Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Jumlah Bayangan Pada 2 Cermin Datar Membentuk Sudut

Cermin ialah keping beling yang salah satu permukaannya sangat halus dan di penggalan belakangnya bergairah serta berlapis emulgram perak, sehingga tidak tembus cahaya. Bagian permukaan halus cermin sanggup memantulkan tiruana berkas cahaya yang hadir. Suatu cermin yang permukaan pantulnya berupa bidang datar disebut dengan cermin datar.

Karena sanggup memantulkan tiruana berkas cahaya, maka dikala suatu objek berada di depan sebuah cermin datar akan terbentuk sebuah bayangan yang sama persis dengan objek orisinil meskipun berkebalikan. Lalu apa yang akan terjadi kalau sebuah objek diletakkan pada dua buah cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu? Coba kalian amati gambar di bawah ini.
Cermin ialah keping beling yang salah satu permukaannya sangat halus dan di penggalan belakang Rumus Jumlah Bayangan pada 2 Cermin Datar Membentuk Sudut
Gambar di atas menawarkan sebuah mainan Donald Duck yang diletakkan di depan dua buah cermin datar yang membentuk sudut sebesar 50°. Dan sanggup kalian hitung jumlah bayangan yang terbentuk ialah 6 buah. Sekarang yang menjadi pertanyaannya ialah kenapa sanggup terbentuk beberapa bayangan? Bagaimana rumus untuk memilih jumlah bayangan yang terbentuk? Untuk menjawaban pertanyaan tersebut, simak baik-baik klarifikasi diberikut ini.

Kenapa Terbentuk Bayangan Jamak pada 2 Cermin yang Disusun Membentuk Sudut
Seperti yang sudah kalian ketahui, dikala suatu objek berada di depan sebuah cermin datar, maka sinar hadir dari objek tersebut akan dipantulkan sekali. Oleh lantaran itu spesialuntuk akan terbentuk sebuah bayangan. Namun apabila objek tersebut diletakkan di depan dua cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu, maka sinar hadir dari objek akan dipantulkan beberapa kali sehingga akan terbentuk lebih dari satu bayangan (jamak). Agar kalian lebih paham, coba amati gambar di bawah ini.
Cermin ialah keping beling yang salah satu permukaannya sangat halus dan di penggalan belakang Rumus Jumlah Bayangan pada 2 Cermin Datar Membentuk Sudut
Dari gambar di atas, dikala objek berada di depan sebuah cermin datar, spesialuntuk terjadi satu kali pemantulan cahaya. Ketika objek diletakkan di antara dua cermin yang disusun membentuk sudut 90° maka terjadi dua kali pemantulan. Sedangkan kalau objek diletakkan pada dua cermin yang membentuk sudut 60° maka akan terjadi tiga kali pemantulan.

Ketika pemantulan sinar hadir dari objek terjadi berkali-kali (berulang) maka akan terbentuk lebih dari satu bayangan. Itulah sebabnya kenapa benda yang diletakkan di antara dua cermin datar yang disusun membentuk sudut akan mempunyai bayangan lebih dari satu. Dan satu hal yang perlu kalian ketahui bahwa semakin kecil sudut yang dibuat dua cermin datar, maka akan semakin banyak jumlah pemantulannya sehingga jumlah bayangan yang dihasilkannya juga akan semakin banyak.

Rumus Menentukan Jumlah Bayangan pada 2 Cermin yang Disusun Membentuk Sudut

Sebelum kalian sanggup menurunkan rumus untuk memilih jumlah bayangan pada dua cermin datar yang disusun membentuk sudut tertentu, kalian harus ingat tentang sifat-sifat bayangan yang terbentuk oleh cermin datar. Ada empat sifat bayangan pada cermin datar, yaitu sebagai diberikut.
 Bersifat tiruan (maya)
 Tegak dan menghadap ke arah yang berlawanan terhadap cermin (berkebalikan).
 Ukuran bayangan sama dengan ukuran benda.
 Tinggi benda sama dengan tinggi bayangan.
 Jarak benda terhadap cermin sama dengan jarak bayangan terhadap cermin.

Nah sifat bayangan yang terkahir inilah yang akan kita gunakan untuk memilih rumus jumlah bayangan pada dua cermin datar. Sekarang kita akan mencoba menggambarkan proses pembentukan bayangan pada objek yang terletak di antara dua cermin datar yang disusun membentuk sudut 60°. Perhatikan gambar diberikut ini.
Cermin ialah keping beling yang salah satu permukaannya sangat halus dan di penggalan belakang Rumus Jumlah Bayangan pada 2 Cermin Datar Membentuk Sudut
melaluiataubersamaini memakai konsep bahwa jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin, maka proses pembetukan bayangan-bayangan pada 2 cermin datar yang disusun membentuk sudut 60° ialah sebagai diberikut.
1) Bayangan 1 ialah bayangan dari objek yang dibuat oleh cermin I, di mana jarak bayangan 1 ke cermin I sama dengan jarak objek ke cermin 1.
2) bayangan 2 ialah bayangan dari objek yang dibuat oleh cermin II.
3) bayangan 1 adalah bayangan dari bayangan 1 yang dibuat oleh cermin II.
4) bayangan 2 adalah bayangan dari bayangan 2 yang dibuat oleh cermin I.
5) bayangan 12 adalah bayangan dari bayangan 1 yang dibuat oleh cermin I atau bayangan dar bayangan 2 yang dibuat oleh cermin II.

melaluiataubersamaini demikian, jumlah bayangan yang dibuat oleh dua cermin datar yang disusun membentuk sudut 60° ialah 5 buah. Oleh lantaran itu, hubungan antara jumlah bayangan dengan sudut apit kedua cermin secara matematis ditetapkan dalam rumus diberikut.
n
=
360°
1
θ

Keterangan:
n = jumlah bayangan
θ = sudut apit kedua cermin

misal Soal dan Pembahasan
Sebuah benda diletakkan di antara dua buah cermin datar yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk sudut sebesar 45°  satu sama lain. Berapakah jumlah bayangan benda yang terbentuk?
Penyelesaian:
Diketahui : θ = 45° 
Ditanya : n = ?
Jawab:
n = (360°/45°)  1
n = 8  1
n = 7 
Jadi, banyaknya bayangan yang terbentuk ialah 7 buah bayangan.

Catatan Penting:
Jika hasil proteksi ialah bilangan desimal, maka sebelum atau setelah dikurang 1, harus dibulatkan ke bawah. Sebagai contoh, apabila sudut apit kedua cermin sebesar 50°, maka jumlah bayangan ialah sebagai diberikut:
n = (360°/50°)  1
n = 7,2  1
n = 6,2
n = 6  

Referensi:

Sumber https://www.fisikabc.com/

Post a Comment for "Rumus Jumlah Bayangan Pada 2 Cermin Datar Membentuk Sudut"