Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Globalisasi Serta Efek Dan Dampaknya Di Bidang Ekonomi, Budaya Dan Politik

Berikut ini akan dijabarkan secara singkat terkena globalisasi, masa globalisasi, pentingnya globalisasi, dampak globalisasi di bidang ekonomi, dampak globalisasi di bidang politik, dampak globalisasi di bidang politik, dampak globalisasi terhadap budaya.

Pentingnya Globalisasi

Globalisasi terjadi akhir makin meningkatnya perkembangan kebutuhan insan dan kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang dicapai manusia. 

Kemajuan teknologi yang ditandai dengan ditemukannya alat transformasi ibarat kereta api, pesawat terbang, mesin cetak, kompas, listrik, mesin uap, radio, telepon, dan sebagainya mempergampang kerja insan dalam memenuhi kebutuhannya.

Berkembangnya kemajuan teknologi dan industri hingga kini ini, makin megampangkan insan mengadakan komunikasi. 

melaluiataubersamaini ditemukan alat komunikasi insan dalam diberinteraksi tidak mengenal batas waktu maupun negara.

Misalnya kita sanggup bercakap-cakap dengan orang di potongan dunia manapun, tanpa pergi jauh-jauh menhadiri negaranya. Ada beberapa ciri yang menerangkan fenomena globalisasi di dunia yaitu:
  1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Perkembangan kemajuan teknologi dan industri sudah menghasilkan barang-barang ibarat HP, TV, satelit, internet dan sebagainya mengatakan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepat sehingga mempergampang insan dalam berkumunikasi dan menikmati hiburan maupun informasi.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang tidak sama menjadi saling bergantung. Hal ini akhir dari pertumbuhan ekonomi dan perdagangan internasional.
  3. Peningkatan interaksi budaya melalui media gosip dan komunikasi ibarat televisi, film, musik, internet, dan olah raga internasional.
  4. Timbulnya masalah-masalah bersama yang muncul, contohnya problem lingkungan hidup, krisis ekonomi, inflasi, terorisme, kemiskinan, dan sebagainya.
Dalam masa globalisasi akan menghipnotis bidangbidang kehidupan insan seoperti bidang ekonomi munculnya perusahaan multinasional (perusahaan yang bangun di banyak negara). 

Pada bidang budaya munculnya banyak sekali peralatan teknologi ibarat televisi, radio, internet yang dengan simpel mengakses gosip di banyak sekali potongan dunia. 

Bidang teknologi mengakibatkan mobilitas masyarakat dunia semakin besar dengan pergi ke luar negeri dengan simpel atau berbicara dengan banyak sekali orang di potongan dunia dengan gampang.

Bidang makananpun juga dipengaruhi adanya globalisasi, ini sanggup disaksikan dari banyaknya rumah makan atau restoran menyajikan masakan gila khas negara-negara asing. 

Di kota-kota besar Indonesia sanggup ditemukan restoran-restoran dari banyak sekali negara. 

Misalnya restoran Italia menyediakan masakan khas Italia ibarat pizza dan spageti; restoran McDonald‘s dan KFC menyediakan masakan khas Amerika Serikat ibarat burger, milkshake (minuman dari susu), fried chicken (ayam goring), french fries (kentang goring), dan ice cream.

Bidang politik menghipnotis kesadaran berdemokrasi bagi masyarakat masyarakat. 

Selain timbulnya kesadaran masyarakat untuk berdemokrasi, politik dalam masa globalisasi juga melunturkan semangat kekeluargaan, musyawarah mufakat, dan tolong-menolong sehingga makin kuatnya semangat individual, kelompok, oposisi, dan diktator. 

Keterbukaan, tanggung tanggapan dan profesionalisme dalam penyelenggaraan negara semakin menerima kritisi dari masyarakat.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Pentingnya Globalisasi Serta Efek Dan Dampaknya Di Bidang Ekonomi, Budaya Dan Politik"