Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Pengertian Objek Tingkat Molekul Dan Sebutkan Apa Saja Jenis Organik Besar Makromolekul?

Objek Tingkat Molekul
Semua makhluk hidup, termasuk kita, insan selalu membutuhkan air untuk kelangsungan hidup.  Tentu kita  sudah mengetahui bahwa air terdiri atas dua atom, yaitu dua atom hidrogen dan satu atom oksigen. Jika dua buah atom atau lebih bergabung melalui reaksi kimia, maka akan terbentuk partikel yang disebut molekul. Jadi, Anda sudah mengetahui bahwa air ialah salah satu teladan molekul.
Tahukah Anda bahwa dalam badan makhluk hidup ada empat unsur yang mendominasinya, yaitu sekitar 99,35% dari jumlah atom, di antaranya ialah hidrogen, karbon, nitrogen, dan oksigen. Penyusun utama organisme ialah air dan senyawa-senyawa karbon. Sekitar 70% berat sel ialah air,
dan apabila air dipisahkan dari sel, maka sekitar 95% berat kering sel ialah senyawa-senyawa karbon yang mencakup 4 jenis molekul organik besar dan sekitar 100 jenis molekul organik kecil, sisanya sebanyak 5% ialah senyawasenyawa anorganik berupa garam-garam mineral. Keempat jenis molekul organik besar sering dinamakan makromolekul yang terdiri atas protein, karbohidrat, lipid, dan asam nukleat.

a.Protein
Tubuh kita sangat memerlukan zat protein. Apa fungsi protein bagi tubuh? Protein bertindak sebagai material pembangun, yaitu pada otot, kulit, dan rambut serta sanggup berfungsi sebagai pengangkut molekul kecil, contohnya hemoglobin yang mengangkut O2. Fungsi paling penting dari protein adalah
sebagai katalis seluruh reaksi dalam sel (enzim-enzim).

b.Karbhohidrat
Karbohidrat sangat dibutuhkan dalam badan kita. Ibarat “bahan bakar” dalam sebuah kendaraan, itulah kegunaan dari karbohidrat, yaitu akan menghasilkan energi bagi badan kita. misal karbohidrat ialah glukosa, selulosa, amilum, dan glikogen.

c.Lipid
Lipid ialah senyawa yang sanggup diekstraksi dari makhluk hidup dengan pelarut organik. Lipid ini mencakup beberapa aspek aneka macam ragam senyawa, termasuk lemak. Apa fungsi lemak? Salah satu jenis lipid ialah fosfolipid yang ialah membran sel. Ada juga jenis lipid yang ialah hormon
seperti steroid, ada pula jenis lipid yang berfungsi sebagai pigmen ibarat karotenoid.

d.Asam Nukleat
Asam nukleat ialah senyawa polimer untuk sintesis protein yang spesifik, yaitu menyimpan gosip genetika yang diwariskan dari generasi ke generasi diberikutnya. Asam ini terdiri atas RNA dan DNA. Keempat jenis makromolekul sudah dipelajari, tetapi sel organisme masih mengandung sekitar 100 jenis molekul organik yang kecil. Beberapa contohnya, antara lain ATP (adenosin trifosfat) yang berfungsi sebagai satuan penyimpan energi kimia, contohnya pembakaran glukosa yang disimpan dalam bentuk molekul ATP.
melaluiataubersamaini mempelajari biologi pada tingkat molekul, kita sanggup mengkaji lebih mendalam ihwal kehidupan ini. Pengkajian biologi tingkat molekul sudah banyak menghasilkan pengetahuan yang bermanfaa, contohnya pengetahuan ihwal gen yang sudah mengungkap beberapa misteri penyakit sehingga sanggup dilakukan tindakan pencegahannya.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Pengertian Objek Tingkat Molekul Dan Sebutkan Apa Saja Jenis Organik Besar Makromolekul?"