Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Letak Gen Dalam Kromosom Serta Gen Secara Umum Dikuasai Dan Resesif

Berikut ini akan kita bahas terkena gen, pengertian gen, sifat gen, sifat sifat gen, struktur gen, definisi gen, letak gen dalam kromosom, letak gen, letak gen pada kromosom, gen secara umum dikuasai dan resesif, Gen Dominan, gen Resesif.

Pengertian Gen

Gen yaitu unit materi genetis. Istilah gen dikemukakan pertama kali oleh W. Johanssen (1909). 

Istilah ini sebagai pengganti istilah determinant factor atau elemen yang dikemukakan oleh Gregor Mendel. 

Menurut Thomas Hunt Morgan, gen ialah materi yang kompak dan mengandung satuan gosip genetik yang mengatur sifat-sifat menurun, memenuhi lokus suatu kromosom. 

Gen mengatur banyak sekali macam karakter fisik maupun karakter psikis. misal karakter fisik yaitu morfologi, anatomi, dan fisiologi. Sementara itu, teladan karakter psikis yaitu pemalu, pemarah, dan pendiam.

Letak Gen dalam Kromosom

Gen terdiri atas DNA (deoxyribonucleic acid) yang diselubungi dan diikat oleh protein sehingga secara kimia DNA yaitu unit materi genetis. 

Gen akan diwariskan melalui pembelahan sel. Gen terletak pada lokus-lokus yang berderet di dalam kromosom. 

Jarak lokus ditentukan dari sentromernya, satuannya disebut unit atau millimorgan (mM). Pada umumnya, kromosom ditemukan dalam keadaan berpasangan. 

Pasangan kromosom tersebut dinamakan kromosom homolog. Suatu kromosom akan berpasangan dengan kromosom lain yang mempunyai kesamaan bentuk, ukuran, maupun jumlah jenis gen yang dikandungnya. 

Pada pasangan kromosom homolog terdapat pasangan lokus yang berada dalam satu garis horizontal yang disebut lokus yang bersesuaian. 

Gen-gen yang terletak pada lokus bersesuaian dengan pasangan kromosom homolognya dan mempersembahkan dampak yang berlawanan terhadap sifat yang dikendalikan, disebut alel.

Penulisan kromosom digambarkan dengan garis vertikal beserta garis pendek horizontal untuk menawarkan posisi gen. 

Simbol gen tersebut dilambangkan dengan abjad Latin yang berupa abjad kapital atau abjad kecil, sesuai dengan dominansinya. 

Sebagai contoh, abjad kapital H berarti kulit hitam, yang secara umum dikuasai terhadap gen h yang berarti kulit putih. 

Demikian, pula dengan sifat lainnya yang dilambangkan dengan abjad lain pula. contohnya Aa, Bb, MmHh, AA, dan CC. Perhatikan Gambar.
 Berikut ini akan kita bahas terkena gen Pengertian, Letak Gen Dalam Kromosom Serta Gen Dominan dan Resesif
Kromosom digambarkan dengan garis vertikal.
Adapun gen yang terletak pada kromosom,
digambarkan dengan garis pendek horizontal.
Pada teladan tersebut, Bb menawarkan bahwa gen B dan gen b berada pada satu pasang kromosom homolog. melaluiataubersamaini demikian, gen B yaitu alel bagi gen b dan gen b yaitu alel bagi gen B. 

melaluiataubersamaini kata lain, gen B sealel atau sepasang dengan gen b. Bb ialah pasangan gen yang terletak dalam pasangan bebas (alel bebas). 

Sementara itu, MmHh ialah gen yang bertautan atau gen berangkai (gen linked). MmHh menawarkan bahwa gen M, gen m, gen H, dan gen h berada dalam satu pasang kromosom homolog. 

Gen M dan gen H ialah pasangan gen yang bertautan alasannya keduanya menempati pasangan kromosom homolog yang sama.

Gen Dominan dan Resesif

Susunan gen di dalam individu sel disebut genotipe, sedangkan ekspresi genotipe tersebut dinamakan fenotipe. 

Lambang abjad besar ialah sifat dominan, sedangkan abjad kecil ialah sifat resesif. Istilah secara umum dikuasai dipakai alasannya gen ini sanggup mengalahkan ekspresi gen alelnya. 

misalnya, gen T yaitu simbol untuk sifat tumbuhan tinggi, sedangkan t untuk sifat tumbuhan pendek. 

Dalam teladan tersebut, gen T mengalahkan ekspresi gen t sehingga ekspresi tumbuhan yang bergenotipe Tt yaitu tinggi, walaupun di dalam tumbuhan tersebut mengandung gen t untuk sifat pendek. 

Genotipe makhluk hidup sanggup homozigot, contohnya TT dan tt. Selain itu, ada pula genotipe atau heterozigot, contohnya Tt. 

Genotipe TT dinamakan homozigot dominan, sedangkan tt dinamakan homozigot resesif. Adapun genotipe Tt yaitu heterozigot alasannya gen T untuk tinggi menutupi gen t untuk pendek. Bagaimana dengan gen AaBB?

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian, Letak Gen Dalam Kromosom Serta Gen Secara Umum Dikuasai Dan Resesif"