Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Atau Definisi Globalisasi Secara Umum

Dibawah ini akan dijelaskan secara singkat terkena globalisasi, pengertian globalisasi, definisi globalisasi, jelaskan pengertian globalisasi, pengertian globalisasi secara umum.

Pengertian Globalisasi

Masa kini sering disebut sebagai kurun globalisasi. Banyak hal yang terjadi atau berlaku di suatu daerah sanggup dengan begitu cepat mendunia.

Globalisasi sanggup diartikan pula sebagai fenomena yang menjadikan dunia semakin mengecil dari segi interaksi kekerabatan antara sesama manusia. 

Pada dikala yang sama, globalisasi dimaknai sebagai suatu proses kehidupan yang sangat luas dan mempengaruhi banyak sekali aspek kehidupan baik politik, sosial, ekonomi, teknologi, bahasa, budaya, ideologi, serta segenap aspek kehidupan masyarakat lainnya. 

Globalisasi juga merujuk kepada perpindahan nilai, utamanya mempengaruhi cara berpikir dan gaya bertindak dari satu negara kepada negara yang lain. 

Pada masa kini gelombang globalisasi tidak sanggup dibendung apalagi dihindari. Semua bangsa di dunia mau tidak mau dan suka tidak suka terlibat di dalamnya.

Sebagai contoh, suasana sepak bola Piala Eropa, suasana “Gila Bola” atau “Sepak Bola Mania“ itu tidak spesialuntuk mewarnai masyarakat Eropa di mana dilangsungkan pertandingan. 

Tetapi sepak bola mania juga mewarnai masyarakat di banyak sekali negara di dunia termasuk Indonesia
baik di kota-kota hingga pelosok desa, tiruananya terjangkiti “Gila Bola“.

Kata globalisasi berasal dari kata “globe“ yang berarti bola bumi buatan atau peta bumi menyerupai bola. Makara globalisai sanggup diartikan sebagai tindakan yang mendunia. 

Artinya dunia yang begitu luas dan jarak antarnegara yang begitu jauh, kini dikecilkan atau seperti menjadi kecil. 

Seolah-olah tidak ada lagi batas-batas geografi antarnegara yang satu dengan negara yang lain. Dunia yang begitu luas yang dihuni makluk hidup ini, seperti dimiliki satu bangsa saja yaitu satu bangsa dunia atau masyarakat dunia.

Lodge mendefinisikan globalisasi sebagai sebuah proses yang dikuasai oleh pedoman informasi, perdagangan, dan insan yang mengglobal. Proses ini dipercepat oleh perkembangan pengetahuan dan teknologi. 

Kennedy dan Cohen sebut bahwa transformasi yang terjadi dikala ini sudah membawa kita pada paham akal nasional yang memperlakukan seluruh dunia sebagai lingkungan yang pantas untuk imbas politik, ialah sebuah kesadaran dan pemahaman gres bahwa dunia yakni satu.

Zaman globalisasi ditandai dengan semakin kecilnya kendala dalam berkomunikasi antarmasyarakat di dunia.

Batas-batas negara atau jauhnya daerah yang satu dengan lainnya tidak lagi menjadi kendala yang berarti bagi berlangsungnya komunikasi dan juga pertemuan antarmasyarakat masyarakat. 

Seluruh umat insan di dunia praktis untuk saling memperhatikan, mengetahui, dan membentuk pandangan bersama terkena masalah-masalah yang dihadapi.

Zaman kini juga disebut kurun iptek. Iptek menjadi faktor yang mempengaruhi kehidupan. Iptek ialah faktor penentu dalam kehidupan, bahkan menjadi faktor penentu keberadaan dan kemajuan masyarakat.

Untuk menghadapi kurun globalisasi dan penerapan iptek diharapkan adanya perilaku bijaksana, yaitu kesediaan untuk membuka diri dan sekaligus waspada. 

Artinya, kita berani mendapatkan imbas globalisasi dan penerapan iptek tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa yang mempunyai keunikan tersendiri.

Bagi bangsa Indonesia jati diri yakni nilai-nilai dan norma-norma yang sudah membentuk kita sebagai bangsa yaitu Pancasila. 

Pancasila ialah ukuran atau norma guna memilih penerimaan atau penolakan imbas globalisasi dan penerapan iptek.

Pancasila ialah pandangan hidup bangsa yang di dalamnya terkandung konsep dasar terkena wujud kehidupan yang dianggap baik. 

Pandangan hidup bangsa yakni kristalisasi nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa itu sendiri, yang diyakini kebenarannya dan mengakibatkan tekad pada bangsa itu untuk mewujudkannya. 

Pancasila bagi bangsa Indonesia ialah pandangan hidup, kesadaran dan impian susila yang mencakup kejiwaan dan tabiat yang sudah berurat berakar di dalam kebudayaan bangsa Indonesia, yaitu suatu kebudayaan yang mengajarkan bahwa hidup insan akan mencapai kebahagiaan kalau insan sanggup menyelaraskan kemajuan lahir batin. 

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Atau Definisi Globalisasi Secara Umum"