Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebutkan Sembilan Hal Yang Terdapat Dalam Prinsip-Prinsip Good Governance?

Ada sembilan hal yang terdapat dalam prinsipprinsip good governance, adalah sebagai diberikut.

a. Partisipasi masyarakat
Semua masyarakat masyarakat mempunyai hak bunyi dalam pengambilan keputusan, baik secara pribadi maupun tidak pribadi (melalui lembagalembaga perwakilan yang sah).

b. Tegaknya supremasi hukum
Segala hukum, termasuk aturan HAM, harus bersikap adil dan berlaku sama terhadap setiap orang atau masyarakat negara.

c. Keterbukaan
Seluruh informasi, baik pemerintahan maupun nonpemerintahan serta gosip lan, harus sanggup diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan gosip yang tersedia harus memadai biar sanggup dimengerti dan dipantau.

d. Peduli pada stokeholder
Pelayanan tiruana pihak yang berkepentingan harus dilakukan tanpa diskriminasi atau perbedaan proses birokrasi.
 
e. Berorientasi pada konsensus
Berusaha seoptimal mungkin menjembatani kepentingan-kepentingan yang tidak sama demi terbangunnya konsensus yang disahkan bersama.

f. Kesetaraan
Semua masyarakat negara mempunyai peluang yang sama untuk memperbaiki atau mempertahankan kesejahteraan sewajarnya (inklusivitas).

g. Efektivitas dan efisiensi
Proses-proses pemerintahan dan lembaga-lembaga bisa mengorganisasikan dan memakai sumber-sumber daya yang ada seoptimal mungkin.

h. Akuntabilitas
Para pengambil keputusan, baik di pemerintahan, swasta, ataupun organisasi-organisasi di masyarakat, bertanggungjawaban kepada masyarakat maupun lembaga-lembaga yang berkepentingan.

i. Visi strategis
Para pemimpin dan masyarakat mempunyai perspektif yang luas dan jauh ke depan terkena tata pemerintahan yang baik dan pembangunan manusia, kepekaan terhadap apa saja yang diharapkan untuk mewujudkan perkembangan perspektif tersebut, memahami atas kompleksitas kesejahteraan, budaya, dan sosial.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Sebutkan Sembilan Hal Yang Terdapat Dalam Prinsip-Prinsip Good Governance?"