Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Perubahan Sosial Di Dalam Masyarakat Berdasarkan Para Hebat Menyerupai William F Ogburn, Kingsley Davis, Mac Iver, Gillin Dan Selo Soemardjan

Berikut ini ialah materi ihwal perubahan sosial, pengertian perubahan sosial, perubahan sosial dalam masyarakat, artikel perubahan sosial, perubahan sosial di masyarakat, pengertian perubahan sosial berdasarkan para ahli, definisi perubahan sosial, pengertian perubahan sosial berdasarkan william f ogburn, perubahan sosial berdasarkan kingsley davis, perubahan sosial berdasarkan gillin.


Perubahan Sosial di Masyarakat

Masyarakat ialah kumpulan individu dan kelompok yang membentuk organisasi sosial yang bersifat kompleks. Dalam organisasi sosial tersebut terdapat nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berfungsi sebagai aturan-aturan untuk bertingkah laris dan diberinteraksi dalam kehidupan masyarakat.

Setiap insan selama hidupnya akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut ialah akhir dari adanya interaksi antarmanusia dan antarkelompok. Akibatnya, di antara mereka terjadi proses saling memengaruhi yang mengakibatkan perubahan sosial.

Hal ini berarti perubahan sosial tidak sanggup kita hindari. Kemajuan teknologi yang amat pesat sudah membawa banyak sekali macam pengaruh, baik dari dalam maupun dari luar. 

Pengaruh kemajuan teknologi begitu simpel hadir di tengah-tengah kita. Lambat laun tanpa disadari orang sudah mengadopsi nilai-nilai gres tersebut.

Perubahan yang terjadi di masyarakat sanggup berupa perubahan nilai-nilai sosial, norma-norma yang berlaku di masyarakat, pola-pola sikap individu dan organisasi, susunan forum kemasyarakatan, lapisan-lapisan atau kelas-kelas dalam masyarakat, kekuasaan, wewenang, interaksi sosial, dan masih banyak lagi. 

melaluiataubersamaini kata lain, perubahan sosial sanggup mencakup perubahan organisasi sosial, status, lembaga, dan struktur sosial dalam masyarakat.

Perubahan pada bidang-bidang kehidupan tertentu tidak spesialuntuk semata-mata berarti suatu kemajuan, namun sanggup pula berarti kemunduran. 

melaluiataubersamaini kata lain, perubahan sosial ialah ketidaksesuaian unsur-unsur yang saling tidak sama yang ada di masyarakat sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang fungsinya tidak harmonis yang keadaannya lebih jelek dari sebelumnya.

Perubahan Sosial

Perubahan sosial sanggup dikatakan sebagai suatu perubahan dari gejala-gejala sosial yang ada pada masyarakat, dari yang bersifat individual hingga yang lebih kompleks. Perubahan sosial sanggup dilihat dari segi terganggunya kesinambungan di antara kesatuan sosial walaupun keadaannya relatif kecil. 

Perubahan ini mencakup struktur, fungsi, nilai, norma, pranata, dan tiruana aspek yang dihasilkan dari interaksi antarmanusia, organisasi atau komunitas, termasuk perubahan dalam hal budaya.

Adanya pengenalan teknologi, cara mencari nafkah, migrasi, pengenalan inspirasi baru, dan munculnya nilai-nilai sosial gres untuk melengkapi ataupun menggantikan nilai-nilai sosial yang usang ialah beberapa pola perubahan sosial dalam aspek kehidupan.

melaluiataubersamaini kata lain, perubahan sosial ialah suatu perubahan menuju keadaan gres yang tidak sama dari keadaan sebelumnya.

Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian perubahan sosial berdasarkan para hebat sosiolog.
  1. William F. Ogburn (1964: ), mengemukakan bahwa ruang lingkup perubahan sosial mencakup unsur-unsur kebudayaan material dan immaterial, yang ditekankan pada imbas besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.
  2. Kingsley Davis (1960: ), mengartikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Misalnya, timbulnya pengorganisasian buruh dalam masyarakat kapitalis sudah mengakibatkan perubahan-perubahan dalam hubungan antara buruh dan majikan yang selanjutnya mengakibatkan perubahan-perubahan dalam organisasi ekonomi dan politik.
  3. Mac Iver (1937: 272), mengartikan bahwa perubahan sosial sebagai perubahan dalam hubungan sosial (perubahan yang dikehendaki dan perubahan yang tidak dikehendaki) atau sebagai perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial.
  4. Gillin dan Gillin (1957: 279), mengartikan perubahan sosial ialah suatu variasi dari cara hidup yang sudah diterima, baik alasannya ialah perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, dan ideologi maupun alasannya ialah adanya difusi ataupun penemuan-penemuan gres dalam masyarakat.
  5. Selo Soemardjan (1962: 379), merumuskan perubahan sosial sebagai segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola sikap di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
Perubahan yang paling awal sanggup muncul ialah adanya kebutuhan setiap individu sebagai anggota masyarakat dalam menanggapi lingkungannya. Hal itu menjadikan terjadinya interaksi sosial antarindividu, baik antarmasyarakat masyarakat setempat maupun dengan masyarakat masyarakat lain yang saling memengaruhi. 

Menurut Bonner, interaksi sosial ialah suatu hubungan antara dua individu atau lebih yang saling memengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya. 

Dalam interaksi sosial, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi menyerupai imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati. Keempat faktor tersebut membuat individu menentukan untuk melaksanakan interaksi sosial yang kesudahannya ialah menanggapi setiap gerak kehidupan dalam masyarakat. 

Tanggapan anggota masyarakat tersebut terutama dalam menanggapi tradisi yang berlaku. Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat terjadi alasannya ialah masyarakat tersebut menginginkan perubahan. 

Perubahan juga sanggup terjadi alasannya ialah adanya dorongan dari luar sehingga masyarakat secara sadar ataupun tidak akan mengikuti perubahan. Perubahan yang menyangkut kehidupan insan atau terkait dengan lingkungan fisik, alam, dan sosial disebut perubahan sosial.

Perubahan sosial cepat atau lambat senantiasa terjadi dan tidak sanggup dihindari oleh siapapun. Suatu perubahan bergantung dan ditentukan oleh masyarakat itu sendiri. 

Perubahan sanggup berarti suatu perkembangan yang sesuai dengan tujuan atau sanggup juga tidak sesuai dengan yang hendak dicapai. Oleh alasannya ialah itu, orang perlu mengetahui mengapa perubahan sanggup terjadi dan mengapa masyarakat perlu menanggapi atau menyesuaikan dengan perubahan.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pengertian Perubahan Sosial Di Dalam Masyarakat Berdasarkan Para Hebat Menyerupai William F Ogburn, Kingsley Davis, Mac Iver, Gillin Dan Selo Soemardjan"