Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Sifat, Luas Dan Keliling Persegi Panjang

Defenisi persegi panjang yaitu sebuah berdiri datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar serta terdapat 4 sudut siku siku pada ke empat sudutnya. Adapun gambar dari sebuah persegi panjang sebagai berikut,
Persegi Panjang
Berdasarkan gambar di atas kita sanggup lihat ada sisi sejajar yaitu PQ sejajar dengan SR; PS sejajar dengan QR. Sudut masing masing pada pertemuan sisi yang tidak sejajar yaitu siku-siku. $$ \angle P = \angle Q= \angle R = \angle S = 90^0$$

Sifat Persegi Panjang

Dari pengertian persegi panjang di atas, kita sanggup tahu sesungguhnya sifat yang dimiliki persegi panjang adalah,
  1. Terdapat 4 sisi yang mana 2 pasang panjangnya sama dan sejajar. (Perhatikan gambar PQ dengan SR dan PS dengan QR di atas)
  2. Terdapat 4 sudut siku-siku, dalam hal ini kembali perhatikan $$ \angle P = \angle Q= \angle R = \angle S = 90^0$$
  3. Jika dibentuk dua diagonal, maka diagonal pada persegi panjang sama panjang dimana akan menciptakan itu persegi panjang terbagi menjadi dua segitiga yang kongruen.
  4. Persegi panjang sanggup menempati bingkainya dengan 4 cara.
Contoh Soal Penerapan Sifat Sifat Persegi Panjang :
SOAL 1.  ABCD yaitu persegi panjang dimana O yaitu perpotongan kedua diagonalnya. Jika diketahui panjang AO = 5 cm. Hitunglah panjang
a.) BO, CO dan DO
b.) Panjang AC dan BD
Persegi Panjang ABCD
Pembahasan:
a.) Karena diagonal tersebut terbagi menjadi dua oleh diagonal lain, atau dengan lain kata diagonal tersebut berpotongan di tengah. Maka, kita sanggup tahu AO=BO=CO=DO, lantaran AO diketahui 5 cm maka panjang BO, CO dan DO yaitu 5 cm.

b.) Dari persegi panjang yang kita punya, AC = AO+OC = 5+5 = 10 cm. Begitu juga dengan BD = BO+OD = 5+5 = 10 cm.

Keliling dan Luas Persegi Panjang

Defenisi keliling yaitu hasil penjumlahan semua sisi pada sebuah bangun. Oleh lantaran itu kita sanggup menuliskan rumus keliling dari sebuah persegi panjang: $$ K = 2p + 2l = 2(p+l) $$ .

Sementara itu, Defenisi Luas yaitu Area yang berada di dalam berdiri datar dan dibatasi sisi berdiri itu sendiri. Untuk rumus luas persegi panjang sanggup digunakan, $$ L = \text{panjang } \times \text{ lebar} = p \times l$$.

Cara Menghitung Panjang Diagonal Persegi Panjang

Jika diperhatikan persegi panjang di atas, saat dibagi oleh sebuah diagonal. Maka terbentuk dua buah segitiga siku-siku. Pandang segitiga siku-siku ABD. Pada segitiga tersebut kita sanggup menerapkan dalil Phytagoras. Sehingga, BD= sisi miring ; AB dan AD sisi yang saling tegak lurus. $$BD^2= AB^2+AD^2 \\ BD= \sqrt { AB^2+AD^2} \\ \text {dalam bentuk bentuk umum sanggup ditulis} \\ d = \sqrt {p^2+l^2} \\ d = \text { panjang diagonal} \\ p= \text {panjang} \\ l =\text {lebar}$$

Contoh Soal wacana Luas dan Keliling Persegi Panjang
Diketahui sebuah persegi panjang ABCD dengan panjang 5 cm dan lebar 12 cm. Hitunglah:
a-Luas dan Keliling
b-panjang AC
c- Jika titik O ada di tengah AC, berapakah panjang OB dan OD?

Pembahasan:
Luas $$ L = pxl = 5cmx12 cm= 60 cm^2 \\ K = 2(p+l) = 2(12+5) = 34 cm \\ d = \sqrt {p^2+l^2} = \sqrt {5^2+12^2 } =13 cm \\ OA=OB=OC=OD \\ OA = \frac {1}{2} AC = \frac {1}{2}.13 = 6,5 cm \\ \text {artinya OB dan OD juga 6,5 cm} $$.

Agar Mempermudah kau menghitung Luas, Keliling dan Panjang Diagonal Persegi Panjang, Kamu sanggup gunakan kalkulator menghitung luas, keliling dan panjang diagonal di bawah ini.

Kalkulator Menghitung Luas, Keliling dan Diagonal Persegi Panjang


Panjang =
Lebar =




           


Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Pengertian, Sifat, Luas Dan Keliling Persegi Panjang"