Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Awal Perkembangan Agama Dan Kerajaan-Kerajaan Hindu Di Indonesia

Berikut ini akan kita bahas wacana agama di indonesia, sejarah agama hindu, sejarah agama hindu di indonesia, perkembangan agama hindu di indonesia, agama hindu di indonesia, lahirnya agama hindu, kerajaan kerajaan hindu di indonesia, kerajaan hindu di indonesia.

Awal Perkembangan Agama Hindu di Indonesia

Agama Hindu pertama kali lahir di India semenjak zaman Weda, yaitu antara 2000 hingga 1000 tahun sebelum Masehi, dan mengalami perkembangan pesat yang lalu dikenal sebagai sentra asal agama Hindu. 

Agama Hindu diperkirakan masuk ke Indonesia semenjak kurun ke-2 Masehi bersamaan dengan berkembangnya hubungan dagang antara India dan Indonesia pada masa itu. 

Pembawa dan penyebar agama Hindu ke Indonesia yakni kaum Brahmana atau Pendeta agama Hindu. 

Kehadiran para Brahmana atau Pendeta Hindu ke Indonesia tersebut lantaran diundang oleh para raja, biar mereka menjadi penasihat raja. 

Menurut catatan sejarah, kerajaan tertua di Indonesia yakni kerajaan Kutai yang bercorak Hindu. Hal itu didukung oleh bukti sejarah dengan ditemukannya prasasti pada 7 (tujuh) buah Yupa. 

Yupa yakni bangunan tugu bertulis. Pada yupa tersebut tertulis syair dengan memakai aksara Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Prasasti tersebut meliputi diberita terkena upacara persembahan hewan tertentu oleh raja Kutai. 

Tulisan dengan aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta tersebut spesialuntuk lazim dipakai oleh kaum Brahmana dari India Selatan, sedangkan upacara persembahan kurban hewan tertentu ialah salah satu bentuk kebudayaan Hindu.

Pertumbuhan dan perkembangan agama Hindu di Indonesia pada mulanya spesialuntuk berkisar di dalam istana kerajaan, lalu memengaruhi rujukan kehidupan masyarakat yang pada masa itu senantiasa tunduk dan taat akan segala bentuk perintah raja. Berikut beberapa kerajaan Hindu di Indonesia.
  1. Kerajaan Kutai (tahun 400 – 500 Masehi) ialah kerajaan yang tertua dan diduga sebagai awal pertumbuhan dan perkembangan agama Hindu di Indonesia.
  2. Kerajaan Tarumguagara (kira-kira kurun ke-5 Masehi).
  3. Kerajaan Mataram Kuno (sekitar tahun 732 Masehi).
  4. Kerajaan Kahuripan (tahun 1019 – 1041).
  5. Kerajaan Majapahit (antara tahun 1293 – 1401), yang ialah kerajaan Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus menandai awal kemegahan bangsa Indonesia.
Agama Hindu pada dikala ini berkembang pesat di Bali. Oleh lantaran itu lebih banyak didominasi penduduk Bali menganut agama Hindu. 

Orang Hindu di Bali menganggap dunia ini dihuni oleh kekuatan baik dan jahat, dewa, manusia, dan setan. Mereka masing-masing menghuni tempatnya di alam semesta. 

Kebanyakan upacara keagamaan umat Hindu di Bali bertujuan untuk menjaga biar kekuatan dan makhluk-makhluk tersebut berada di tempatnya masing-masing. 

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Sejarah Awal Perkembangan Agama Dan Kerajaan-Kerajaan Hindu Di Indonesia"