Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Serta Pola Kelompok Informal (Informal Group) Dan Kelompok Formal (Formal Group) Dalam Penjabaran Kelompok Sosial Teratur

Artikel diberikut ini akan mengulas terkena kelompok sosial, kelompok informal, pengertian kelompok informal, pengertian kelompok formal, informal group, kelompok formal, formal group, formal and informal groups, pola kelompok informal, pola kelompok formal.


Kelompok Informal (Informal Group) dan Kelompok Formal (Formal Group)

Kelompok informal yaitu kesatuan hidup insan yang tidak memiliki struktur dan organisasi tertentu. 
Kelompok-kelompok tersebut biasanya terbentuk sebab pertemuan berulang kali dan pertemuan tersebut menjadi dasar bagi bertemunya kepentingankepentingan dan pengalaman yang sama. 

misalnya, Klik (clique) yaitu suatu kelompok kecil tanpa struktur formal yang sering timbul dalam kelompok-kelompok besar. Klik tersebut ditandai dengan adanya pertemuan-pertemuan timbal balik antaranggota, biasanya bersifat antara kita saja (egalitas).
Kelompok formal yaitu kelompok-kelompok yang memiliki peraturan yang tegas dan sengaja diciptakan oleh angota-anggotanya untuk mengatur relasi antara anggota-angotanya. 
Hubungan antaranggota berlangsung secara terkoordinasi melalui usaha-usaha untuk mencapai tujuan menurut bagian-bagian organisasi yang bersifat spesialisasi. 

Kegiatannya didasarkan pada aturan-aturan yang sebelumnya sudah ditentukan. Organisasi biasanya ditegakkan pada landasan prosedur administratif. 

Staf administratif bertanggung tanggapan memelihara organisasi dan mengkoordinasikan kegiatankegiatan organisasi. 

misalnya, unit kepolisian kemudian lintas terdiri atas bagian-bagian, yaitu pecahan administrasi, lapangan atau patroli, logistik, training atau penyuluhan.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Serta Pola Kelompok Informal (Informal Group) Dan Kelompok Formal (Formal Group) Dalam Penjabaran Kelompok Sosial Teratur"