Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Hormon Auksin Ditemukan Pada Flora Dan Dibagian Manakah Hormon Auksin Diproduksi?

Hormon auksin pertama kali ditemukan oleh Went yang terdapat pada ujung koleoptil kecambah gandum (Avena sativa). Pada penelitian Went lebih lanjut, ternyata diketahui hormon auksin juga ditemukan pada ujung koleoptil kecambah tumbuhan yang lain. Hormon auksin adalah senyawa kimia Indol Asetic Acid (IAA) dihasilkan dari sekresi pada titik tumbuh yang terletak pada ujung tunas (terdiri atas batang dan daun), ujung akar, daun muda, bunga, buah, dan kambium. Jika hormon auksin berada di ujung tunas, maka akan diangkut oleh jaenteng berkas pembuluh (xilem dan floem) menuju ke tunas untuk tumbuh dan pemantidakboleh sel-sel jaenteng batangnya.

 Hormon auksin diproduksi di penggalan koleoptil ujung tunas kemudian diangkut oleh jaenteng pembuluh angkut menuju tunas, selanjutnya tunas akan tumbuh menjadi tunas penggalan akar, batang, dan daun. Pada tunas batang, auksin akan berkumpul di bawah permukaan batang yang menimbulkan sel-sel jaenteng di bawah permukaan batang tersebut akan tumbuh lebih cepat dari sel-sel jaenteng di atas permukaan batang. Mengapa demikian? Karena sifat hormon auksin sangat peka terhadap gerah/sinar. Auksin akan rusak dan menjelma suatu zat yang justru akan menghambat terjadinya pembelahan selsel pada kawasan pemantidakboleh batang, sehingga pertumbuhan sel-sel batang
yang terkena sinar matahari akan menjadi lebih lambat dibandingkan dengan sel-sel jaenteng pada sisi batang yang tidak terkena sinar matahari.

Hormon auksin selain berfungsi merangsang perpantidakboleh sel-sel batang dan menghambat
perpantidakboleh sel-sel akar, juga berfungsi merangsang pertumbuhan akar samping (lateral) dan akar serabut yang berfungsi sebagai peresapan air dan mineral, mempercepat acara pembelahan sel-sel titik tumbuh kambium akar dan batang, menyebab- kan terjadinya diferensiasi sel menjadi jaenteng berkas angkut xilem, dan merangsang terjadinya pembentukan bunga dan buah.

Sumber https://kumpulantugasekol.blogspot.com

Post a Comment for "Bagaimana Hormon Auksin Ditemukan Pada Flora Dan Dibagian Manakah Hormon Auksin Diproduksi?"