Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ap Yang Dimaksud Kualitas Benda Produksi?

Kualitas Benda Produksi
Jika diminta membuat benda kerja, maka tentulah benda kerja tersebut harus dibentuk sesuai dengan impian pemesan atau pemakai benda kerja tersebut. Jika persyaratan yang diinginkan oleh pelanggan terpenuhi dan benda yang dibentuk tersebut memuaskan pelanggan, maka akan muncul kepuasan pelanggan yang pada karenanya muncul evaluasi bahwa benda kerja tersebut berkarakter.

Di dunia industri, pembuatan benda kerja dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas, karenanya untuk mencapai kepuasan pelanggan benda kerja yang di buat harus memenuhi banyak sekali jenis kualitas, diantaranya ialah kuaitas fungsional, kualitas perencanaan, kualitas gambar,kualitas material, kualitas geometris, kualitas psikologis, kualitas sumberdaya insan dan kualitas administrasi industri yang menciptakannya.

Diantara banyak kualitas yang harus dipenuhi, kualitas fungsional ialah kualitas yang penting dilihat dari kemampuan benda kerja yang diproduksi untuk sanggup bermanfaa/berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mendapat kualitas ini maka bentuk, ukuran dan kehalusan benda kerja diperhatikan supaya memenuhi kualitas yang diinginkan. Pemenuhan ukuran bentuk dan kekamasukan permukaan tersebut ditetapkan kualitas geometris.

Kualitas geometris sanggup dicapai jikalau benda kerja memenuhi persyaratan spesifikasi Geometris yang mencakup Ukuran/dimensi (dimension), bentuk (form), dan kekamasukan permukaan (surface roughness)benda produksi yang dibentuk mempunyai persyaratan yang harus dipenuhi sehingga sanggup ditetapkan bahwa produk tersebut berkarakter. Salah satu kualitas yang harus dipenuhi ialah kualitas geometris tang terdiri dari kualitas terhadap bentuk, ukuran atau dimensi, kekamasukan permukaan. Akan tetapi dalam kenyataannya susah diperoleh hasil yang sangat tepat dalam arti ukuran, bentuk dan kehalusan yang sangat tepat. Kalau suatu komponen mesin yang kita buat ternyata mempunyai ukuran yang sangat tepat dengan bentuk yang sangat tepat serta kehalusan permukaan komponen yang sangat halus, maka keadaan yang demikian ini barulah dikatakan bahwa komponen mesin tersebut mempunyai karakteristik geometris yang ideal.

Karena di dalam proses pembuatannya banyak faktor yang terlibat sehingga faktor ini sanggup menghipnotis hasil yang diperoleh. Faktor-faktor tersebut antar lain yaitu:
  1. Teknik penyetelan mesin perkakas yang mustahil diperoleh proses penyayatan logam dengan sangat teliti,
  2.  Metode pengukuran yang kurang tepat,
  3.  Gerakan mesin perkakas yang kadang kala menjadikan penyimpangan baik gerakan translasi maupun rotasi,
  4.  Keausan perkakas potong yang niscaya terjadi meskipun kecil,
  5.  Adanya perubahan temperatur yang menghipnotis struktur benda kerja dan juga mesin perkakas,
  6. dan faktor yang terakhir ialah adanya gaya-gaya pemotongan baik yang ditimbulkan oleh mesin perkakas itu sendiri maupun yang timbul pada benda kerja.

Yang sanggup kita lakukan spesialuntuklah berusaha mengurangi adanya penyimpangan-penyimpangan sekecil mungkin, walaupun mustahil menguranginya hingga seratus persen Untuk memperoleh suatu produk yang mempunyai karakteristik geometris ideal berdasarkan ukuran yang sanggup diperbuat oleh insan tidaklah semata-mata dipengaruhi oleh proses pengerjaannya pada mesin, melainkan juga dipengaruhi oleh bagaimana insan merencanakannya dan bagaimana pula kondisi materialnya. Oleh alasannya itu, bab perencanaan suatu komponen sudah seharusnya memperhatikan wacana perbedaan-perbedaan ukuran yang diijinkan sehingga fungsi dari komponen yang dibentuk terpenuhi sesuai dengan tujuan. Jadi, bab perencanaan harus memperhatikan persoalan kualitas desain. Di samping itu perlu pula diperhatikan persoalan kualitas materialnya.

Bagaimana kekuatannya, bagaimana kekerasannya, dan sebagainya. Karena, kualitas material juga akan kuat pada kuaitas fungsional.melaluiataubersamaini demikian, apabila bab perencanaan sudah merencanakan suatu komponen dengan perhitungan-perhitungan tertentu, kemudian dalam proses pengerjaannya pada mesin perkakas dapatmengurangisekecil mungkinadanyapenyimpangan-penyimpangan, maka sanggup dibutuhkan diperolehnya suatu produk yang mempunyai karakteristik geometris ideal berdasarkan ukuran kemampuan manusia. Dan sekaligus dengan cara ini pula maka kualitas fungsional dari komponen yang dibentuk bisa dipenuhi sesuai dengan tujuan.
Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Ap Yang Dimaksud Kualitas Benda Produksi?"