Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pelaku Utama Pasar Modal Dengan Benar

Pelaku-pelaku pasar modal - apakah anda sedang mempelajari pasar modal? Pasar modal atau bursa imbas menjadi salah satu bahan ekonomi kelas XI, dan dipelajari juga dalam salah satu mata kuliah di Fakultas ekonomi. Nah bagi anda yang sudah mengetahui pengertian pasar modal dan produk-produk utama pasar modal, maka kini anda juga perlu memahami siapa bintang film atau pelaku dalam pasar modal tersebut. Untuk mengetahui pelaku dalam pasar modal maka dalam artikel ini akan dijelaskan dengan tepat, selengkapnya silahkan simak uraian diberikut ini.


Dalam pasar modal akan bertemu 2 pihak, pihak pertama yaitu pihak yang mempunyai modal dan berniat untuk menginvestasikan modalnya tersebut pada surat berharga jangka panjang, sedangkan pihak kedua yaitu pihak yang membutuhkan modal, pihak pertama dikenal dengan investor sedangkan pihak kedua disebut emiten. Dalam ketentuan yang berlaku pada pasar modal, kedua pihak yaitu investor dan emiten dihentikan melaksanakan transaksi secara langsung, tetapi harus melibatkan pihak lainnya yaitu perusahaan imbas dan danareksa. Jadi, pelaku utama dalam pasar modal terdiri dari investor, perusahaan efek, emiten, dan danareksa. Apa itu investor, apa itu emiten, apa itu perusahaan imbas dan apa pula danareksa? Untuk mengetahuinya anda sanggup membacanya pada artikel ini, silahkan anda baca klarifikasi dibawah.

4 Pelaku Pasar Modal yang utama

Emiten

Emiten ialah pelaku pasar modal yang membutuhkan modal. Emiten sanggup memperoleh modal melalui pasar modal dengan cara melaksanakan emisi, apa itu emisi? Emisi yaitu mengatakan surat berharga atau imbas untuk dijual atau diperdagangkan dalam pasar modal. Apabila surat berharga yang dijual emiten ini dibeli atau laris terjual maka emiten akan mendapat uang atau modal yang dibutuhkannya. Emiten atau pihak yang membutuhkan modal tersebut secara umum terdiri dari perusahaan maupun lembaga-lembaga yang sedang memerlukan sejumlah modal untuk membiayai usaspesialuntuk atau untuk memperluas usaspesialuntuk.

Investor

 apakah anda sedang mempelajari pasar modal MENGENAL PELAKU UTAMA PASAR MODAL DENGAN BENAR
Investor atau Pemodal ialah pihak yang mempunyai sejumlah modal dan berniat untuk menginvestasikan atau meminjamkan modal yang dimilikinya tersebut. Para investor dalam pasar modal meminjamkan modalnya dengan cara membeli sejumlah surat berharga jangka panjang yang ditawarkan atau dijual oleh para emiten. Jadi, dengan kata lain dikala investor membeli surat berharga jangka panjang maka Investor tersebut sudah meminjamkan uangnya kepada emiten. Apa yang didapatkan investor dari pembelian surat berharga jangka panjang yang dijual emiten? Para investor akan memperoleh laba dari pembelian surat berharga yang berupa dividen atau bunga. Selanjutnya, kalau investor menginginkan laba yang lebih, maka investor sanggup menjual kembali surat berharga yang sudah dibelinya dari emiten kepada investor lain yang berminat dengan tujuan untuk memperoleh capital gain, apa itu capital again? Capital again yaitu laba yang berupa selisih dari harga jual surat berharga dikurangi harga beli surat berharga tersebut.


Misal: Investor A membeli saham dari emiten dengan harga perlembar Rp 2000 kemudian saham tersebut dijual kembali kepada investor B dengan harga jual Rp 2500, nah berapa capital again perlembar saham? Capital again perlembar saham yaitu Rp 500. Sedikit ya? Itu gres 1 lembar saham saja... kini coba saudara pikirkan kalau ada 100.000 lembar saham yang anda jual, maka capital againnya Rp 50.000.000, banyak bukan.

sepertiyang disebutkan di atas bahwa investor dihentikan melaksanakan tansaksi secara eksklusif dengan emiten, tetapi mereka harus melalui perusahaan efek, yaitu dengan cara menjadi nasabah perusahaan efek, sehingga segala transaksi jual beli surat berharga dilakukan melalui perusahaan imbas tersebut.

Danareksa (Investment Fund)

Danareksa atau Investment Fund ialah pelaku dalam pasar modal yang mempunyai aktivitas dalam melaksanakan investasi, melaksanakan investasi kembali atau melaksanakan perdagangan efek.

Perusahaan Efek

Perusahaan imbas ialah pelaku dalam pasar modal sudah mendapat izin perjuangan dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) untuk melaksanakan beberapa aktivitas atau salah satu aktivitas yang yang berperan sebagai mediator perdagangan efek, penjamin emisi efek, manajer investasi, dan penasihat investasi.

Demikianlah Pembahasan wacana pelaku utama dalam pasar modal atau bursa efek. Sesudah membaca postingan ini maka dimasukankan untuk membaca juga postingan forum penujang pasar modal. Semoga dengan postingan sederhana ini anda sanggup mengenal pelaku-pelaku pasar modal dengan benar.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Mengenal Pelaku Utama Pasar Modal Dengan Benar"