Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Ceramah Kultum Singkat Ihwal Beriman Kepada Rasulullah Saw

Kultum Tentang Beriman Kepada Rasulullah SAW – Melanjutkan bahan kultum pada kesempatan sebelumnya, kali ini satubahasa akan memperlihatkan teladan kultum singkat kembali yang tentunya sanggup anda jadikan sebagai acuan kultum. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan judul wacana beriman kepada Rasulullah SAW, eksklusif saja sanggup anda baca di bawah ini.

Kultum Singkat Tentang Beriman Kepada Rasulullah SAW

>>>>>>>>> Muqaddimah <<<<<<<<<<<

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah.
Sesungguhnya, Iman merupakan pondasi agama yang sangat penting  untuk membangun pondasi amalan seluruhnya. Karena seseorang yang tanpa iman, maka gururlah semua amal kebaikannya serta jauh dari rahmat Allah. Allah SWT. berfirman:

Barangsiapa yang kafir sehabis beriman Maka hapuslah amalannya dan ia di hari selesai zaman termasuk orang-orang merugi. (QS.al-Maidah/ 5: 5)

Dan tidak dipungkiri lagi Iman kepada Nabi Muhammad SAW. yaitu salah satu pondasi dasar agama kita ini, sebagaimana dia bersabda:
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلٰى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَآ إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهٗ رَسُوْلُ اللهِ
“Islam dibangun di atas lima (pondasi), bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad yaitu hamba Allah dan utusan-Nya”. (HR. Syaikhani/ Bukhari dan Muslim)

Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah!!!
Dengan beriman kepada Allah, artinya kita juga dituntut untuk beriman kepada utusan-Nya. Tidak hanya kita sebagai muslim, namun keselamatan semua ummat insan dibangun di atas keimanan kita kepada Allah dan Rasul-Nya ini. Rasulullah SAW. bersabda:
وَالَّذِيْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهٖ لَا يَسْمَعُ بِيْ أَحَدٌ مِنْ هٰذِهِ الْاُمَّةِ يَهُوْدِيٌّ وَلَا نَصْرَانِيٌّ، ثُمَّ يَمُوْتُ وَلَمْ يُؤْمِنْ بِالَّذِيْ اُرْسِلْتُ بِهٖ اِلَّا كَانَ مِنْ اَصْحَابِ النَّارِ
“Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman-Nya, tidaklah seseorang dari ummatku yang mendengar wacana aku, baik Yahudi maupun Nasrani. Dan kemudian dia mati tanpa beriman kepada apa yang diutus karenanya, kecuali ia termasuk sebagai penduduk neraka”. (HR. Muslim).

Kultum Tentang Beriman Kepada Rasulullah SAW Contoh Ceramah Kultum Singkat Tentang Beriman Kepada Rasulullah SAW
Contoh Kultum Singkat Tentang Beriman Kepada Rasulullah SAW


Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah!!!
Iman, yaitu urusan hati, namun demikian doktrin kita kepada Rasulullah SAW. sanggup dibuktikan di antaranya yaitu dengan hal-hal sebagai berikut:
1.    Meyakini dengan penuh tanggung jawab dengan kebenaran Nabi Nuhammad SAW. dan apa yang dibawa beliau.
2.    Ikhlas mentaati Rasulullah SAW. dengan melakukan semua perintah dan meninggalkan semua larangannya. Karena hakikatnya, apa yang diperintahkan oleh Rasul tentu merupakan perintah Allah begitupun sebaliknya. Firman Allah SWT.:

Katakanlah: "Taat kepada Allah dan taatlah kepada rasul; dan jikalau kau berpaling Maka Sesungguhnya kewajiban Rasul itu yaitu apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kau sekalian yaitu semata-mata apa yang dibebankan kepadamu. dan jikalau kau taat kepadanya, pasti kau menerima petunjuk. dan tidak lain kewajiban Rasul itu melainkan memberikan (amanat Allah) dengan terang". (QS. an-Nur/ 24: 54)

3.    Mencintai Nabi SAW, keluarga, sahabat dan para pengikutnya. Sabda Beliau:
لَا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتّٰى أَكُوْنَ اًحَبَّ إِلَيْهِ مِنْ وَالِدِهٖ وَوَلَدِهٖ وَالنَّاسِ أَجْمَعِيْنَ
“Tidaklah beriman seseorang dari kalian sehingga akulebih ia cintai dari pada orang tuanya, anaknya dan seluruh manusia”. (HR. Bukhari dan Muslim)
4.    Membela dan memperjuangkan pedoman Rasulullah SAW.
5.    Meneladani etika dan keperibadian dia dalam setiap perbuatan kita.
6.    Membaca shalawat dan salam kepada beliau, terutama setelah disebut nam dia SAW. sebagaimana sabdanya yang artinya: “Merugilah seseorang yang jikalau disebut namaku padanya, ia tidak bershalawat padaku” (HR. At-Tirmidzy)
7.    Waspada dan selalu berhati-hati terhadap pedoman yang menyimpang dan menyelisihi pedoman beliau. Allah SWT. berfirman:

 “Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah-Nya takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih”. (QS. an-Nur : 63)

8.    Mensyukur hidayah keimanan kita kepada Allah dan rasul-Nya dengan senantiasa menjaga ukhuwwah dan persatuan Islam dan menghindari perpecahan. Sebagaimana firman Allah:
Dia telah mensyari'atkan bagi kau wacana agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa Yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kau berpecah belah tentangnya. (QS. asy-Syuraa :13)

Jama’ah Shalat Isya’ dan Tarawih Rahimakumullah!!!
Demikianlah beberapa hal yang berkenaan dengan keimanan kita terhadap Rasulullah SAW. biar kita termasuk umat dia yang selalu tunduk dan patuh serta menyayangi beliau. Amin.
أَقُوْلُ قَوْلِيْ هٰذَا أَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَآئِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Wassalamu’alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh.

Nah itulah contoh kultum singkat mengenai beriman kepada Rasulullah SAW yang sanggup kami contohkan untuk anda, biar bermanfaat dan mohon maaf jikalau ada salah-salah kata.

Sumber http://www.satubahasa.com

Post a Comment for "Contoh Ceramah Kultum Singkat Ihwal Beriman Kepada Rasulullah Saw"