Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mekanisme Sistem Pertahanan (Respon Imun) Pada Sistem Kekebalan Badan Manusia

Berikut ini akan kita bahas terkena sistem kekebalan tubuh, sistem imun, kekebalan tubuh, antibodi, sistem pertahanan tubuh, sistem imun manusia, sistem imun pada manusia, sistem kekebalan badan manusia, sistem imunitas badan manusia, sistem imun tubuh, prosedur pertahanan tubuh, sistem kekebalan badan pada manusia, sistem pertahanan badan pada manusia, kekebalan badan manusia, respon imun, prosedur sistem kekebalan tubuh, kekebalan bawaan, innate immunity.

Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem pertahanan tubuh, menyerupai tentara sebuah negara yang bertugas untuk mencegah dan melindungi negara dari serangan pihak-pihak absurd yang menyerang, merusak, dan menguasai negara tersebut. 

Manusia dan binatang mempunyai sistem pertahanan badan yang disebut sistem kekebalan badan atau imunitas. Sesudah mempelajari belahan ini, engkau akan mengetahui sistem kekebalan tubuh. Mari cermati uraiannya.

Mekanisme Sistem Kekebalan atau Pertahanan Tubuh

Sistem imun atau kekebalan badan ialah sekelompok sel, molekul, dan organ yang gotong royong secara aktif mempertahankan badan dari serangan benda-benda absurd yang menjadikan penyakit, mirip virus, bakteri, dan jamur.

Kesehatan badan tergantung kemampuan sistem imun dalam mengenal, menolak dan menghancurkan bibit-bibit penyakit tersebut. Kemampuan ini disebut respon imun

Respon imun mempunyai dua mekanisme, yaitu respon imun yang dilakukan oleh sel-sel darah putih (lewat sel) dan respon imun yang dilakukan oleh molekul protein yang tersimpan di dalam limfa dan plasma darah yang disebut antibodi. 

Respon imun yang dilakukan oleh antibodi disebut juga respon humoral (imunitas humoral). Kekebalan badan sanggup dibagi menjadi dua tipe, yaitu kekebalan bawaan (innate immunity) dan kekebalan perolehan atau adaptasi. 

Untuk lebih mengetahui kedua tipe kekebalan badan tersebut, mari cermati uraian diberikut ini.

1. Kekebalan Bawaan

Kekebalan bawaan disebut juga kekebalan tidak spesifik. Kekebalan ini ialah garis utama badan yang pertama melawan tiruana distributor absurd yang masuk ke dalam tubuh. 

Alat yang menghalangi dalam imunitas bawaan, mirip kulit, air mata, mukus, dan air ludah yang mencegah laju peradangan setelah terjadi luka atau infeksi. 

Mekanisme kekebalan bawaan yaitu menghalangi masuknya dan penyebaran penyakit, tetapi jarang mencegah penyakit secara keseluruhan. 

2. Kekebalan Adaptasi

Kekebalan ini disebut juga dengan kekebalan spesifik, kalau garis pertama kekebalan badan menerima serbuan maka sel, molekul dan organ dari sistem imun menghasilkan suatu imun yang spesifik untuk melawan distributor yang diubahsuaikan dengan jenis distributor penyerang tersebut. 

Sehingga, sistem imun ini akan bekerja untuk melawan bila distributor absurd menyerang lagi.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Mekanisme Sistem Pertahanan (Respon Imun) Pada Sistem Kekebalan Badan Manusia"