Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Jenis Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia?

a. Virus Penyebab Penyakit pada
Manusia Beberapa jenis penyakit pada insan yang disebabkan oleh virus ialah sebagai diberikut.
1) Influenza
ada beberapa tanda-tanda penyakit flu, antara lain sakit kepala, batuk, demam, hidung tersumbat, dan terkadang selera makan hilang. Apabila segera diobati, penyakit ini akan segera hilang, akan tetapi seseorang bisa terjangkit penyakit itu kembali. Jadi, penyakit influenza tidak mengakibatkan kekebalan pada tubuh. Penyakit tersebut sanggup dicegah dengan meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain dengan makan masakan yang bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur, serta menjaga kemembersihkanan tubuh dan lingkungan.

2) Virus Flu Burung
 Tahukah Anda, tanda-tanda flu burung pada insan mirip dengan tanda-tanda flu biasa, spesialuntuk kenaikan suhu tubuh relatif lebih tinggi dibanding flu biasa. Gejala awalnya ialah terjadi kenaikan suhu tubuh yang tinggi sampai 39°C, tubuh gerah, sakit tenggorokan, keluar lendir bening dari hidung, sesak napas, dan batuk. Jika tidak ditangani segera, maka akan mengalami penurunan kondisi tubuh sehingga mengakibatkan radang paru-paru (pneumonia) dan kekebalan tubuh turun drastis. Bila kondisi tubuh sudah demikian, maka akan terjadi kematian. Penyebab flu burung ialah virus influenza tipe A yang berdiameter 90 – 120 nanometer. Virus ini termasuk dalam famili Orthomyxoviridae, genus influenza virus. Pada serpihan luar virus terdapat tonjolan-tonjolan ibarat jarum. Tonjolan Haemaglutinin (H) membuat virus mempunyai kemampuan mengaglutinasi (menggumpalkan) eritrosit. Tonjolan yang lain mengandung enzim Nevtamidase (N) yang berafiliasi dengan sistem saraf sehingga membuat virus mempunyai kemampuan menyerang sistem saraf.

Tahukah Anda virus flu burung hidup dalam kanal pencernaan unggas, kemudian sanggup menyerang banyak sekali sistem dalam tubuh unggas. Virus ini menyebar dalam tubuh melalui peredaran darah. Virus Avian influenza umumnya menyerang unggas, tetapi sanggup pula menyerang burungburung lain bahkan ke binatang lain mirip babi, kucing, harimau, kuda, dan anjing laut. Teknik mencegah meluasnya penularan flu burung ke manusia, yaitu dengan tindakan pemusnahan (depopulasi) terhadap unggas yang terinfeksi virus flu burung. Dari segi pengobatan, sementara orangorang sering memakai “Tamiflu” obat untuk mengobati flu burung. Sebenarnya flu burung ini belum ada obatnya, dalam arti tidak ada obat yang secara aktif sanggup eksklusif menghancurkan virusnya. Teknik yang paling efektif ialah pencegahan dengan jalan pemdiberian vaksin atau imunisasi.

3) Virus SARS
SARS abreviasi dari Severe Acute Respiratori Syndrome, yaitu penyakit sindrom pernapasan akut yang mengakibatkan terjadinya infeksi pada kanal pernapasan. Gejalanya mirip mirip flu, yaitu demam, batuk, radang tenggorokan, dan sesak napas. Gejala ini muncul 2 - 10 hari sehabis terinfeksi. Virus SARS akan menyerang paru-paru sehingga jumlah sel darah putih menjadi berkurang.

4) Herpes Simplex
Penyakit herpes umumnya menyerang kulit. Ketika terjangkit penyakit ini, kulit terasa gerah, gatal, memerah, perih, dan melepuh. Jika dibiarkan akan menyerang saraf kita. Sebenarnya ada dua tipe herpes, tipe pertama ialah herpes yang menyerang pipi, hidung, mulut, dagu, dan hidung. Pada tipe ini, penularannya terjadi melalui handuk, ciuman, atau alat makan yang terkena cairan dari orang yang menderita penyakit. Penularan penyakit ini sangat cepat. Tipe kedua ialah herpes yang menyerang alat kelabuin. Penyakit ini ditularkan melalui korelasi badan. Jika sudah terkena, harus segera menerima pengobatan dari dokter.

5) Mata Memerah (Belek)
Gejala penyakit ini, antara lain mata meradang dan berwarna merah serta banyak mengeluarkan air mata dan kotoran. Apabila terjangkit penyakit ini, segeralah Anda pergi ke dokter untuk menerima pengobatan.

6) Cacar
Virus ini menginfeksi tubuh melalui kanal pernapasan. Gejala awalnya antara lain demam, sakit kepala, sakit punggung, tubuh menggigil, dan lesu. Sesudah beberapa hari akan terlihat bintik-bintik merah yang tengahnya ditandai dengan titik hitam yang dimulai dari wajah dan menjalar ke seluruh tubuh. Sesudah sembuh, penyakit ini akan meninggalkan bopeng pada bekas bintik-bintik tersebut. Masa inkubasi virus berlangsung selama 12–16 hari. Penyebaran penyakit bisa melalui kontak eksklusif sehingga barang-barang yang sudah terkena virus tersebut sanggup menularkannya. Penanggulangannya bisa didiberikan vaksin cacar. Apa perbedaan dengan cacar air? Cacar air yang terjadi pada belum dewasa tidak begitu berbahaya, tetapi bila diderita orang remaja bisa mengakibatkan kematian. Gejalanya ditandai dengan demam, terbentuknya benjolan, kulit kering, dan luka tersebut tidak berbekas apabila sudah sembuh. Masa inkubasinya berlangsung selama 14-16 hari. Virus ini berada di dalam kanal pernapasan dan bisa masuk ke fatwa darah pada seluruh tubuh, terutama kulit.

7) Polio
Di negara kita beberapa kali diadakan Pekan Imunisasi Nasional/PIN polio bagi anak balita. Tujuan pemdiberian imunisasi ini ialah untuk mencegah belum dewasa balita dari serangan penyakit polio. Gejala penyakit ini antara lain demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, mual, muntah, mengantuk, disertai tulang kaku pada leher dan tulang belakang. Penyakit ini bisa mengakibatkan kelumpuhan lantaran virus yang menyerang pada serpihan selaput otak sehingga sanggup merusak sel saraf yang berafiliasi dengan serabut motor saraf tepi. Masa inkubasinya berlangsung selama 7-14 hari dan penularannya melalui lisan dan masakan yang sudah terkena virus itu.

8) Campak
Sama halnya dengan cacar, penyakit ini umumnya menyerang pada anak-anak. Gejalanya antara lain demam tinggi, batuk, mata pedih jikalau terkena cahaya, dan rasa ngilu di seluruh tubuh. Virus ini berkembang pada kanal pernapasan atas kemudian beredar ke seluruh tubuh, terutama pada kulit. Teknik pencegahannya dengan pemdiberian imunisasi campak.

9) Hepatitis
Organ tubuh yang diserang penyakit ini ialah hati. Seseorang yang menderita penyakit ini cairan darahnya bisa masuk ke dalam rongga perut, sehingga perut akan membesar. Tanda-tanda penyakit ini antara lain tubuh lemas, nafsu makan berkurang, biasanya kulit tubuh, mata, dan urin berwarna kuning. Penularan penyakit ini melalui masakan dan minuman yang tercemar virus, melalui fatwa darah, serta korelasi seksual. Penyakit ini sanggup dicegah dengan pemdiberian vaksin hepatitis. Saat ini jenis penyakit hepatitis yang sudah dikenali antara lain hepatitis A, B, dan C.

10) Gondong
Penyakit ini ditandai dengan membesarnya/membengkaknya kelenjar di bawah pendengaran selama 18-21 hari. Virus yang menyerang ialah virus RNA yang menyerang otak, kelenjar paratiroid, dan kelenjar pankreas. Apabila sudah terkena penyakit ini maka penderita akan mempunyai kekebalan terhadap penyakit tersebut. Penularan penyakit ini terjadi melalui hidung dan mulut.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Jenis Virus Penyebab Penyakit Pada Manusia?"