Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan Proses Terjadinya Pembiasan Cahaya Pada Prisma?

Proses Terjadinya Pembiasan Cahaya Pada Prisma
Prisma yaitu zat bening yang dibatasi oleh dua bidang datar. Apabila seberkas sinar hadir pada salah satu bidang prisma yang lalu disebut sebagai bidang pembias I, akan dibiaskan mendekati garis normal. Sampai pada bidang pembias II, berkas sinar tersebut akan dibiaskan menjauhi garis normal.

Pada bidang pembias I, sinar dibiaskan mendekati garis normal, lantaran sinar hadir dari zat optik kurang rapat ke zat optik lebih rapat yaitu dari udara ke kaca. Sebaliknya pada bidang pembias II, sinar dibiaskan menjahui garis normal, lantaran sinar hadir dari zat optik rapat ke zat optik kurang rapat yaitu dari beling ke udara. Sehingga seberkas sinar yang melewati sebuah prisma akan mengalami pembelokan arah dari arah tiruanla. Gambar 3 mengatakan pembiasan cahaya pada prisma.

Gambar 3. Pembiasan cahaya pada prisma
Refraktometer mempunyai beberapa bab penting diantaranya prisma, lensa, bimetal strips, dan pemutar skala.


Bagian- bab dari refraktometer:  Day light plate (kaca) Day light plate berfungsi untuk melindungi prisma dari ukiran akhir debu, benda asing, atau untuk mencegah biar sampel yang diteteskan pada prisma tidak menetes atau jatuh.

Prisma (biru) Prisma ialah bab yang paling sensitif terhadap goresan. Prisma berfungsi untuk pembacaan skala dari zat terlarut dan mengubah cahaya polikromatis (cahaya lampu/matahari) menjadi monokromatis

Knop pengatur skala Knop pengatur skala berfungsi untuk mengkalibrasi skala memakai aquades. Teknik kerjanya ialah knop diputar searah atau berlawanan arah jarum jam sampai didapatkan skala paling kecil (0.00 untuk refraktometer salinitas, 1.000 untuk refraktometer urine).
  • Lensa Lensa berfungsi untuk memseriuskan cahaya yang monokromatis.  Handle Handle berfungsi untuk memegang alat refraktometer dan menjaga suhu biar stabil
  •  Bimatal strip Bimetal strip terletak pada bab dalam alat (tidak terlihat) dan berfungsi untuk mengatur suhu sekitar 18 – 28 OC. Jika dikala pengukuran suhunya mencapai kurang dari 18 OC atau melebihi 28 OC maka secara otomatis refraktometer akan mengatur suhunya biar sesuai dengan range yaitu 18 – 28 OC.

Lensa pembesar Sesuai dengan namanya, lensa pembesar berfungsi untuk memperbesar skala yang terlihat pada eye piece.
  •  Eye piece Eye piece ialah daerah untuk melihat skala yang ditunjukkan oleh refraktometer. 
  •  Skala Skala berkhasiat untuk melihat , serius, dan massa jenis suatu larutan.


Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Jelaskan Proses Terjadinya Pembiasan Cahaya Pada Prisma?"