Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Dan Perkembangan Filsafat Timur

Selain di dunia penggalan barat, di penggalan timur juga lahir filsafat yang menawarkan imbas besar pada pemikiran dunia. Kelahiran filsafat timur khususnya di Asia ada di Cina, India, Jepang dan Semenanjung Arab (dikenal nanti dengan filsafat Islam).

Kelahiran filsafat di masing-masing wilayah timur mempunyai imbas besar dari budaya masing-masing kawasan tersebut. Seperti di Cina, filsafat di pengaruhi dua fatwa pemikiran besar yaitu Taoismedan Konfusiusme. Sementara di India lahir filsafa budha dan filsafat hindu. Untuk semenanjung Arab, filsafat islam terbagi menjadi Al Hikmah Al Nazhariyyah / teoritis dan Al Hikmah al Al Amaliyyah / praktek atau perbuatan.

Perbedaan Filsafat Timur dan Filsafat Barat

Jika di barat kelahiran filsafat lebih menekankan kebebasan berpikir, sementara di timur filsafat lebih kental dengan kepercayaan dan agama. Hal ini menyebabkan sedikit pergesekn dengan kelompok post-kolonial.

Kelompok Post-Kolonial menyatakan bahwa filsafat ala timur bukan sebuah filsafat melainkan hanya keaagamaan dan mistis. Namun kelompok lain menyatakan bahwa pada faktanya, saat mengusut sejarah di masa kemudian pemikiran timur telah melahirkan peradaban-peradaban yang besar,memberikan peranan penting pada ilmu pengetahuan dan perkembangan manusia.

Bahkan bangsa Eropa pernah berguru dari kebesaran Ibn Sina, Ibn Rusyd. Tak ada alasan untuk tidak menyebut ini ialah filsafat. Kembali pada tujuan umum filsafat ‘menciptakan kehidupan insan yang lebih baik’, apakah pencapaian tersebut bukan bab dari filsafat? Lebih dekatnya, dapat dilihat dari pola filsafat yang berkembang di beberapa wilayah Asia berikut ini.

Contoh Filsafat Timur

Filsafat India. Filsafat India merupakah salah satu filsafat kuno. Pokok pemikiran filsafat india bahkan lebih akrab pada arti dasar philosophia. Kebijaksanaan, demikianlah arti Philosophia. Ajaran yang dikembangkan akan mengajak insan untuk mempunyai kebahagiaan. Lihat bagaimana Hinduisme dan Budhaisme yang mengajarkan bagaimana menuju jalan kebahagiaan hidup. Selengkapnya : Sejarah dan Perkembangan Filsafat India.
 di penggalan timur juga lahir filsafat yang  menawarkan imbas besar pada pemikiran dunia Sejarah dan Perkembangan Filsafat Timur
Salah satu Bukti Peninggalan Peradaban besar India
Filsafat Cina. Pemikiran yang terbaik dikenal pada era 6 sebelum masehi. Saat Dinasti Chou memimpin di kawasan utara. Lahirlah Kong Fu Tze, Lao Tze, Chuang Tze dan Meng Tze. Tokoh tersebut dikenal sebagai peletak dasar pemikiran filsafat di Cina. Lebih Lengkap : Sejarah dan Perkembangan Filsafat Cina.

Filsafat Islam. Sederhananya pada kejayaan Bani Abbasiyah, Khalifal Al Makmun menerjemahkan literatur filsafat hasil pemikiran orang Yunani. Banyak ilmuan menyerupai Al Kindi, Ibn Sin, Ibn Bajjah dan Ibn Rusy yang berguru perihal filsafat Yunani. Tak hanya berguru dan menerjemahkan, mereka-pun melahirkan pemikiran pemikiran pembaharuan. Sehingga diperoleh kejayaan dan masa keemasan peradaban timur waktu itu. Lebih Lengkap : Sejarah dan Perkembangan Filsafat Islam.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Sejarah Dan Perkembangan Filsafat Timur"