Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tahapan Profase, Metafase, Anafase Dan Telofase Dalam Proses Reproduksi Serta Pembelahan Sel Secara Mitosis

Artikel dibawah ini akan menjabarkan wacana reproduksi sel, pembelahan sel, pembelahan mitosis, proses mitosis, tahapan mitosis, tahap pembelahan mitosis, pembelahan sel secara mitosis, tahap tahap pembelahan mitosis, proses pembelahan mitosis, profase, metafase, anafase, telofase.

Reproduksi Sel

Pernahkah Anda mencicipi bahwa kulit Anda terasa kering dan mengelupas? Atau pernahkah tangan Anda teriris pisau? Apakah yang terjadi?

Tentu saja kulit yang terkelupas tersebut diganti oleh kulit gres sehingga luka di tangan Anda akan menutup dan sembuh. Kulit gres tersebut terbentuk dari sel-sel kulit yang membelah atau bereproduksi.

Anda tentu mengenal penyakit kanker. Penyakit ini disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak terkendali. Pada sel normal, pembelahan akan berlangsung secara normal dan berhenti sehabis keseimbangan jumlah sel terpenuhi.

Reproduksi sel ialah salah satu ciri utama makhluk hidup. Pada makhluk hidup bersel satu (uniseluler), proses tersebut ialah cara untuk menghindar dari kepunahan. 

Adapun pada makhluk hidup bersel banyak (multiseluler), reproduksi sel bertujuan memperbaiki jaenteng badan yang rusak, pertumbuhan, dan perkembangan sel. 

Melalui pembentukan sel-sel gamet (sel kelabuin), reproduksi sel ialah cara makhluk hidup mewariskan sifat kepada keturunannya. 

Bagaimanakah prosedur reproduksi sel? Apakah manfaatnya? Sesudah mempelajari artikel ini, Anda diperlukan sanggup memahami prosedur reproduksi sel sebagai hukum yang diputuskan Yang Mahakuasa.

Mitosis

Reproduksi seksual maupun reproduksi aseksual bergantung pada pembelahan sel. Pembelahan sel dilakukan dengan majemuk cara bergantung pada jenis sel dan makhluk hidupnya. 

Pada makhluk hidup yang inti selnya tidak mempunyai selaput (prokariot), contohnya pada basil pembelahannya dilakukan secara langsung, tidak melalui tahapan-tahapan pembelahan. Pembelahan sel menyerupai ini dinamakan amitosis.

Pembelahan amitosis ialah pembelahan yang umum terjadi pada tiruana tipe pembelahan, termasuk proses membelah diri pada Amoeba. Sifat keturunan yang dihasilkan akan menyerupai dengan induknya, mengapa? 

Adapun pada makhluk hidup yang inti selnya mempunyai selaput (eukariot), pembelahan selnya dilakukan melalui tahapan-tahapan pembelahan. 

Pada sel badan (somatis), pembelahannya dilakukan secara mitosis, sedangkan pada sel kelabuin (germinal) pembelahannya dilakukan secara meiosis. Apa perbedaan mitosis dan meiosis?

Seluruh bahan genetik yang dimiliki oleh induk akan diduplikasi dan dibagikan sama rata pada anakannya. Terdapat beberapa tahapan dalam proses mitosis, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase. 

Dalam siklus sel terjadi empat fase, yaitu fase G1 (first gap), fase S (sintesis DNA), fase G2 (second gap), dan fase M (mitosis). Fase G1, fase S, dan fase G2 dinamakan interfase. Fase M ialah fase pembelahan.
 Artikel dibawah ini akan menjabarkan wacana reproduksi sel Pengertian Tahapan Profase, Metafase, Anafase dan Telofase Dalam Proses Reproduksi Serta Pembelahan Sel Secara Mitosis
Siklus sel ialah rangkaian perkembangan sel
Interfase ialah fase yang paling panjang dari siklus sel lantaran terdiri atas tiga fase, yaitu fase G1, fase S, dan fase G2. Pada fase G1, terjadi proses transkripsi RNA, tRNA, mRNA, dan sintesis banyak sekali jenis protein.

Pada fase S, terjadi replikasi dan duplikasi DNA. Pada fase ini terjadi pembentukan penyusun sitoplasma berupa orggual dan molekul makro (Campbell, et al, 2006: 129).

1. Profase

Tahap profase yaitu tahap awal dimulainya pembelahan. Profase ditandai dengan mulai menghilangnya membran inti sel dan benang kromatin mulai mengalami penebalan dan pemendekan membentuk kromosom.

Kromosom membentuk pasangan dari hasil duplikasinya membentuk kromatid. Pada tahap ini dengan memakai mikroskop cahaya, Anda sanggup melihat dengan terperinci bentuk kromosom.

Membran inti yang menghilang akan diikuti dengan terbentuknya benang gelendong yang berasal dari mikrotubula di sitoplasma. 

Benang spindel ini akan membentang dari kutub-kutub pembelahan sel dan memegang sentromer dari setiap kromosom. 
Pada tahap profase, kromosom mulai terbentuk
Bagian sentromer yang diberikatan dengan spindel ini dinamakan kinetokor yang ialah pecahan dari protein sentromer. Benang spindel akan berusaha untuk menarikdanunik kromosom menuju bidang pembelahan (bidang ekuator). Perhatikan Gambar .

2. Metafase

Pada tahap metafase, pasangan kromatid bergerak ke arah bidang pembelahan. Kromatid terbentuk bergerak ke arah kutub yang berlawanan, namun tetap diberikatan pada benang spindel. 

Kromatid akan membentuk garis hitam di sepanjang bidang pembelahan. Sesudah kromatid datang di bidang pembelahan, kinetokor akan memisah. Perhatikan Gambar.
 Artikel dibawah ini akan menjabarkan wacana reproduksi sel Pengertian Tahapan Profase, Metafase, Anafase dan Telofase Dalam Proses Reproduksi Serta Pembelahan Sel Secara Mitosis
Tahap metafase

3. Anafase

Pada tahap anafase, sentromer mulai berpisah dan bergerak ke arah berlawanan menuju kutub masing-masing. 

Benang spindel menggerakan kedua kromosom yang berpisah ini menuju kutub berlawanan meninggalkan bidang pembelahan. Tahap ini diakhiri kalau setiap kromosom yang berpisah sudah mencapai kutub masing-masing. Perhatikan Gambar.
 Artikel dibawah ini akan menjabarkan wacana reproduksi sel Pengertian Tahapan Profase, Metafase, Anafase dan Telofase Dalam Proses Reproduksi Serta Pembelahan Sel Secara Mitosis
Tahap anafase

4. Telofase

Tahap telofase diawali dengan berhentinya gerakan kromosom menuju kutub pembelahan. Pada tahap ini, keadaan sel kembali normal. 

Membran inti kembali terbentuk dan benang spindel akan menghilang menjadi mikrotubula biasa. Pada bidang pembelahan akan terjadi penebalan plasma yang dilanjutkan dengan proses sitokinesis atau pembelahan sitoplasma sel. Perhatikan Gambar.
 Artikel dibawah ini akan menjabarkan wacana reproduksi sel Pengertian Tahapan Profase, Metafase, Anafase dan Telofase Dalam Proses Reproduksi Serta Pembelahan Sel Secara Mitosis
Tahap telofase diawali dengan
gerakan kromatid menuju kutub pembelahan
Sitokinesis yaitu proses pemisahan sitoplasma yang menghasilkan dua sel anak dengan terbentuknya membran baru. 

Di dalam proses sitokinesis termasuk pula kontribusi orggual-orggual sel. Dua sel anak hasil mitosis akan mempunyai sifat yang sama (identik) dengan induk dan dengan satu sama lainnya. Mengapa?

Pada sekitar bidang pembelahan terdapat mikrotubula yang keadaannya tidak terorganisir dan bercampur dengan gelembung yang disebut mid body (lapisan pemisah). 
 Artikel dibawah ini akan menjabarkan wacana reproduksi sel Pengertian Tahapan Profase, Metafase, Anafase dan Telofase Dalam Proses Reproduksi Serta Pembelahan Sel Secara Mitosis
Proses sitokinesis yang terjadi
pada (a) binatang dan (b) tumbuhan
Lapisan ini akan membentuk membran sel baru. Mekanisme pembelahan sitoplasma ini terjadi pada pembelahan (cleavage) sel hewan. 

Pada sel tumbuhan tidak terdapat mid body, tetapi terdapat fragmoplas yang mengandung aparatus Golgi. Fragmoplas berfungsi membentuk lempeng sel (cell plate) yang akan menjadi dinding sel. 

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Tahapan Profase, Metafase, Anafase Dan Telofase Dalam Proses Reproduksi Serta Pembelahan Sel Secara Mitosis"