Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peranan Agama Dalam Kehidupan Insan Dan Masyarakat Sehari-Hari

Berikut ini akan dibahas secara ringkas ihwal peranan agama dalam kehidupan manusia, peranan agama bagi kehidupan manusia, tugas agama dalam kehidupan, tugas agama dalam masyarakat, peranan agama bagi kehidupan manusia.

Jika kita mempelajari sejarah perkembangan agama dan iman yang ada di Indonesia, kita sanggup sekaligus mempelajari perubahan kebudayaan yang berupa perubahan sikap masyarakat Indonesia berkaitan dengan perubahan sistem religi mereka. 

Pola sikap yang berlandaskan anutan agama ialah bentuk dari kebudayaan. Dalam sejarah kebudayaan bangsa Indonesia sudah menghasilkan banyak sekali corak kebudayaan yang berlatar belakang pada sistem religi yang memengaruhinya. 

Meskipun ketika ini hampir tiruana masyarakat Indonesia sudah memeluk agama yang diyakininya, namun imbas iman yang ialah warisan agama orisinil masih nampak dalam bentuk warisan tradisi. 

Sebagai contoh, terjadinya musibah yang melanda Indonesia menyerupai akhir-akhir ini, antara lain gempa bumi, pegunungan meletus, sudah mengakibatkan reaksi impulsif yang tidak sama dari masyarakat. 

Di kalangan penganut agama, mereka menganggap peristiwa sebagai ujian dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh alasannya ialah itu, perlu disikapi dengan pertobatan dan meningkatkan kesabaran. 

Hal itu nampak dengan digelarnya banyak sekali bentuk doa bersama untuk memohon pengampunan dan keselamatan. 

Adapun dari masyarakat yang masih berpengaruh memegang budbahasa dan tradisi, menganggap bahwa peristiwa ialah suatu bentuk peringatan dari Sang Pencipta semoga insan banyak melaksanakan laris prihatin. 

Hal itu disikapi dengan melaksanakan ritual-ritual khusus yang tidak dijumpai dalam tuntunan anutan agama. 

Dari teladan tersebut sanggup kita tarik sebuah kesimpulan bahwa dengan adanya iman dan agama menyadarkan insan bahwa insan salah satu makhluk yang mempunyai banyak keterbatasan. 

Untuk itu, perlu mawas diri, alasannya ialah ada kekuatan yang lebih besar yang mengatur segala sesuatu di alam semesta ini. 

melaluiataubersamaini mempunyai keyakinan menyerupai itulah (baik yang diperoleh dari anutan iman ataupun dari anutan agama) insan dalam berperilaku cenderung rendah hati, tidak sombong, menyadari sebagai salah satu makhluk (dan bukan satu-satunya makhluk) ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Oleh alasannya ialah itu acara insan yang cenderung merusak lingkungan, baik merusak hewan, tumbuhan, udara, tanah, dan sekitarnya serta membunuh sesama manusia, ialah sikap yang tidak sesuai dengan anutan agama maupun kepercayaan.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Peranan Agama Dalam Kehidupan Insan Dan Masyarakat Sehari-Hari"