Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Struktur Dan Fungsi Organ Epidermis, Mesofil Dan Jaringan Pembuluh Pada Daun Tumbuhan

Berikut ini adallah bahan tentang struktur organ, struktur organ tumbuhan, struktur organ pada tumbuhan, organ pada tumbuhan, organ tumbuhan, struktur tumbuhan, organ-organ pada tumbuhan, sistem organ pada tumbuhan, struktur badan tumbuhan,  struktur daun tumbuhan, struktur daun, struktur epidermis, mesofil, dan jaenteng pembuluh, fungsi epidermis, fungsi mesofil, fungsi jaenteng pembuluh.

Struktur Organ Tumbuhan

Organ tumbuhan terdiri atas daun, batang, akar, bunga, dan buah. Berikut ini akan dibahas aneka macam organ pada tumbuhan, kecuali buah tidak akan dibahas pada artikel ini. Mari cermati uraian diberikut ini.

Struktur Daun

Secara morfologis dan anatomi, daun ialah organ tumbuhan yang paling bervariasi. Daun sanggup dibedakan, menjadi beberapa bagian, yaitu awal daun, tangkai daun, dan helaian daun. 

Bentuk, struktur, dan ukuran daun pada tumbuhan tidak sama-beda. Hal ini, dipakai untuk penjabaran tumbuhan. Daun tersusun atas tiga tipe sistem jaenteng, yaitu epidermis, mesofil, dan jaenteng pembuluh.

a. Epidermis

Daun mempunyai epidermis pada bab permukaannya, baik permukaan atas, dinamakan permukaan adaksial, maupun pada permukaan bawah, yang dinamakan permukaan abaksial.

Sel epidermis umumnya tersusun rapat membentuk suatu lapisan yang kompak, tanpa ruang interseluler. Pada beberapa tumbuhan, sel-sel epidermis memanjang yang disebut sel panjang. 

Di sebelah atas tulang daun terdapat sel pendek yang terdiri atas dua tipe sel, yaitu sel silika dan sel gabus. Pada epidermis terdapat hubungan yang putus-putus oleh suatu lubang yang sangat kecil. 

Bagian tersebut yakni ruang antarsel yang dibatasi oleh dua sel khusus yang disebut sel penjaga. Sel penjaga gotong royong membentuk stroma. 

Jadi, stomata terdiri atas sel epilog yang berkloroplas, sel yang tidak berkloroplas, dan celah stomata. Stomata berfungsi dalam pertukaran gas dan penguapan air. 

Pada tumbuhan darat, stomata umumnya terletak pada bab bawah permukaan daun. Sedangkan, pada tumbuhan air, stomata terletak pada permukaan atas daun.
 Berikut ini adallah bahan tentang struktur organ Struktur dan Fungsi Organ Epidermis, Mesofil dan Jaenteng Pembuluh pada Daun Tumbuhan
Anatomi daun

b. Mesofil

Mesofil yakni jaenteng yang bersifat parenkim, di sebelah dalam epidermis. Mesofil terdiri atas jaenteng palisade dan jaenteng bunga karang (jaenteng spons). 

Kedua jaenteng tersebut banyak mengandung kloroplas sehingga menjadi daerah terjadinya fotosintetis. Jaenteng palisade terletak pribadi di bawah epidermis, tetapi kadang kala ada hipodermis di antara epidermis dan jaenteng palisade. 

Sel-sel parenkim bunga karang bentuknya beragam, sanggup mirip sel-sel palisade, alasannya diameternya hampir sama atau sanggup pula memanjang sejajar dengan arah permukaan daun. 

Pada jaenteng spons terdapat ruang antar sel (sel-selnya tidak rapat). Pada jaenteng spons, terdapat kloroplas yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan jaenteng palisade. 

Ciri khas sel-sel parenkim bunga karang ialah adanya cupingcuping yang menghubungkan sel-sel di sebelahnya.

c. Jaenteng pembuluh

Jaenteng pembuluh pada daun terdapat pada tulang daun. Selain itu, pada daun terdapat urat-urat halus yang berperan sebagai pembuluh nadi yang membawa masakan ke seluruh tubuh. 

Tulang daun berfungsi untuk menguatkan daun. Selain itu, urat-urat daun pada tumbuhan berperan sebagai kerangka daun.

Sumber http://www.kuttabku.com

Post a Comment for "Struktur Dan Fungsi Organ Epidermis, Mesofil Dan Jaringan Pembuluh Pada Daun Tumbuhan"