Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Persamaan Matematika Di Blog/Website

Pada platform blogging khususnya blogger atau blogspot, mungkin ada beberapa dari anda yang mengalami kesulitan. Terutama apabila blog anda bertemakan sains dan ilmu pengetahuan, semisal fisika, kimia matematika, teknik dan lainnya.

Memiliki blog dengan bertema sains, memaksa anda untuk menulis persamaan matematika. Banyak persamaan matematika yang tidak sanggup ditulis pribadi dengan memakai CMS tersebut secara langsung. Misalkan saja sebuah persamaan matematika pecahan, bentuk akar seperti
$$ x_{1,2}= \frac {-b \pm \sqrt {b^2-4ac}}{2a}$$
Pembaca blog akan sulit memahami, jikalau anda tulis x12= (-b) +_ (sqrt(b^2-4ac)/2a. Bisa sanggup pengunjung akan salah memahami rumus tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut aku akan membuatkan bagaiama cara menulis persamaan matematika pada blogger (blogspot). Untuk akibatnya sendiri anda sanggup lihat dengan terang pada blog ini, silakan lihat misalnya pada: Contoh Soal Sifat Sifat Akar. Saya tulis dengan cara berikut ini.

Pertama, Silakan masuk pada dashboard blog anda. Kemudian lanjutkan pada Tema/Layout - kemudian pilih EDIT HTML. Bisa diperhatikan beberapa instruksi template di sana. Kemudian ambil instruksi di bawah ini
<script type='text/x-mathjax-config'>
  MathJax.Hub.Config({tex2jax: {inlineMath: [['$','$'], ['\\(','\\)']]}});
</script>
<script src='https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/mathjax/2.7.1/MathJax.js?config=TeX-AMS-MML_HTMLorMML' type='text/javascript'>
</script>

Pastekan instruksi tersebut dibagian atas dibawah instruksi <head>. Selanjutnya Simpan Template Anda. Lalu sehabis itu bagaimana cara menulis persamaan matematika tersebut pada blog. Cukup mudah, anda sanggup mengunakan editor yang sudah ada. Di sana tersedia pilihan bentuk persamaan yang ingin anda tulis, anda tinggal memilihnya saja lagi. Untuk editor tersebut sanggup anda lihat pada halaman:
Editor Persamaan Matematika Online untuk Website.
Setelah menulis persamaan tersebut, akan ada 4 cara menyisipkan persamaan matematika tersebut ke blog Anda.

#1. Menyisipkan Tulisan Langsung

Tulisan yang ada pada kotak pertama, sanggup pribadi anda Copy dan paste pada blog Anda. Misalkan rumus ABC di atas, akan didapat goresan pena x_{1,2}= \frac {-b \pm \sqrt {b^2-4ac}}{2a}.

Kemudian sisipkan pada postingan anda. Namun instruksi tersebut harus diapit oleh tanda dollar atau double dollar. Seperti berikut ini,
Pada platform blogging khususnya blogger atau blogspot Cara Menulis Persamaan Matematika di Blog/Website
Menulis Persamaan Matematika di blog
Pada pola di atas aku gunakan "double dollar" untuk mengapit persamaan. Tampilan persamaan tersebut rata tengah. Jika anda ingin tampilan rata-kiri anda sanggup gunakan mengapit instruksi tersebut dengan tanda "satu dollar" saja.

#2. Menyisipkan Sebagai HTML

Pilihan Kedua, anda sanggup menyisipkan persamaan matematika sebagai HTML. Caranya Anda copy instruksi di kotak ke 2. " SISIPKAN SEBAGAI HTML" .

Kemudian buat mode postingan HTML sehabis anda mengetik materinya. Lalu tandai kawasan dimana persamaan akan dipastekan. Pastekan instruksi yang anda sanggup dari halaman editor tadi.

#3. Menyisipkan Sebagai Image/Gambar

Cara ke tiga ini, sanggup anda copy gambar pada bab " SISIPKAN SEBAGAI GAMBAR". Copy alamat website pada kotak tersebut. Lalu buka di browser anda pada tab baru.

Muncul gambar persamaan dan Copy gambar tersebut kemudian pastekan di blog anda. Atau anda sanggup paste di editor gambar menyerupai Paint terlebih dahulu kemudian anda upload di blog anda.

Dari ketiga cara di atas, aku sangat menyarankan memakai cara pertama. Karena jikalau persamaan tersebut salah anda sanggup mengeditnya dengan mudah. Tapi semua kembali kepada anda, mana yang anda rasa lebih mudah.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Cara Menulis Persamaan Matematika Di Blog/Website"