Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Filsafat Berdasarkan Ahli

Filsafat telah lahir sejak zaman Yunani Kuno. Sejatinya sanggup dikatakan filsafat telah ada sejak insan ada. Kenapa sanggup dibilang begitu? Karena filsafat secara garis besar ialah proses penggunaan akal-budi insan dalam mencari hakikat sesuatu. Setelah sebelumnya membahas bagaimana pengertian filsafat secara umum pada artikel Terkait : Pengertian Filsafat Dasar.. Sekarang Akan dilihat bagaimana pengertian filsafat berdasarkan para ahli.

Plato. Filsafat berdasarkan Plato ialah aktivitas yang berlangsung berupa kritik dan opini yang berlaku. Kebijaksanaan serta pengetahuan dalam intelektualitas tersebut diperoleh dari proses investigasi kritis, diskusi dan gagasan sebagai penjelasan. Kritik dan opini tersebut yang menjadi alt dalam penyampaian diskusi, kritisi dan inspirasi tersebut.

Aritstoteles. Menurut Aristoteles dalam sebuah bukunya dengan judul Metaphysics, filsafat ialah ilmu yang membahas bagaimana sesuatu yang ada sebagai sebuah hal yang ada dan berbeda dengan hal lainnya. Filsafat dinyatakan sebagai sebuah pengetahuan utama dan pengetahuan terakhir. Sebab untuk sanggup memahami filsafat, seseorang juga harus mempunyai pengetahuan pada ilmu lainnya.

Sir Fancis Bracon. Bracon yang hidup pada tahun 1561-1626 masehi ini merupakan aktivis bankitnya filsafat modern. Filsafat berdasarkan Bracon merupakan ibu dari semua ilmu yang ada. Filsafat mempunyai tugas dalam semua ilmu pengetahuan.

Rene Descartes. Tokoh Perancis ini pernah berkata. ‘ Saya berpikir, makanya saya ada’. Filsafat menurur Rene Descartes ialah kesatuan pengetahuan yang mengakibatkan semua hal dalam kehidupan mulai dari Tuhan, Alam Semesta dan Manusia sebagai objek dan pokok pembahasan. Terkait : Biografi Rene Descartes.
Rene Descartes
Immanuel Kant. Filsafat berdasarkan Immanuel Kant secara sederhana dijelaskan sebgai akar dan awal dari semua pengetahuan dan ilmu lainnya. Terkait: Biografi dan Pemikiran Immanuel Kant dalam Filsafat.

GWF Hegel. Filsafat berdasarkan Hegel ialah acuan, pencerminan dari peradaban. Menilik sejarah filsafat ialah sebagai bentuk cara mengungkap sejarah peradaban. Hal ini berlaku sebaliknya, Menilik sejarah peradaban ialah bentuk cara dan cerminan dari filsafat. TerkaitGeorg Wilhelm Friedrich Hegel dan Pemikirannya

Herbert Spencer. Menurut Herbert Spencer filsafat ialah sebuah ilmu yang selalu wajib dipertahankan dan dikembangkan secara terus menerus. Karena filsafat merupakan bentuk umum paling tinggi dari pengetahuan dan ilmu yang telah dan akan diperoleh manusia.

John Dewey. Menurut John Dewey, Filsafat ialah cara membuka tabur usaha insan dalam pembentukan akal-budi manusia. Ini didasarkan pada cara ilmiah. Hal ini terlukis dalam kebudayaan, filsafat mempengaruhi dan menjadi alat dalam pembentukan dan penyesuain budaya dari waktu ke waktu.

William Betrand Russel
. Filsafat berdasarkan Russel ialah bentuk kritik pada pengetahuan. Maksudnya, tugas filsafat ialah sebagai alat untuk pemerikasaan scara kritis akan azaz yang dipakai dalam kehidupans sehari-hari. Filsafat dipergunakan untuk menmukan sebuah ke-tidakselarasan yang mungkin ada dalam pengetahuan yang telah di dapat. Dengan kalimat sederhana, filsafat merupakan alat untuk membuktikan kebenaran prinsip pengetahuan yan telah ada.

Al farabi
. Filsafat berdasarkan al farabi ialah sebuah pengetahuan mengenai alam maujud. Juga meliputi pengetahuan bagaimana hakikat sebenarnya.

Langeveld. Filsafat berdasarkan Langeveld ialah metode berpikir mengenai masalah-masalah. Contohnya dilema ihwal keadaan, dilema ketuhanan, kebebasan dan kekekalan.

Hasbullah Bakry.
Menurut Hasbullah Bakry filsafat ialah pengetahuan yang dipakai dalam mendalami ihwal ketuhanan, semesta alam juga manusia. Hasilnya akan diperoleh sebuah hakikat yang menandakan capaian akal-budi insan dan melahirkan perilaku insan yang seharusnya apabila telah mendapat pengetahuan tersebut.

N Driyarkara. Menurut N Driyarkara, filsafat ialah perenungan yang sangat dalam mengenai alasannya ialah ‘ada’ dan perbuatan. Perenungnan yang dalam sampai mencapai ‘mengapa’.

Notonagoro. Filsafat berdasarkan Notonagoro ialah penelaahan objek filsafat dari yang terdalam dan absolut. Kemudian yang tetap dan tak berubah yang pada jadinya disebut sebagai hakikat.

Poedjawijatna. Filsafat dalam pandangan Poejawijatna adlah penetahuan yang selalu berusaha mencari alasannya ialah dari yang paling dalam untuk semua hal denganmemanfaatkan pikiran.

Ali Mudhofir menghimpun semua klarifikasi di atas. Filsafat dipandang sebagai sebuah sifat dan sikap. Filsafat dipandang sebagai sebuah metoda dan kumpulan permasalahan. Filsafat berperan sebagai sebuahteori, pola fatwa yang logis dan sanggup menjelaskan mengenai makna sesuatu. Pada jadinya filsafat akan menjadi sebuah pandangan yang menyeluruh.

Sumber http://www.marthamatika.com/

Post a Comment for "Pengertian Filsafat Berdasarkan Ahli"