Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Ciri-Ciri Demokratisasi Menuju Terbentuknya Masyarakat Madani?

Demokratisasi ialah proses menuju terbentuknya masyarakat madani. Pada dasarnya, demokratisasi yang ialah proses menuju terbentuknya masyarakat madani mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut.
a. Berlangsung Secara Evolusioner
Demokratisasi berlangsung dalam waktu yang lama. Demokratisasi berjalan secara perlahan, bertahap, bab demi bagian. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa berbagi nilai demokrasi dan membentuk lembaga-lembaga demokrasi tidak sanggup dilakukan secepat mungkin.

b. Proses Perubahan Secara Persuasif dan Koersif
Demokratisasi dilakukan bukan dengan paksaan, kekerasan, atau tekanan. Proses menuju demokrasi dilakukan dengan musyawarah dan melibatkan setiap masyarakat negara. Perbedaan pandangan diselesaikan dengan baik tanpa kekerasan. Mengapa demikian? Hal ini alasannya yakni sikap pemaksaan, pembakaran, dan perusakan bukan cara yang demokratis.

c. Proses yang Tidak Pernah Selesai
Demokratisasi ialah proses yang berlangsung terusmenerus. Demokrasi yakni sesuatu yang ideal yang tidak sanggup tercapai. Negara yang benar-benar demokrasi tidak ada, tetapi negara sedapat mungkin mendekati kriteria demokrasi. Bahkan, suatu pemerintah negara demokrasi sanggup jatuh dalam pemerintah otoriter. Itulah proses demokratisasi menuju masyarakat madani. Demokratisasi memang tidak sanggup dipisahkan dengan pembentukan masyarakat madani. Mengapa demikian? Demokrasi yakni prosedur dari masyarakat madani. Hal ini berarti bahwa proses melaksanakan demokrasi ialah jalan bagi terbentuknya masyarakat madani. Jika demokrasi sanggup diwujudkan berarti masyarakat sanggup menemukan kebebasan dan kemandirian dalam melaksanakan aktivitasnya. Masyarakat juga berpartisipasi aktif dan mengawasi atau mengontrol jalannya pemerintahan. Selain itu, masyarakat mempunyai tanggung tanggapan terhadap penyelenggaraan berbangsa dan bernegara dengan senantiasa berperilaku sesuai dengan norma dan aturan yang sudah diputuskan bersama. Ciri-ciri demikian intinya ialah ciri dari masyarakat madani. melaluiataubersamaini demikian, keberhasilan dalam mewujudkan kehidupan demokratis mencerminkan keberhasilan dalam mewujudkan masyarakat madani.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Ciri-Ciri Demokratisasi Menuju Terbentuknya Masyarakat Madani?"