Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Determinan Matriks 3X3 Dengan Perluasan Kofaktor

Bagaimana cara mencari determinan matriks 3x3? Salah satunya yaitu dengan cara perluasan kofaktor. Adapun langkah untuk menghitung determinan matriks 3x3 dengan kofaktor ini sebagai berikut.
Misalkan kita mempunyai matriks $$A=\begin{pmatrix}a_{11} &a_{12}  & a_{13}\\ a_{21} &a_{22}  &a_{23} \\ a_{31}&a_{32}  & a_{33}  \end{pmatrix}$$
#1. Pilih Baris/Kolom yang akan digunakan. Anda cukup pilih salah satu baris atau salah satu kolom saja. Andaikan dari matriks di atas anda gunakan baris 1.
#2. Coret baris/kolom yang anda pilih. Hasilnya akan ibarat ini
#3. Dari perpotongan coretan kalikan dengan bab yang tidak tercoret. Sehingga dapat ditulis dengan higienis ibarat gambar berikut. Catatan: Tanda kasatmata dipakai bila jumlah angka entri genap, misalnya a11. 1+1=2 (genap) gunakan positif. Sementara pada jumlah angka indeks entri ganjil gunakan negatif misalnya pada a12. 1+2 =3 (ganjil).


Untuk Lebih jelasnya anda dapat perhatikan pola soal dan pembahasan mencari determinan matriks 3x3 dengan perluasan kofaktor berikut.
Untuk menguji hasil hitungan anda dan mempermudah menghitung determinan matriks 3x3 ini, anda dapat gunakan: Kalkulator Menghitung Determinan dan Invers Matriks 3x3. Untuk pencarian manual lainnya dapat digunakan: Cara Mencari Determinan Matriks 3x3 dengan Sarrus
Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Cara Menghitung Determinan Matriks 3X3 Dengan Perluasan Kofaktor"