Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Awal Mula Perkembangan Dan Masuknya Agama Islam Di Indonesia

Kali ini akan dibahas secara singkat wacana agama di indonesia, perkembangan islam di indonesia, kerajaan islam di indonesia, penyebaran islam di indonesia, perkembangan agama islam di indonesia, awal mula masuknya islam di indonesia.

Awal Perkembangan Agama Islam di Indonesia

Seiring dengan perkembangan jalur pelayaran dan perdagangan pada awal masa ke-7 agama Islam lahir dan berkembang di Arab. 

Pada masa ke-7 Masehi, agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang yang berasal dari Arab, Persia, dan Gujarat (India) yang sudah memeluk agama Islam. 

Sambil berdagang mereka membuatkan agama Islam kepada masyarakat Indonesia di daerah-daerah yang mereka kunjungi. 

Daerah Indonesia yang pertama kali mendapatkan fatwa agama Islam dari para pedagang tersebut ialah kerajaan Samudra Pasai, yang terletak di pesisir Aceh Utara. 

Pengaruh agama dan kebudayaan Islam menyebar dengan pesat di daerah pesisir. Kerajaan Samudra Pasai berkembang sebagai sentra perdagangan dan menjadi kerajaan Islam pertama di Indonesia pada tahun 1285 Masehi.

Di Pulau Jawa, agama Islam pertama kali berkembang di daerah pesisir utara. Kota-kota pelabuhan di daerah pesisir utara yang menjadi sentra perkembangan agama Islam antara lain: Gresik, Surabaya, Tuban, Jepara, Demak, Cirebon, dan Banten. 

Penyebarannya dari pulau Jawa, terutama Gresik dan Demak, agama Islam menyebar ke aneka macam wilayah di Indonesia. 

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Sejarah Awal Mula Perkembangan Dan Masuknya Agama Islam Di Indonesia"