Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saj Hal-Hal Yang Mengakibatkan Kerusakan Tanaman Dan Fauna Akhir Aktivitas Manusia?

Berikut ini beberapa hal yang mengakibatkan kerusakan tumbuhan dan fauna tanggapan acara manusia.
a. Pencemaran
Pencemaran lingkungan yakni faktor yang sangat berperan dalam penciptaan kerusakan tumbuhan dan fauna. Zat-zat polutan sudah banyak membunuh tumbuhan dan fauna di darat maupun di perairan. Kini, zat-zat itu semakin menyesaki Bumi tanggapan kemajuan teknologi. Di satu sisi, teknologi memang kita butuhkan tetapi di sisi lain sudah mengakibatkan pencemaran yang sangat membahayakan
kehidupan. Hasil dan sisa-sisa kemajuan teknologi itu sekarang sudah meracuni tanah, air, serta udara. Jadi, teknologi hendaknya diciptakan sedemikian rupa sehingga tetap ramah terhadap lingkungan.

Kita biasa membedakan pencemaran menjadi tiga macam, yaitu pencemaran udara, air, dan tanah. Pembedaan menyerupai itu tidaklah sempurna benar alasannya yakni ketiganya saling berkaitan. Asap pabrik dan kendaraan bermotor melepaskan karbon monoksida ke udara. Terjadilah pencemaran udara. Udara yang terkotori itu naik bercampur dengan uap air, terkondensasi, dan turun sebagai hujan. Air hujan yang sudah terkotori karbon monoksida itu bersifat asam sehingga sering disebut hujan asam. Hujan asam ini bila terkena tumbuhan atau binatang secara pribadi sanggup memperlambat pertumbuhannya dan bahkan membunuhnya. Air hujan yang asam itu juga memasuki air permukaan menyerupai sungai
atau danau dan meracuni tumbuhan serta hewan-hewan air. Sebagian hujan asam itu meresap ke tanah dan meracuni tumbuhtumbuhan. Tumbuhan dan binatang itu bila masih hidup akan menyimpan racun dalam tubuhnya.

Pencemaran air pada jadinya juga mengakibatkan pencemaran udara dan tanah. Zat-zat polutan dalam air yang terkotori akan terurai dan bercampur dengan udara saat berlangsung proses penguapan. Sebagian air yang terkotori juga memasuki tanah sehingga tanah pun ikut tercemar.

Pencemaran tanah pun jadinya juga mengakibatkan pencemaran air dan udara. Zat-zat polutan yang ada di dalam tanah sanggup menguap ke udara, menjadikan bacin yang tidak sedap dan menyesakkan pernapasan. Sebagian zat polutan itu juga memasuki air tanah dan mengisi air sumur, sungai, serta danau.

b. Eksploitasi Hutan
Pengambilan hasil hutan secara besar-bemasukan, cepat atau lambat akan memusnahkan tumbuhan dan fauna tertentu di permukaan Bumi. Beberapa tumbuhan mempunyai pertumbuhan yang sangat lambat
misalnya jati, sehingga untuk memperbaruinya diharapkan waktu yang sangat lama. Ada juga tumbuhan yang spesialuntuk tumbuh pada waktu tertentu contohnya bunga Rafflesia arnoldi.

c. Perburuan LiarBeberapa fauna mempunyai daya tarik tersendiri sehingga mempunyai nilai ekonomis. INI yang mengakibatkan beberapa fauna diburu oleh manusia. Badak diburu oleh insan alasannya yakni diyakini culanya yang bermanfaa sebagai obat. Gajah diburu insan alasannya yakni gadingnya sanggup dipakai sebagai hiasan dan peralatan dengan harga mahal. Cenderawasih diburu alasannya yakni bulunya yang indah. Dan beberapa fauna lagi diburu alasannya yakni alasan tertentu. INI yang mengakibatkan beberapa fauna berada di ambang kepunahan.

d. Penggunaan Pestisida
Dalam pertanian penerapan pestisida dimaksudkan untuk membunuh binatang perusak tanaman. Secara tidak sengaja, pestisida itu juga membunuh binatang yang menguntungkan. Beberapa burung sudah mati tanggapan penerapan pestisida. Burungburung yang tahan terhadap pestisida akan mengalami gangguan reproduksi. Berdasarkan penelitian, pestisida kuat terhadap pembentukan kalsium dalam badan burung. Akibatnya, burung menghasilkan telur yang kulitnya sangat tipis sehingga
bayi burung tidak sanggup bertahan hidup. Langkanya elang jawa diduga kuat juga alasannya yakni penerapan pestisida ini.

e. Penggunaan Pupuk Buatan
Di satu sisi, pupuk buatan berfungsi menyuburkan tanaman. Namun, di sisi lain pupuk sudah berperan
besar terhadap kelangkaan beberapa jenis fauna. Berdasarkan penelitian, para mahir menyimpulkan
bahwa penerapan pupuk sudah mengakibatkan hilangnya beberapa jenis ikan di sungai dan danau.
Bagaimana ini sanggup terjadi? Pupuk yang disebarkan di lahan pertanian tidak tiruananya diserap oleh tanaman. Beberapa di antaranya sudah dihanyutkan air hingga hingga ke sungai dan danau. Pupuk itu menyuburkan tumbuhan air menyerupai eceng gondok hingga pertumbuhannya melampaui batas toleransi. Tanaman ini menyerap oksigen yang dibutuhkan oleh beberapa jenis ikan. Selain itu, eceng
gondok yang membusuk mengakibatkan air bersifat asam. Beberapa jenis ikan yang tidak sanggup bertahan akan mati dan jadinya punah.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Saj Hal-Hal Yang Mengakibatkan Kerusakan Tanaman Dan Fauna Akhir Aktivitas Manusia?"