Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Bagaimanakah Cara Memakai Mikroskop Dengan Benar?

Bagaimanakah cara memakai mikroskop dengan benar? Untuk sanggup memakai mikroskop dengan benar perhatikan langkahlangkah sebagai diberikut:

a . Menemukan lapang pandang dengan mengatur penyinaran
Untuk menghasilkan lapang pandang ialah dengan mengatur cermin sambil melihat lensa okuler semoga sinar masuk ke diafragma, sehingga menghasilkan pemantulan yang optimal. Bagian yang terang berbentuk lingkaran dinamakan lapang pandang.

b . Mengatur serius mikroskop atau bayangan dengan perbemasukan lemah
Letakkan preparat di atas meja preparat, dijepit dengan penjepit sambil mengamati mikroskop dari samping tabung mikroskop diturunkan dengan pemutar kasar, lakukan secara hati-hati hingga
lensa adil tidak menyentuh preparat. Kemudian lihatlah melalui lensa okuler dan dengan perlahan-lahan naikkanlah tabung mikroskop sehingga objek terlihat jelas. Sesudah objek tampak,
putarlah pemutar halus ke depan atau ke belakang sehingga mendapat bayangan sebaik-baiknya. Perbemasukan mikroskop diperoleh dengan cara mengalikan angka pada lensa adil dengan
angka yang tertera pada lensa okuler. Misalnya 5x lensa adil 10x lensa okuler maka perbemasukannya 50x.

c . Mengatur serius mikroskop (bayangan dengan perbemasukan kuat)
Untuk memperoleh bayangan, sanggup dilakukan dengan mengubah lensa adil yang mempunyai perbemasukan lemah dengan yang lebih kuat. Misalnya lensa adil perbemasukan 5x sanggup diganti dengan 10x atau 40x dengan memutar revolver hingga terdengar bunyi terdetak. Pemutar halus diputar ke depan atau ke belakang semoga diperoleh objek yang lebih jelas.

d . Mengatur Mikroskop dengan posisi disimpan
Sesudah mikroskop final digunakan, aturlah mikroskop dengan posisi siap disimpan dengan cara sebagai diberikut :
1) Tabung mikroskop dinaikkan.
2) Preparat diambil.
3) Lensa adil terlemah diturunkan serendah-rendahnya diputar persis hingga lubang meja mikroskop.
4) Diafragma ditutup kembali.
5) Kondensor diturunkan dan cermin dalam posisi tegak.
6) Angkat mikroskop dengan hati-hati ajun memegang lengan mikrokop dan topang kaki mikroskop dengan tangan kiri kemudian masukkan ke tempatnya dan dikunci.


Teknik membuat preparat:
1) Membuat preparat tanpa penyayatan:
Untuk membuat preparat berair tanpa penyayatan, contohnya pada waktu pengamatan mikroorganisme yang ada dalam air. Tekniknya: air yang akan diamati, diambil dengan pipet tetes dan tempatkan pada beling obyektif dan tutup dengan beling penutup, amati dengan mikroskop.

2) Membuat preparat dengan penyayatan:
Membuat preparat pada organ badan organisme, contohnya penampang daun, batang, akar, otot dan lain-lain Tekniknya: menyayat organ setipis mungkin, untuk membuat akutan yang baik dan tipis dengan alat yang disebut mikrotom, tetapi jikalau tidak mempunyai mikrotom sanggup dengan memakai silet yang tajam.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Bagaimanakah Cara Memakai Mikroskop Dengan Benar?"