Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Yang Dimaksud Dengan Protista?

Protista diduga sebagai binatang pertama kali yang hidup di dunia ini. Istilah Protista diambil dari bahasa Yunani, yaitu protos yang berarti pertama/mulamula, dan kritos berarti menciptakan/menyusun. Mereka mulai hidup di dunia ini sekitar 1-2 miliar tahun yang lalu, makhluk ini membuat para ilmuwan resah alasannya yakni seolah-olah dengan hewan, tumbuhan, atau jamur. Untuk itulah dibentuk golongan tersendiri, yaitu kingdom Protista.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa binatang ini ialah organisme yang tubuhnya bersel tunggal atau uniseluler, tetapi ada juga yang bersel banyak/multiseluler tetapi spesialuntuk beberapa di antaranya. Teknik hidupnya ada yang membentuk koloni (berkelompok). Bagaimana dengan daerah hidupnya?
Habitat umumnya di daerah yang lembap, contohnya di laut, air tawar, tanah yang lembap, bahkan ada yang hidup di jaenteng organisme lain sehingga binatang ini termasuk organisme akuatik. Bagaimana dengan cara perkembangbiakannya dan cara mendapat makanannya? Untuk mempertahankan
jenisnya, mikroba ini berkembang biak dengan cara membelah diri, contohnya pembelahan biner. Teknik yang demikian ialah perkembangbiakan secara aseksual. Tetapi ada juga yang bereproduksi secara seksual, yaitu dengan penyatuan dua gamet.

Sedangkan cara perkembangbiakan Protista secara seksual dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai diberikut.
1. Isogami (penyatuan dua gamet yang sanggup bergerak/motil yang sama bentuk dan ukurannya).
2. Oogami (penyatuan dua gamet yang tidak bergerak/inmotil yang tidak sama ukuran dan bentuknya).

3. Anisogami (penyatuan dua gamet yang bergerak/motil yang tidak sama ukuran dan bentuknya).''
Bagaimana cara Protista memenuhi kebutuhan makanannya? Pada dikala ada cahaya, mereka membuat makanannya sendiri alasannya yakni mereka mempunyai klorofil sehingga bisa berfotosintesis atau bersifat fotoautotrof dan sebaliknya, pada dikala petang mereka bersifat heterotrof.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apakah Yang Dimaksud Dengan Protista?"