Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Pengertian Alkuna Dan Ciri-Cirinya?


Alkuna ialah deret senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang dalam tiap molekulnya mengandung satu ikatan rangkap 3 diantara dua atom C yang berurutan. Untuk membentuk ikatan rangkap 3 atau 3 ikatan kovalen diharapkan 6 elektron, sehingga tinggal satu elektron pada tiap-tiap atom C tersisa untuk mengikat atom H. Jumlah atom H, yang sanggup diikat berkurang dua, maka rumus umumnya menjadi.

Seperti halnya alkena, alkuna juga memiliki suku pertama dengan harga n = 2, sehingga rumus molekulnya C2H2, sedang rumus strukturnya H–C C-H. Senyawa alkuna tersebut memiliki nama etuna atau dengan nama lazim asetilena. Asetilena ialah suatu gas yang dihasilkan dari reaksi senyawa karbida dengan air dan banyak digunakan oleh tukang las untuk menyambung besi. Reaksinya yaitu sebagai diberikut :



Tata nama alkuna sama dengan alkana atau alkena, bab pertama menunjuk pada jumlah sedang bab kedua yaitu akhiran - una, tetapi suku pertamanya juga memiliki n = 2 mirip alkena. Etuna ialah suku alkuna satu-satunya yang sanggup dibuat. Suku-suku alkuna lain seringdidiberi nama atau dianggap sebagai turunan etuna. Makara propuna disebut metil asetilena.




Ciri-ciri alkuna
1) Hidrokarbon tak jenuh memiliki ikatan rangkap tiga
2) Sifat-sifatnya mirip alkena, tetapi lebih reaktif
3) Pembuatan : CaC2 + H2O C2H2 + Ca(OH)2
4) Sifat-sifat :
a. Suatu senyawaan endoterm, maka praktis meledak
b. Suatu gas, tak berwarna, baunya khas
5) Penggunaan etuna :
a. Pada pengelasan : dibakar dengan O2 memdiberi suhu yang tinggi (± 3000oC), dipakai
    untuk mengelas besi dan baja
6) Untuk penerangan
7) Untuk sintesis senyawa lain

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Pengertian Alkuna Dan Ciri-Cirinya?"