Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Dan Jelaskan Yang Termasuk Faktor Fisik Abiotik Apa Saja?

Yang termasuk faktor fisik (abiotik) yaitu iklim, air, tanah, dan ketinggian tempat.
1. Iklim
Masih ingatkah engkau unsur-unsur iklim? Unsur-unsur iklim tersebut turut kuat terhadap sebaran tumbuhan dan fauna. Unsurunsur iklim tersebut antara lain yaitu suhu, kelembapan udara, curah
hujan, angin, dan penyinaran matahari. Faktor suhu dan kelembapan udara kuat terhadap pertumbuhan fisik tumbuhan. Sinar matahari diharapkan tumbuhan hijau untuk proses fotosintesis.
Sedangkan angin akan memmenolong proses penyerbukan. Perbedaan unsur iklim yang ada di suatu wilayah menimbulkan jenis tumbuhan maupun hewannya juga tidak sama. Indonesia yang terletak di tempat diberiklim tropis mempunyai jenis tumbuhan yang berguaka macam, rindang, dan hijau sepanjang tahun. Hal ini disebabkan curah hujan yang tinggi dan cukup sinar matahari. Berbeda dengan tempat gurun spesialuntuk sedikit tumbuhan dan fauna yang sanggup menyesuaikan diri, contoh: pohon kaktus yang sanggup bertahan lantaran bisa menyimpan air dalam batangnya. Kehidupan fauna juga dipengaruhi oleh iklim. Binatang di tempat gurun akan susah beradaptasi kalau harus hidup di tempat kutub yang diberiklim dingin.

2. Tanah
Tanah ialah media yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Dalam tanah terkandung unsur-unsur yang diharapkan tumbuhan untuk tumbuh. Komposisi tanah umumnya terdiri atas bahan
mineral anorganik, materi organik, udara, dan air. Perbedaan kandungan kadar kimiawi tanah kuat terhadap tingkat kerindangan tanah. Perbedaan jenis tanah menimbulkan perbedaan jenis dan keguakaragaman tumbuhan yang hidup di suatu wilayah. misalnya, di Nusa Tenggara jenis hutannya sabana lantaran tanahnya yang kurang rindang. Bandingkanlah hutan yang rindang di tempat pepegununganan dengan hutan yang berada pada tempat yang mengandung kapur atau tanah liat.

3. Air
Air ialah komponen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Bagi tumbuhan, air diharapkan dalam pertumbuhan, perkecambahan, dan penyebaran biji; bagi binatang dan manusia, air diharapkan sebagai air minum dan masukana hidup lain, contohnya transportasi bagi manusia, dan tempat hidup bagi ikan. Keberadaan air tergantung dari curah hujan yang ada di suatu wilayah. Daerah yang mempunyai curah hujan yang tinggi, keguakaragaman tanamannya lebih banyak dibandingkan dengan tempat yang mempunyai curah hujan rendah. Di tempat tropis, banyak terdapat hutan lebat, pohonnya tinggi-tinggi, dan daunnya hijau sepanjang tahun. Sedangkan di tempat gurun, keguakaragaman tumbuhan dan faunanya lebih sedikit.

4. Tinggi Rendahnya Permukaan Bumi
Ketinggian suatu tempat memilih jenis organisme yang hidup di tempat tersebut. Daerah dengan ketinggian yang tidak sama akan mempunyai kondisi fisik yang tidak sama. Semakin tinggi suatu daerah, semakin rendah suhu di tempat tersebut. Setiap naik 10 meter suhu udara ratarata turun sekitar 0,5°C. Jadi, semakin rendah suatu daerah, semakin gerah suhunya, dan sebaliknya semakin tinggi suatu daerah, semakin cuek tempat tersebut. Perbedaan ketinggian ini menimbulkan keguakaragaman persebaran binatang atau tumbuhan yang ada di suatu wilayah.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Dan Jelaskan Yang Termasuk Faktor Fisik Abiotik Apa Saja?"