Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keanekaragaman Makhluk Hidup

Tahukah Anda bahwa jumlah makhluk hidup yang ada di bumi ini diperkirakan sekitar 100 juta jenis, bahkan lebih. Jika makhluk hidup ditambah dengan makhluk yang sudah menjadi fosil, maka ada sekitar 500 juta jenis.

Jenis makhluk hidup yang sangat banyak mempunyai keguakaragaman yang hampir tidak terbatas. Hal itu sanggup dilihat dari bentuk tubuh, warna tubuh, ukuran tubuh, makanan, cara berkembang biak, cara beradaptasi, tingkah laku, penampilan, habitat, dan sebagainya.

Bagaimana cara kita mempelajari banyaknya keguakaragaman makhluk hidup di dunia ini? Untuk mempergampang dalam mempelajari dan mengenal berjuta-juta jenis makhluk hidup, para ilmuwan menerapkan sistem tertentu, yaitu dengan memakai penjabaran makhluk hidup.

Andaikan suatu hari Anda menemukan “suatu makhluk hidup”, bagaimana cara Anda menggolongkan makhluk hidup itu? Termasuk jenis flora ataukah jenis hewan? Bagaimana cara Anda melakukannya? 

Jika makhluk hidup tersebut Anda golongkan sebagai hewan, maka langkah pertama yang sanggup Anda lakukan yakni dengan mengetahui ciri-ciri yang sanggup dilihat dan diamati terlebih lampau, contohnya tingkah laku, penampilan, makanan, cara berkembang biak, dan lain-lain. 

Adapun jikalau makhluk hidup itu Anda golongkan sebagai tumbuhan, coba ingat-ingat kembali terkena ciri-ciri dari dunia flora ibarat daerah tumbuh, batang, bentuk daun, dan bagian-bagian lainnya. 

Selain itu, untuk membedakan antara golongan flora dan binatang sanggup diamati dari geraknya, binatang sanggup bergerak bebas (pindah tempat) sedangkan flora spesialuntuk bergerak di tempat. 

Untuk itulah perlu adanya penjabaran makhluk hidup. Sesudah mengetahui ciri-ciri dari makhluk hidup, tentu Anda sudah mengetahui bahwa penjabaran ialah suatu cara pengelompokan yang didasarkan pada ciri-ciri tertentu, ibarat pola di atas. 

Para ilmuwan mengklasifikasikan makhluk hidup menurut banyaknya persamaan dan perbedaan, baik morfologi, fisiologi, maupun anatominya. Makin banyak persamaan, dikatakan makin akrab tali kekerabatannya. 

melaluiataubersamaini berkembangnya pengetahuan dan teknologi, makin maju pula para ilmuwan dalam mengelompokkan makhluk hidup dan makin teliti serta terinci mengamati perbedaan-perbedaan yang sanggup diungkap. 

Dalam menggolongkan makhluk hidup, maka kita tidak berhenti spesialuntuk hingga pernyataan bahwa sesuatu tergolong flora atau hewan.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Keanekaragaman Makhluk Hidup"