Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Rpp Plpg Tema Lingkungn Higienis Dan Sehat


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan          :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester              :  1 / 2
Tema / topik                      :  Lingkungan membersihkan dan sehat
Petemuan ke                     :  1
Semester                            :  2   (dua)
Alokasi waktu                   :  1 Hari


A.      KOMPETENSI INTI
1.       Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
2.       Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, mitra dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia

B.      KOMPETENSI DASAR
 AGAMA
1.1   Berdoa sebelum dan setelah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah 
2.1   Memiliki sikap membersihkan badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci

 PPKn
1.2   Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1   Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri  dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3.. Mengenal tata tertib dan hukum yang  berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

   BAHASA INDONESIA
1.1   Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan masukana mencar ilmu di tengah keberagaman bahasa kawasan
2.3   Menunjukkan sikap pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan mencintai makhluk hidup
2.4   Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawaban merawat tubuh biar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki sikap santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui  memanfaatkan bahasa Indonesia dan/atau bahasa kawasan
2.3 Memahami isi dongeng melalui mendengarkan dongeng yang dibacakan orang lain  dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan
4.3   Menyampaikan teks terima kasih terkena sikap kasih akung secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk memmenolong penyajian

     MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan sikap teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, berdiri ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil hingga terbesar
2.4.. Menunjukkan sikap disiplin tepat waktu dalam melaksanakan acara di sekolah dengan memperhatikan gejala ketika jam mencar ilmu dan jam istirahat
3.2.. Mengenal berdiri datar dan berdiri ruang menggunakan benda-benda yang ada  di sekitar   ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk banyak sekali berdiri ruang dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya

     PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
2.2   Menunjukkan sikap santun kepada mitra dan guru selama pembelajaran penjas.

     SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.1   Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
2.1   Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2   Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber wangsit dalam berkarya seni
3.2   Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis


C.      INDIKATOR
 AGAMA
1.       Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.       Mengulang bacaan do’a setelah belajar
3.       Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4.       Menunjukkan sikap patuh kepada orang tua

 PPKn
1.       Menunjukkan sikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2.       Memdiberikan pola sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
3.       Memdiberikan pola sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4.       Melaksanakan tata tertib di sekolah


BAHASA INDONESIA
1.       Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.       Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.       Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri  
4.       Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
5.       Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.       Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
7.       Menyebutkan kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
8.       Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
9.       Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
10.   Menyebutkan urutan peristiwa
11.   Menyebutkan kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
12.   Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13.   Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.   Berposisi duduk secara benar
15.   Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
16.   Memegang teks bacaan dengan tepat

MATEMATIKA
1.       Menata  dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
2.       Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.       Menceritakan bentuk berdiri ruang dan berdiri datar

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.       Mempraktikan gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama

mengenal makanan sehat (mmSENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.       Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2.       Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.       memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama
4.       merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.       menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.       Mengenal judul lagu dan ientengnya

D.      TUJUAN
1.       Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2.       Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3.       Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4.       Menyebutkan kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
5.       Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
6.       Menata  dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
9.       Mempraktikan gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama
10.   Menjelaskan keindahan-keindahan alam wacana kemembersihkanan lingkungan  sebagai anugerah Tuhan


E.       MATERI
  AGAMA
1.       Bacaan do’a sebelum belajar
2.       Bacaan do’a setelah belajar
3.       Sikap berdo’a sebelum belajar
4.       Perilaku patuh kepada orang tua

  PPKn
1.       melaluiataubersamaini mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat  berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2.       melaluiataubersamaini mengamati contoh sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa sanggup berperilaku patuh di sekolah.
3.       misal sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di sekolah.
4.       melaluiataubersamaini mengamati kegiatan sehari-hari siswa sanggup menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah

  BAHASA INDONESIA
1.       Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.       Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.       Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri  
4.       Lafal teks doa dengan jelas
5.       Lafal &  kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.       Waktu mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
7.       kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
8.       lingkungan sehat dan tidak sehat
9.       Nama-nama tempat dalam cerita
10.   Urutan peristiwa
11.   Kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
12.   Lingkungan sehat dan tidak sehat
13.   Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14.   Posisi duduk secara benar
15.   Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
16.   Teks bacaan dengan tepat


  MATEMATIKA
1.       melaluiataubersamaini mengamati cara penataan benda di sekitar, siswa sanggup menata  dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
2.       melaluiataubersamaini mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat  memilih jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.       melaluiataubersamaini mengamati benda siswa sanggup menceritakan bentuk berdiri ruang dan berdiri datar

PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.       Praktik gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama

mengenal makanan sehat (mmSENI, BUDAYA, DAN DESAIN
1.       Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2.       Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.       Lingkungan sekitar secara seksama
4.       Teknik merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.       Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.       Lagu  Lihat Kebunku
                                                                         

F.         PENDEKATAN & METODE
Pendekatan              : Scientific
Strategi                       : Cooperative Learning
Teknik                         : Example Non Example
Metode                      : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu

Penlampauan
1.       Mengajak tiruana siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
2.       Melakukan komunikasi  perihal kehadiran siswa
3.       Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4.       Mengajak Semua Siswa menyanyi  SELAMAT PAGI GURU”
5.       Dilanjutkan dengan bertanya jawaban wacana syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
6.       Meminta isu dari siswa terkena kegiatan piket yang sudah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya wacana relasi antara kemembersihkanan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran.
7.       Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu wacana
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
10 menit

Inti
1.       (OBSERVING) mengamati gambar wacana lingkungan  membersihkan dan sehat  dan lingkungan rumah yang tidak membersihkan /tidak sehat.  (sesuai dengan LKS) eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar rumah sehat mencakup beberapa aspek ciri-ciri:
·         Rumah kecil dengan ventilasi cukup
·         Ada teras rumah
·         Ada halaman cukup
·         Taman mungil yang asri
·         Tidak ada sampah yang bertebaran
·         Di pojok halaman ada peralatan untuk memmembersihkankan halaman (ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat mencakup beberapa aspek ciri-ciri:
·         Tidak mempunyai ventilasi yang cukup
·         Tidak mempunyai teras/berbatasan eksklusif dengan jalan raya
·         Tidak memikliki taman atau tumbuhan hijau
·         Tidak terdapat alat-alat kemembersihkanan
·         Tidak terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari  hasil eksplorasi serta kemampuan  siswa

150 menit


2.       (QUESTIONING) Bertanya jawaban wacana ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat dan tidak sehat,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al:
·         Mendengarkan jawabanan siswa wacana rumah yang membersihkan sehat dan yang tidak membersihkan dan tidak sehat.
·         Memdiberikan peluang kepada siswa lain untuk menjawaban.
·         Pemerataan siswa dalam menjawaban (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja).
·         Memperhatikan siswa lain yang tidak berani mempersembahkan jawabanan.
·         Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawaban dan sikap siswa dalam mempersembahkan penjelasan  perihal benar dan tidaknya jawabanan.



3.       Murid membaca TEKS wacana RUMAHKU (membaca, mendengar) meliputi S: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), (tiruana siswa menirukan cara membaca dengan benar)
4.       Sesudah membaca TEKS dilakukan evaluasi
·         (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
(Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan eksklusif dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain )
5.       (ASOCIOTIING) Murid bertanya jawaban wacana makna bacaan / Teks  ( menalar ) Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang membersihkan dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang membersihkan tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)



6.       Murid membentuk kelompok  berdasarkan mitra satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor ialah penanda dari kelompok)
7.       Masing-masing siswa mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang membersihkan). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
8.       Murid berelaborasi dengan mitra sebangku wacana rumah yang membersihkan dan sehat dengan rumah yang tidak sehat, (rumah yang membersihkan tidak harus besar menginditifikasikan hasil identifikasi kepada mitra sebangku (mengkomunikasikan)
9.       Sesudah tercapai komitmen dengan mitra sebangku, siswa mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share)




Penilaian proses:
a.       Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b.      Menilai kerjasamanya, tanggung jawabannya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb)
c.       Menilai dengan lembar pengamatan perilaku.



Gambar-gambar untuk Example non Example
Kelompok gambar kemembersihkanan kelas
·         Gambar kegiatan menyapu kelas
·         Gambar kegiatan memmembersihkankan debu
·         Gambar kegiatan menata buku
·         Memmembersihkankan jendela kelas
  
Kelompok gambar kemembersihkanan rumah
·         Gambar kegiatan menyapu rumah
·         Gambar kegiatan mengepel lantai
·         Gambar kegiatan menata tempat pulas
·         Gambar kegiatan  memmembersihkankan/menyapu kebun

Kelompok  gambar kemembersihkanan lingkungan/kerja bakti kampung
  • Gambar kegiatan memmembersihkankan selokan
  • Gambar kegiatan memmembersihkankan sampah di jalanan
  • Gambar kegiatan memmembuang sampah
  • Gambar kegiatan merawat tumbuhan peneduh

Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kemembersihkanan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan memmembersihkankan lingkungan ialah cerminan dari kerukunan dan saling memmenolong, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan balasannya ialah cerminan dari sikap bertanggung jawaban.




10.   Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
11.   Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
12.   Kelompok lain untuk mendengarkan dan mempersembahkan pendapatnya



13.   Murid bersama guru  berdiri dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku  (boleh menggunakan bentuk lain, menggambar, menari atau yang lainnya) untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah mencar ilmu beberapa jam:
·         Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·         Memdiberi pola sikap yang benar dalam menyanyi
·         Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·         Menggunakan format pengamatan



14.   Siswa bertanya jawaban wacana makna lagu.  (Bahwa salah satu efek dari rumah yang tidak sehat, ialah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, menhadirkan penyakit). Dsb



15.   siswa menceritakan (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan) Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses)




16.   Guru dan siswa tolong-menolong siswa membuat kesimpulan wacana rumah yang membersihkan dan sehat


17.   Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang



Dilanjutkan dengan menasehati siswa biar membiasakan hidup sehat


Penutup
1.       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari
15 menit

2.       Bertanya jawaban wacana materi yang sudah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.       Melakukan evaluasi hasil belajar


4.       Mengajak tiruana siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)



  • Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb)
  • Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, maka setelah selesai kegiatan berdo’a, eksklusif didiberi nasehat biar besok kalau berdoa lebih disempurnakan







H.                 SUMBER DAN MEDIA
·         Diri anak
·         Lingkungan keluarga
·         Lingkungan sekolah
·         Buku Tematik Kelas I
·         Buku Pengembangan Diri Anak
·         Video/slide/gambar wacana metode cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
·         Gambar/contoh eksklusif karya cetak  dengan banyak sekali materi alam dan bentuk
·         Gambar/contoh eksklusif hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan banyak sekali bentuk pola dan alur sederhana
·         Buku kirigami (seni mengunting)
·         Buku Pengembangan Diri Anak

I.          PENILAIAN

  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran semenjak dari kegiatan awal hingga dengan kegiatan akhir

b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen evaluasi hasil mencar ilmu dengan tes tulis dan verbal (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk

b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda
·       Isian singkat
·       Esai atau uraian


Mengetahui                                                                                                       Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,                                                                                              




....................................................                                                           ...............................................                                                
NIP .............................................                                                            NIP  ........................................





PENILAIAN NON TES:

A.        Penilaian Kinerja
1.        Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok

No.
Nama Peserta Didik
Aspek
Jumlah
Nilai
Kerja sama
Keaktifan
Menghargai pendapat kawan
Tanggung jawaban









































Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik

Skor terbaik=16

                            Skor perolehan
Nilai     =                                             X  100
                            Skor Maksimal
 


2.        Penilaian Kinerja dalam menuntaskan kiprah Presentasi

No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Komuni-kasi
Sistematika penyampaian
Penguasaan pengetahuan/Materi
Keberanian
Antusi-as























































Keterangan Skor :
                                                               
Komunikasi:                                                                                                   Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak sanggup berkomunikasi                                                               1 = Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi susah dimengerti                       2 = Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi kurang terang dimengerti                   3 = Sistematis, uraian cukup
4 = Komunikasi  sangat lancar, benar dan terang                                4 = Sistematis, uraian luas, jelas

Wawasan:                                                                                                       Keberanian:
1 =  Tidak mengatakan pengetahua/ materi                                  1 = Tidak ada keberanian
2 =  Sedikit  memiliki pengetahuan/materi                                        2 = Kurang berani
3 =  Memiliki pengetahuan/materi  tetapi kurang luas                 3 = Berani
4 =  Memeiliki pengetahuan/materi yang  luas                                4 = Sangat berani

Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol

Skor terbaik=20

                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                         X  100
                                        Skor Maksimal
                                       

B.        Penilaian Produk
1. PRODUK GAMBAR  BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG

No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Ketepatan menentu kan benda dengan persegi
Ketepatan menggam-bar persegi
Banyaknya benda dan gambar yang dibuat
Kerapian









































Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik


Aspek ke-3
1=Jika mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi ≥5


Skor terbaik=10

                                        Skor perolehan
Nilai     =                                                         X  100
                                        Skor Maksimal
MEDIA: LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT (Benda Yang Terkait melaluiataubersamaini Lingkungan Bersih Dan Sehat seperti: Tempat Sampah, Tempat Kapur, Tempat Pensil tempat penghapus, Papan Tulis dsb )


























 






































 




Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Contoh Rpp Plpg Tema Lingkungn Higienis Dan Sehat"