Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pengertian Matriks yaitu himpunan bilangan, simbol ataupun ekpresi yang disusun dalam deretan persegi/persegi panjang. Unsur unsur dalam matriks tersebut disebut dengan elemen matriks. Setiap elemen ditunjukkan dengan indeks baris dan kolom. Contoh matriks sebagai berikut :
Pengertian Matriks yaitu himpunan bilangan Aplikasi Matriks dalam Kehidupan Sehari Hari
Jika diperhatikan di atas karakter A yaitu nama matriks. Kemudian sanggup dilihat isi dari matriks dari a11 sampai a 23 disebut dengan element matriks. Jika anda perhatikan pada bab atas yang dilingkari berwarna merah terdapat a12. Indeks satu menyatakan baris dan indeks 2 menyatakan kolom. Dari matriks diatas sanggup disumpulkan terdapat 2 baris dan satu kolom.

Siapakah penemu matriks? Penemu matriks yaitu Arthur Cayley. Kemudian untuk sebuah matriks harus memenuhi syarat syarat di bawah ini.
  1. Berupa susunan bilangan
  2. Harus diberi nama
  3. memiliki baris dan kolom
  4. susunan elemen berbentuk persegi panjang atau persegi dan dibatasi oleh kurung siku

Kegunaan Matriks dalam Kehidupan sehari hari

Kegunaan atau penerapan matriks dalam kehidupan sehari hari pada umumnya yaitu untuk menciptakan model sebuah permasalahan. Beberapa teladan aplikasi matriks dalam kehidupan sehari hari seperti,

Penyelesaian permasalahan persamaan linear, transformasi geometri. Terutama saat melaksanakan transformasi geometri dalam ruang. Ini akan mempermudah kita dalam melaksanakan perhitungan.  Terkait :Kalkulator Menghitung Transformasi Geometri dengan Matriks.

Penyelasaian dilema yang mengandung banyak variabel. Contohnya dalam perekonomian, kedokteran dan bidang lainnya.

Penggunaan dalam penyelesaian jadwal linear yang bekerjasama dengan input output pada bidang ekonomi, statistik. Juga pada bidang pendidikan, manajemen, kimia dan lainnya. Lebih lanjut ini dipakai dalam penelitian dalam inovasi dan penambangan minyak bumi. Terkait : Kalkulator untung Menghitung Perkalian Matriks.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Aplikasi Matriks Dalam Kehidupan Sehari Hari"