Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggolongan Jenis Barang Dalam Ekonomi

Sesudah kita dibahas tentang jenis kebutuhan insan berdasarkan ilmu ekonomi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia, maka kini akan dibahas tentang penggolongan barang pemuas kebutuhan manusia. Barang ialah salah satu bentuk dari alat pemuas kebutuhan manusia, dimana selain barang kita mengetahui alat pemuas kebutuhan ada dua yaitu barang dan jasa. perbedaan antara barang dan jasa sangat jelas, jikalau barang sanggup dilihat dengan mata, sanggup dirasakan keuntungannya dan sanggup disentuh contohnya masakan dan minuman yang kita nikmati sehari-hari sedangkan jasa spesialuntuk sanggup dirasakan manfaatnya, contohnya jasa pendidikan, jasa angkut dan sebagainya.


Barang mempunyai aneka macam macam jenis sehingga untuk megampangkan dalam pengenalan atau pemahaman insan terhadap barang, dalam ilmu ekonomi terdapat pengklasifikasian atau penggolongan terhadap barang sebagai alat pemuas kebutuhan, adapun penggolongan tersebut secara lebih detai sanggup dipahami dalam pemaparan diberikut ini:

Jenis Barang Berdasarkan Teknik Memperolehnya

Macam barang berdasarkan cara memperolehnya terdiri atas barang ekonomi dan barang bebas.
1) Barang Ekonomi
Barang ekonomi yakni barang yang untuk memperolehnya diharapkan pengorbanan. misal: untuk memperoleh beras, pakaian, dan perabot rumah tangga umumnya orang harus membelinya dengan memakai uang.

2) Barang Bebas
Barang bebas yakni barang yang untuk memperolehnya tidak diharapkan pengorbanan. misal: sinar matahari dan udara kita peroleh setiap hari tanpa memerlukan pengorbanan.

Jenis Barang Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Macam barang berdasarkan tujuan penerapan terdiri atas barang konsumsi dan barang produksi.

1) Barang Konsumsi
Barang konsumsi yakni barang yang dipakai dengan tujuan untuk eksklusif memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi disebut juga barang siap pakai. misal: tas, makanan, dan lain-lain.

2) Barang Produksi
Barang produksi yakni barang yang dipakai dengan tujuan untuk menghasilkan barang lain, bukan untuk eksklusif memenuhi kebutuhan manusia. misal: mesin dan bahan-bahan mentah, menyerupai tepung gandum. Tepung gandum di pabrik roti ialah barang produksi sebab dipakai untuk membuat roti. Adapun sehabis berbentuk roti maka roti sudah ialah barang konsumsi yang eksklusif bisa dikonsumsi manusia.

Jenis Barang Berdasarkan Proses Produksi



Macam barang berdasarkan proses produksi terdiri atas barang dasar atau barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

1) Barang Dasar atau Bahan Mentah
Barang dasar atau materi mentah yakni barang-barang yang belum diolah dan ialah materi baku untuk membuat produk tertentu. Bahan mentah sanggup berupa hasil pertanian menyerupai padi dan kedelai, hasil pertambangan menyerupai minyak mentah dan biji timah, hasil perkebunan menyerupai daun teh dan biji kopi, serta hasil hutan menyerupai kayu gelondongan dan kayu rotan.

2) Barang Setengah Jadi
Barang setengah jadi yakni barang yang sudah diolah tapi belum menjadi barang yang siap pakai. Barang setengah jadi harus diolah lagi biar menjadi barang jadi yang siap pakai. misal barang setengah jadi, yaitu kopra untuk industri minyak goreng, benang untuk industri kain, serta kulit yang praktis disimak untuk industri tas dan jaket.

3) Barang Jadi
Barang jadi yakni barang yang sudah diolah dan menjadi barang yang siap pakai. misal barang jadi, yaitu pakaian, meja, kursi, kulkas, televisi, sepatu, dan minyak goreng.

Jenis Barang Berdasarkan hubungannya dengan barang Lain

Macam barang berdasarkan hubungannya dengan barang lain terdiri atas barang substitusi dan barang komplementer.

1) Barang Substitusi
Barang substitusi yakni barang yang sanggup berperan sebagai pengganti barang lain. misal: jagung sanggup menggantikan beras, bemo sanggup menggantikan bus, margarin sanggup menggantikan mentega.

2) Barang Komplementer
Barang komplementer yakni barang yang berperan melengkapi barang lain. misal: minyak tanah dan sumbu melengkapi kompor, bensin melengkapi kendaraan, tinta melengkapi bolpoin.

Jenis Barang Berdasarkan Kualitas barang

Macam barang berdasarkan kualitas terdiri atas barang superior, barang inferior, dan barang pertengahan.

1) Barang Superior
Barang superior yakni barang yang mempunyai kualitas tinggi sehingga bisa mempersembahkan prestise (martabat) tersendiri bagi pemakainya. Umumnya barang superior dikonsumsi oleh orang berpenghasilan tinggi.misal: kendaraan beroda empat glamor dan pakaian mewah.

2) Barang Inferior
Barang inferior yakni barang yang mempunyai kualitas rendah. Umumnya barang inferior dikonsumsi oleh orang berpenghasilan rendah. misal: barang-barang bekas, barang-barang menyerupai sepatu, tas dan baju yang berkarakter rendah yang dijual dengan harga murah.

3) Barang Pertengahan
Barang pertengahan yakni barang yang mempunyai kualitas sedang. Umumnya barang pertengahan dikonsumsi oleh orang berpenghasilan menengah. misal: beras, sepatu, tas dan baju yang berkarakter menengah yang dijual dengan harga sedang (tidak murah, tidak mahal).

Jenis Barang Berdasarkan Jaminan

Macam barang berdasarkan jaminan terdiri atas barang bergerak dan barang tidak bergerak.

1) Barang Bergerak
Barang bergerak yakni barang yang dipakai sebagai jaminan untuk memperoleh proteksi atau kredit jangka pendek. misal: televisi, perhiasan, motor, kulkas, dan radio. Barang tersebut disebut bergerak sebab sanggup dipindah-pindahkan dengan gampang.

2) Barang Tidak Bergerak
Barang tidak bergerak yakni barang yang dipakai sebagai jaminan untuk memperoleh proteksi atau kredit jangka panjang. misal: tanah dan rumah. Barang tersebut disebut tidak bergerak sebab umumnya benda- benda tersebut tidak sanggup dipindahkan dengan gampang. Dan, secara umum barang tidak bergerak bernilai lebih mahal dibanding barang bergerak sehingga bisa dipakai sebagai jaminan untuk memperoleh proteksi jangka panjang yang jumlahnya besar

Demikianlah pembahasan penggolongan jenis barang dalam ekonomi yang di uraikan dalam Situs Ekonomi Kontekstual semoga artikel ini sanggup memdiberi donasi untuk kesuksesan anda dalam berguru ekonomi.
Sumber http://www.ekonomikontekstual.com

Post a Comment for "Penggolongan Jenis Barang Dalam Ekonomi"