Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Kasatmata Dan Negatif Dari Potensi Keanekaragaman Seni Di Indonesia

Pada hakikatnya setiap kawasan mempunyai potensi seni yang bisa dikembangkan secara luas. Permasalahannya terletak pada bagaimana cara menggali potensi seni yang ada dan upaya pengembangannya.

Jika kita melaksanakan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat kecil di sekitar kita, kehidupan para pemulung, contohnya sebetulnya merekalah ujung tombak yang membuka peluang untuk menggali potensi seni yang ada. Mengapa demikian?

Para pemulung ialah pemasok materi baku yang diharapkan industri-industri kecil yang tak lain ialah bentuk seni kerajinan masyarakat. 

Melalui kreativitas dan sentuhan teknologi, sampah sanggup diubah menjadi barang produksi yang mengandung nilai ekonomi jauh dari nilai materi baku tiruanla. 

Munculnya industri kecil yang bergerak di bidang kerajinan dengan bermodalkan materi baku sampah, sudah memmenolong pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan di sektor informal. 

Hal itu akan bisa menaikkan sektor pendapatan masyarakat, di samping memmenolong mengatasi duduk kasus sampah.

Tanah air Indonesia dikenal sebagai tanah yang kaya-raya dan alamnya banyak mengandung potensi untuk dikembangkan dan dikelola. Namun kenyataannya, Indonesia termasuk negara dengan pendapatan per kapita yang sangat rendah.

Dampak Positif

Keguakaragaman kesenian yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia akan membawa dampak positif. Dampak positif adanya keguakaragaman kesenian, antara lain sebagai diberikut.

a. Sebagai sumber devisa negara

Salah satu daya tarik Indonesia bagi wisatawan mancguagara ialah keguakaragaman seni budaya. Oleh alasannya itu, potensi seni yang dikembangkan secara proporsional dan profesional akan menghasilkan karya seni eksotis yang bisa menarikdanunik minat wisatawan ajaib untuk berkunjung ke Indonesia. Kunjungan wisatawan mancguagara ke Indonesia meningkatkan pendapatan negara.

b. Sebagai sumber kesejahteraan masyarakat

Pengembangan seni lukis membuka peluang perjuangan bagi penduduk. Pengembangan potensi seni lukis dan seni kerajinan ialah peluang perjuangan yang bisa memproduksi barang-barang kerajinan dan seni yang sanggup diekspor ke mancguagara.

c. Sebagai identitas bangsa

Pengembangan potensi seni yang ada di Indonesia sanggup diarahkan sebagai bentuk karya identitas bangsa Indonesia.

Dampak Negatif

Perkembangan seni yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat Indonesia cenderung banyak dipengaruhi oleh masuknya seni ajaib terutama seni budaya barat. Hal itu membawa dampak negatif berupa:
  1. semakin rendahnya apresiasi masyarakat khususnya generasi muda terhadap potensi seni tradisional,
  2. kurangnya perhatian terhadap perkembangan potensi seni tradisional menjadikan beberapa bentuk kesenian tradisional makin langka. 

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Dampak Kasatmata Dan Negatif Dari Potensi Keanekaragaman Seni Di Indonesia"