Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penawaran Suatu Barang?

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran
Penawaran terhadap suatu barang banyak dipengaruhi oleh banyak sekali hal, di antaranya yaitu sebagai diberikut.

a. Harga barang itu sendiri
Apabila harga suatu barang naik, produsen akan menaikkan jumlah barang yang dihasilkannya. Hal ini akan membawa kita pada aturan penawaran yang menunjukan kekerabatan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan harga barang tersebut.

b. Harga barang lain yang terkait
Harga barang lain yang terkait maksudnya yaitu harga barang substitusi dan harga barang komplementer. Apabila harga barang substitusi naik, penawaran suatu barang akan bertambah. Begitu juga sebaliknya, sementara kalau harga barang komplementer naik, penawaran akan suatu barang akan berkurang.

c. Harga faktor produksi
Pada jumlah anggaran yang tetap, kenaikan harga faktor produksi, menyerupai tingkat upah, harga materi baku, atau kenaikan tingkat bunga modal akan mengakibatkan perusahaan memproduksi output-nya lebih sedikit. Hal ini tentu saja mengakibatkan penawaran barang tersebut berkurang.

d. Biaya produksi
Apabila biaya produksi suatu barang naik, perusahaan akan mengurangi produksinya pada tingkat jumlah anggaran yang tetap. Oleh alasannya yaitu itu, menurunnya tingkat produksi ini tentu saja mengakibatkan penawaran barang tersebut berkurang.

e. Teknologi produksi
Adanya kemajuan pada teknologi produksi sanggup mengakibatkan penurunan biaya produksi dan sanggup membuat barang-barang baru. melaluiataubersamaini demikian, kemajuan teknologi ini sanggup mendorong bertambahnya penawaran terhadap suatu barang.

f. Jumlah pedagang atau penjual
Apabila jumlah pedagang atau penjual suatu barang semakin banyak, secara otomatis jumlah barang yang ditawarkan pun akan semakin bertambah.

3. Hukum Penawaran
Sama halnya menyerupai aturan permintaan, aturan penawaran pun mengatakan kekerabatan antara tingkat harga dengan jumlah barang. Hanya saja, yang dimaksud dengan jumlah barang di sini yaitu jumlah barang yang ditawarkan.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Apa Saja Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penawaran Suatu Barang?"