Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pengertian Pasar Modal Atau Bursa Efek

 Sesudah sebelumnya diuraikan dengan lengkap tentang  MENGENAL PENGERTIAN PASAR MODAL ATAU BURSA EFEK
Pengertian Pasar Modal - Sesudah sebelumnya diuraikan dengan lengkap tentang pasar uang, maka dalam artikel ini akan mulai dibahas tentang pasar modal, untuk memulai pembahasan pasar modal maka penulis awali dengan pembahasan tentang pengertian pasar modal atau bursa efek. Bagi anda anda yang belum mengetahui hal-hal terkait pasar modal, maka artikel ini sanggup menjadi artikel pengantar bagi anda untuk memulai memahami tentang pasar modal. Selengkapnya terkait pengertian pasar modal secara umum silahkan simak dalam pembahasan diberikut ini:

Pasar modal intinya sama dengan pasar uang, namun terdapat perbedaan diantara keduannya, perbedaan antara pasar modal dan pasar uang yang paling simpel dilihat ialah pada produk yang diperjual belikan.


Seperti yang sudah kita bahas dalam pembahasan bentuk-bentuk produk pasar uang, bahwa kita ketahui yang diperjual belikan atau yang menjadi produk dalam pasar uang ialah uang dalam bentuk surat berharga jangka pendek, sedangkan pada pasar modal yang diperjual belikan uang dalam bentuk surat berharga jangka panjang.

Dari perbedaan tersebut maka kita sudah sanggup mendefinisikan apa itu pasar modal, apakah hingga sini anda sudah sanggup menangkap pengertian pasar modal?

Pengertian Pasar Modal menurut Ilmu ekonomi

Pasar Modal dalam ekonomi diartikan sebagai sebuah pasar yang mempertemukan undangan dan penawaran uang dalam bentuk surat-surat berharga jangka panjang atau berjangka waktu lebih dari satu tahun.

Pasar Modal secara sederhana juga sanggup diartikan sebagai pasar yang memperjualbelikan surat berharga jangka panjang.


Makara yang perlu diingat bahwa bila kita dalam pasar uang mengenal objek yang dijualbelikan ialah Surat berharga jangka pendek yang bentuknya antara lain SPBU, SBI dan sebagainya, maka dalam pasar modal kita akan mengenal surat berharga jangka panjang yang bentuk umumnya ialah saham, obligasi dan sebagainya, lebih lengkap tentang bentuk surat berharga jangka panjang silahkan baca Bentuk produk yang diperjual belikan dalam pasar modal.

Pasar modal dalam dunia bisnis memiliki nama lain yaitu bursa efek, jadi pasar modal itu sama dengan bursa efek.

Dalam negara indonesia pada zaman lampau terdapat 3 macam bursa imbas yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), dan Bursa Paralel Indonesia.

Namun pada zaman kini spesialuntuk ada satu bursa imbas yang ada di Indonesia yang berjulukan bursa imbas Indonesia (BEI). Dalam pasar modal atau bursa imbas maka anda akan mengenal istilah Investor dan Emiten, apa itu investor dan emiten? Investor atau disebut juga Pemodal ialah pihak yang memiliki modal atau dana untuk dipinjamkan sedangkan Emiten ialah individu atau perusahaan yang melaksanakan Penawaran Umum, apa itu penawaran umum? penawaran umum ialah penawaran untuk menjual Efek atau saham oleh Emiten kepada masyarakat atau publik.

Baik investor maupun emiten keduanya ialah pelaku dalam pasar modal, namun pelaku dalam pasar modal bukan spesialuntuk investor dan emiten, nah lebih jelasnya silahkan baca post selanjutnya tentang pelaku-pelaku pasar modal.

Demikianlah Pembahasan singkat yang ialah pembahasan awal tentang pasar modal. Semoga yang disampaikan disini sanggup megampangkan anda dalam mengerti tentang pengertian pasar modal atau bursa efek.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Mengenal Pengertian Pasar Modal Atau Bursa Efek"