Contoh Rpp Plpg Tema Lingkungn Higienis Dan Sehat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik : Lingkungan membersihkan dan sehat
Petemuan ke : 1
Semester : 2 (dua)
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, mitra dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak diberiman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
AGAMA
1.1 Berdoa sebelum dan setelah belajar, sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah
2.1 Memiliki sikap membersihkan badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
PPKn
1.2 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli, dan percaya diri dalam diberinteraksi dengan keluarga, kawan, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3.. Mengenal tata tertib dan hukum yang berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan masukana mencar ilmu di tengah keberagaman bahasa kawasan
2.3 Menunjukkan sikap pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat yang cukup) dan mencintai makhluk hidup
2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawaban merawat tubuh biar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki sikap santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui memanfaatkan bahasa Indonesia dan/atau bahasa kawasan
2.3 Memahami isi dongeng melalui mendengarkan dongeng yang dibacakan orang lain dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan
4.3 Menyampaikan teks terima kasih terkena sikap kasih akung secara berdikari dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa kawasan untuk memmenolong penyajian
MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan sikap teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, berdiri ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil hingga terbesar
2.4.. Menunjukkan sikap disiplin tepat waktu dalam melaksanakan acara di sekolah dengan memperhatikan gejala ketika jam mencar ilmu dan jam istirahat
3.2.. Mengenal berdiri datar dan berdiri ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk banyak sekali berdiri ruang dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
2.2 Menunjukkan sikap santun kepada mitra dan guru selama pembelajaran penjas.
SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.1 Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
2.1 Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber wangsit dalam berkarya seni
3.2 Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis
C. INDIKATOR
AGAMA
1. Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2. Mengulang bacaan do’a setelah belajar
3. Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4. Menunjukkan sikap patuh kepada orang tua
PPKn
1. Menunjukkan sikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2. Memdiberikan pola sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
3. Memdiberikan pola sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4. Melaksanakan tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1. Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2. Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri
4. Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
5. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6. Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
7. Menyebutkan kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
8. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
9. Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
10. Menyebutkan urutan peristiwa
11. Menyebutkan kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
12. Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14. Berposisi duduk secara benar
15. Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
16. Memegang teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1. Menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
2. Memilih jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3. Menceritakan bentuk berdiri ruang dan berdiri datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Mempraktikan gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama
SENI BUDAYA, DAN PRAKARYA
1. Memiliki kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2. Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3. memperhatikan lingkungan sekitar secara seksama
4. merawat lingkungan sekitar secara sadar
5. menunjukkan kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Mengenal judul lagu dan ientengnya
D. TUJUAN
1. Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2. Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4. Menyebutkan kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
5. Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
6. Menata dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
9. Mempraktikan gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama
10. Menjelaskan keindahan-keindahan alam wacana kemembersihkanan lingkungan sebagai anugerah Tuhan
E. MATERI
AGAMA
1. Bacaan do’a sebelum belajar
2. Bacaan do’a setelah belajar
3. Sikap berdo’a sebelum belajar
4. Perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1. melaluiataubersamaini mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawaban, santun, peduli/kasih akung, dan percaya diri) dalam diberinteraksi dengan guru
2. melaluiataubersamaini mengamati contoh sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di rumah, siswa sanggup berperilaku patuh di sekolah.
3. misal sikap sikap patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di sekolah.
4. melaluiataubersamaini mengamati kegiatan sehari-hari siswa sanggup menceritakan pelaksanaan tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1. Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2. Sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3. Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada ketika berdoa sendiri
4. Lafal teks doa dengan jelas
5. Lafal & kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6. Waktu mandi, makan, sikat gigi dan basuh tangan.
7. kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
8. lingkungan sehat dan tidak sehat
9. Nama-nama tempat dalam cerita
10. Urutan peristiwa
11. Kebutuhan tubuh biar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/pulas yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan membersihkan.
12. Lingkungan sehat dan tidak sehat
13. Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang tepat
14. Posisi duduk secara benar
15. Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
16. Teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1. melaluiataubersamaini mengamati cara penataan benda di sekitar, siswa sanggup menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
2. melaluiataubersamaini mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat memilih jenis tas, wadah atau tempat yang dipakai untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3. melaluiataubersamaini mengamati benda siswa sanggup menceritakan bentuk berdiri ruang dan berdiri datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1. Praktik gerak melangkah ke banyak sekali arah diberirama
SENI, BUDAYA, DAN DESAIN
1. Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2. Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3. Lingkungan sekitar secara seksama
4. Teknik merawat lingkungan sekitar secara sadar
5. Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6. Lagu Lihat Kebunku
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu | |
Penlampauan | 1. Mengajak tiruana siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) 2. Melakukan komunikasi perihal kehadiran siswa 3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak 4. Mengajak Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU” 5. Dilanjutkan dengan bertanya jawaban wacana syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi 6. Meminta isu dari siswa terkena kegiatan piket yang sudah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya wacana relasi antara kemembersihkanan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran. 7. Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu wacana “LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT” | 10 menit | |
Inti | 1. (OBSERVING) mengamati gambar wacana lingkungan membersihkan dan sehat dan lingkungan rumah yang tidak membersihkan /tidak sehat. (sesuai dengan LKS) eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar) Gambar rumah sehat mencakup beberapa aspek ciri-ciri: · Rumah kecil dengan ventilasi cukup · Ada teras rumah · Ada halaman cukup · Taman mungil yang asri · Tidak ada sampah yang bertebaran · Di pojok halaman ada peralatan untuk memmembersihkankan halaman (ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll) Gambar rumah tidak sehat mencakup beberapa aspek ciri-ciri: · Tidak mempunyai ventilasi yang cukup · Tidak mempunyai teras/berbatasan eksklusif dengan jalan raya · Tidak memikliki taman atau tumbuhan hijau · Tidak terdapat alat-alat kemembersihkanan · Tidak terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa | 150 menit | |
2. (QUESTIONING) Bertanya jawaban wacana ciri-ciri rumah dan halaman yang sehat dan tidak sehat, (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al: · Mendengarkan jawabanan siswa wacana rumah yang membersihkan sehat dan yang tidak membersihkan dan tidak sehat. · Memdiberikan peluang kepada siswa lain untuk menjawaban. · Pemerataan siswa dalam menjawaban (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja). · Memperhatikan siswa lain yang tidak berani mempersembahkan jawabanan. · Mendorong keberanian siswa dalam menjawaban dan sikap siswa dalam mempersembahkan penjelasan perihal benar dan tidaknya jawabanan. | |||
3. Murid membaca TEKS wacana RUMAHKU (membaca, mendengar) meliputi S: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/ mendengar), (tiruana siswa menirukan cara membaca dengan benar) 4. Sesudah membaca TEKS dilakukan evaluasi · (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca) (Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan eksklusif dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain ) 5. (ASOCIOTIING) Murid bertanya jawaban wacana makna bacaan / Teks ( menalar ) Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta membandingkan rumah yang membersihkan dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri, (rumah yang membersihkan tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar) | |||
6. Murid membentuk kelompok berdasarkan mitra satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor ialah penanda dari kelompok) 7. Masing-masing siswa mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang membersihkan). (eksplorasi, elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan) 8. Murid berelaborasi dengan mitra sebangku wacana rumah yang membersihkan dan sehat dengan rumah yang tidak sehat, (rumah yang membersihkan tidak harus besar menginditifikasikan hasil identifikasi kepada mitra sebangku (mengkomunikasikan) 9. Sesudah tercapai komitmen dengan mitra sebangku, siswa mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share) | |||
Penilaian proses: a. Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas. b. Menilai kerjasamanya, tanggung jawabannya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb) c. Menilai dengan lembar pengamatan perilaku. | |||
Gambar-gambar untuk Example non Example Kelompok gambar kemembersihkanan kelas · Gambar kegiatan menyapu kelas · Gambar kegiatan memmembersihkankan debu · Gambar kegiatan menata buku · Memmembersihkankan jendela kelas Kelompok gambar kemembersihkanan rumah · Gambar kegiatan menyapu rumah · Gambar kegiatan mengepel lantai · Gambar kegiatan menata tempat pulas · Gambar kegiatan memmembersihkankan/menyapu kebun Kelompok gambar kemembersihkanan lingkungan/kerja bakti kampung
Keterangan: Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kemembersihkanan lingkungan, ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan memmembersihkankan lingkungan ialah cerminan dari kerukunan dan saling memmenolong, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan balasannya ialah cerminan dari sikap bertanggung jawaban. | |||
10. Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari. 11. Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi), 12. Kelompok lain untuk mendengarkan dan mempersembahkan pendapatnya | |||
13. Murid bersama guru berdiri dan menyanyikan lagu “banyak nyamuk dirumahku” (boleh menggunakan bentuk lain, menggambar, menari atau yang lainnya) untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah mencar ilmu beberapa jam: · Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu · Memdiberi pola sikap yang benar dalam menyanyi · Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb) · Menggunakan format pengamatan | |||
14. Siswa bertanya jawaban wacana makna lagu. (Bahwa salah satu efek dari rumah yang tidak sehat, ialah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, menhadirkan penyakit). Dsb | |||
15. siswa menceritakan (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan) Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses) | |||
16. Guru dan siswa tolong-menolong siswa membuat kesimpulan wacana rumah yang membersihkan dan sehat | |||
17. Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang | |||
Dilanjutkan dengan menasehati siswa biar membiasakan hidup sehat | |||
Penutup | 1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehari | 15 menit | |
2. Bertanya jawaban wacana materi yang sudah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 3. Melakukan evaluasi hasil belajar | |||
4. Mengajak tiruana siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) | |||
|
H. SUMBER DAN MEDIA
· Diri anak
· Lingkungan keluarga
· Lingkungan sekolah
· Buku Tematik Kelas I
· Buku Pengembangan Diri Anak
· Video/slide/gambar wacana metode cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
· Gambar/contoh eksklusif karya cetak dengan banyak sekali materi alam dan bentuk
· Gambar/contoh eksklusif hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan banyak sekali bentuk pola dan alur sederhana
· Buku kirigami (seni mengunting)
· Buku Pengembangan Diri Anak
I. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran semenjak dari kegiatan awal hingga dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen evaluasi hasil mencar ilmu dengan tes tulis dan verbal (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan ganda
· Isian singkat
· Esai atau uraian
Mengetahui Guru Kelas 1
Kepala Sekolah,
.................................................... ...............................................
NIP ............................................. NIP ........................................
PENILAIAN NON TES:
A. Penilaian Kinerja
1. Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok
No. | Nama Peserta Didik | Aspek | Jumlah | Nilai | |||
Kerja sama | Keaktifan | Menghargai pendapat kawan | Tanggung jawaban | ||||
Keterangan Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
Skor terbaik=16
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
2. Penilaian Kinerja dalam menuntaskan kiprah Presentasi
No. | Nama Peserta Didik | A s p e k | Jumlah Skor | Nilai | ||||
Komuni-kasi | Sistematika penyampaian | Penguasaan pengetahuan/Materi | Keberanian | Antusi-as | ||||
Keterangan Skor :
Komunikasi: Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak sanggup berkomunikasi 1 = Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi susah dimengerti 2 = Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi kurang terang dimengerti 3 = Sistematis, uraian cukup
4 = Komunikasi sangat lancar, benar dan terang 4 = Sistematis, uraian luas, jelas
Wawasan: Keberanian:
1 = Tidak mengatakan pengetahua/ materi 1 = Tidak ada keberanian
2 = Sedikit memiliki pengetahuan/materi 2 = Kurang berani
3 = Memiliki pengetahuan/materi tetapi kurang luas 3 = Berani
4 = Memeiliki pengetahuan/materi yang luas 4 = Sangat berani
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol
Skor terbaik=20
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
B. Penilaian Produk
1. PRODUK GAMBAR BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG
No. | Nama Peserta Didik | A s p e k | Jumlah Skor | Nilai | |||
Ketepatan menentu kan benda dengan persegi | Ketepatan menggam-bar persegi | Banyaknya benda dan gambar yang dibuat | Kerapian | ||||
Keterangan Skor: Aspek ke-1 dan ke-2 1=Kurang 2=Cukup 3=Baik 4=Sangat Baik | Aspek ke-3 1=Jika mengidentifikasi 3 -4 2=Jika mengidentifikasi ≥5 |
Skor terbaik=10
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
MEDIA: LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT (Benda Yang Terkait melaluiataubersamaini Lingkungan Bersih Dan Sehat seperti: Tempat Sampah, Tempat Kapur, Tempat Pensil tempat penghapus, Papan Tulis dsb )
Post a Comment for "Contoh Rpp Plpg Tema Lingkungn Higienis Dan Sehat"