan nepotisme harus dihindari supaya aktivitas ekonomi benar-benar

4) Masyarakat madani (civil society)
Kehidupan masyarakat juga harus dibangun supaya bisa menjadi kekuatan pengontrol terhadap penyelenggara negara. Jika di masa pemerintahan adikara rakyat sama sekali takut menghadapi penguasa, sehingga kekuasaan penguasa tidak terkontrol sama sekali, maka dalam proses demokratisasi masyarakat harus dibangun kesadarannya untuk selalu mengawasi jalannya pemerintahan negara melalui civil society. Membangun masyarakat madani ialah bab dari upaya melewati masa transisi menuju demokrasi melalui pengembangan budaya politik demokratis. Jika budaya demokratis mengakar pada sanubari setiap masyarakat negara, impian akan adanya civil society yang berpengaruh dan efektif sanggup diwujudkan.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Empat Bidang Penting Dalam Pembangunan Demokrasi?"