Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Bagian-Bagian Struktur Utama Diluar Dinding Sel Pada Bakteri?

Bagian- Bagian Struktur Utama di Luar Dinding Sel Struktur utama di luar dinding yaitu flagela, pili, dan kapsul.
1) Flagelum (jamak: Flagela)
Bentuk flagela ibarat rambut yang teramat tipis, mencuat menembus dinding sel, fungsinya untuk pergerakan pada sel bakteri. Flagela terdiri atas tiga bagian, yaitu badan dasar, struktur ibarat kait, dan sehelai filamen panjang di luar dinding sel. Panjangnya beberapa kali lebih panjang dari selnya, tetapi diameternya jauh lebih kecil dari diameter selnya.
Perlu kita ketahui ada beberapa basil yang tidak mempunyai flagelum yang disebut atrik. Berdasarkan letak dan jumlahnya, terdapat empat macam bakteri, yaitu monotorik, (memiliki satu flagelum pada salah satu ujung sel bakteri), lopotrik (memiliki dua/lebih flagela pada salah satu ujung sel bakteri), amfitrik (memiliki dua/lebih flagela di kedua ujung sel bakteri), dan peritrik (memiliki flagela di seluruh permukaan sel bakteri).

2) Pili (Fimbriae)
Bentuknya ibarat filamen, tetapi bukan flagela, banyak terdapat pada basil gram negatif. Ukurannya lebih kecil, lebih pendek, dan lebih banyak dari flagela. Pili ini tidak berfungsi untuk pergerakan, tetapi berfungsi sebagai pintu gerbang masuknya materi genetik selama berlangsungnya perkawinan antarbakteri. Selain itu, pili juga mempunyai fungsi lain, yaitu sebagai alat untuk melekatkan pada banyak sekali permukaan jaenteng binatang atau tumbuhan yang ialah nutriennya. misalnya, Sex pilus.

3) Kapsul
Kapsul ialah suatu materi kental berupa lapisan lendir. Ukurannya dipengaruhi oleh medium kawasan tumbuhnya. Kapsul basil mempunyai arti penting bagi basil maupun organisme lain. Bagi bakteri, kapsul ialah penutup/pelindung dan juga sebagai gudang masakan cadangan. Selain
itu, sanggup pula menambah kemampuan basil untuk menginfeksi.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Saja Bagian-Bagian Struktur Utama Diluar Dinding Sel Pada Bakteri?"